PERAN KEPEMIMPINAN LURAH DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA KANTOR KELURAHAN SUNGAI KELEDANG KOTA SAMARINDA

Ihsan Maulana Rachman

Abstract


Penelitian ini untuk melihat Peran Kepemimpinan Lurah dalam Pemberdayaan masyarakat pada Kantor Kelurahan Sungai Keledang Kota Samarinda, serta mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Lurah dalam memberdayakan masyarakat Kelurahan Sungai Keledang. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sungai Keledang Kota Samarinda, dalam pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi dan wawancara mendalam. Narasumber meliputi Lurah Sungai Keledang, Sekertaris Lurah, Ketua RT serta masyarakat di beberapa RT. Data-data yang diperoleh dikumpulkan, dibandingkan, dan dianalisis  kualitatif. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Peran Kepemimpinan Lurah dalam Pemberdayaan Masyarakat adalah pemimpin yang dalam peran perencanaan melakukan kegiatan identifikasi dilapangan dengan mencari data, fakta dan keterangan dalam masyarakat. Dalam peran pengorganisasian, terdapat koordinasi pekerjaan pada bawahan dengan penekanan pada rasa tanggung jawab bawahan. Dalam peran pengarahan, komunikasi yang baik dan mudah dimengerti oleh masyarakat. Pendekatan dilakukan dengan cara informal, penyampaiannya banyak dilakukan dalam kegiatan kemasyarakatan. Dalam peran pengawasan, pengawasan dilakukan dengan berada ditengah-tengah masyarakat. Dengan adanya peran Lurah ini diharapkan mampu menggerakan masyarakat Sungai Keledang sehingga menjadikan masyarakat yang mandiri.


Keywords


Peran, Kepemimpinan, Lurah, Pemberdayaan

Full Text:

Doc

References


Edi Suhartono, 2005, membangun Masyarakat dan Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial, PT. Refika Aditama, Bandung.

Gulo, W. 2002.Metodologi Penelitian. Jakarta. Gramedia Widia Sarana Indonesia

Hasibuan, Malayu S.P 2001. Manajemen:Dasar, Pengertian, Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, 2003, Metode Penelitian Sosial, PT. Bumi Aksara, Jakarta

Kelurahan Sungai Keledang, 2017. Data Monografi. Samarinda

Meleong, 2000. Metode Penelitian Kualitatif.PT. Remaja Rosda Karya, Bandung Alwi, Hasan. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Meleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: edisi revisi. Bandung. Penertbit. Remaja Rosdakarya.

Rivai.Veintzhal, 2003, kepemimpinan dan perilaku organisasi.PT. Rajasa Grafindo zversada, Jakarta

Saroson. 2001. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas (Pengantar pada pemikiran pendekatan praktis). Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Siswanto, 2005, pengantar manajemen.Bumi aksara. Jakarta

Soetomo. 2011. Pemberdayaan Masyarakat:Mungkinkah Muncul Antitetisnya?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suhendra, K. 2006. Peranan Birokrasi dalam Pemberdayaaan Masyarakat. Bandung: STKSPESS

Undang-Undang Republik Indonesia. 2006. Pemerintahan Desa dan Kelurahan : PP no. 72 th.2005 Tentang Desa dan PP no.73 th.2005 Tentang Kelurahan. Jakarta. Penerbit Fokusmedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.