KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR SAMSAT PENGURUSAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN KUTAI BARAT

Zerry Ependi

Abstract


Zerry Ependi, 2019, Kualitas Pelayanan Publik Pada kantor SAMSAT dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Kutai Barat, Bimbingan Bapak H. Marsuq, S.Sos, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Drs. Ghufron, M.Si selaku dosen pembimbing II

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor SAMSAT dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Kutai Barat, dan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat Kualitas Pelayanan pada Kantor SAMSAT dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Kutai Barat.

            Penelitian ini berjenis penelitian Kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Kualitas pelayanan Publik pada Kanto Samsat Kabupaten Kutai Barat, yang meliputi : Tangble (Kenampakan Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsivines (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati) dan Faktor Pendukung dan penghambat kualitas pelayanan publik pada kantor SAMSAT Kabupaten Kutai Barat. Teknik pengumpulan analisis data yang digunakan yaitu model interaktif.

            Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan pada kantor SAMSAT Kabupaten Kutai barat sudah cukup baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Mulai dari sarana dan prasarana yang dilengkapi, kehadalan petugas dalam melakukan pelayanan, daya tanggap yang cepat dalam menyediakan pelayanan, bahkan Untuk menyelesaikan tugas sudah ada jaminan waktu yang diberikan, sikap dari pegawai juga sudah cukup baik kepada masyarakat. Hanya saja pada saat pelayanan terkadang terjadi kedala seperti kekurangan berka atau persyaratan dan masalah gangguan Jernigan internet sehingga pelayanan tidak bisa berjalan dengan lancar.


Keywords


Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Handoko T.H., 2005. Manajeman Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu, SP., 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi

Aksara.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mangkunegara, A. A. AP., 2013. Manajemen Sumber Daya Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkuprawira Shafri dan Aida Vitayala Hubeis, 2007 Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta.

Moh Nazir, 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nawawi, H., 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Untuk Bisnis yang Kompetitif, Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Siagian P. Sondang, 2008, Manajemen Sumber daya Manusia, Edisi Pertama, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Penerbit Alfabeta. Bandung.

Soejono, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung:2000.

Umam, K., 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Widodo, Joko. 2005. Membangun Birokrasi berbasis Kinerja. Jawa Timur : Bayumedia.

Wibowo, 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pres.

Winardi, 2001, Manajemen Perkantoran dan Pengawasan, Alumni, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.