PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 008 MUARA KAMAN
Abstract
BANDI, 2019, Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 008 Muara Kaman, dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Nanik Pujiastuti, M.Si dan Bapak Dra. Ghufron, M.Si .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 008 Muara Kaman.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan teknik Observasi dan Angket. Populasi dalam penelitian ini adalah murid dengan sampel sebanyak 28 murid. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Sistematis yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut. Intrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala Likert yang memiliki 5 alternatif jawaban yang terdiri dari 18 pernyataan. Uji Validitas intrumen menggunakan person Product Moment, sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Selanjutnya untuk menganalisa data penelitian maka digunakan rumus korelasi pearson product moment, yang secara keseluruhan menggunakan system computer melalui Program Statistical package for science SPSS versi 24.0 For windows.
hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja guru berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa, hal ini di buktikan dengan hasil penelitian uji “t” dengan hasil bahwa “r” hitung 0,391 > 0,374 dari “r” tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 008 Muara Kaman.
Keywords
Full Text:
docReferences
Ali, Mohammad. dan Mohammad Asrori. 2012. Psikologi Remaja Perkembangan
Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Anwar Hidayat. 2012. Uji Person Product Moment https://www.statistikian.com/2012/07/pearson-dan-asumsi-klasik.html (di akses 25 Februari 2019)
Bangun, Wilson. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh. 2014. “Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Islami”. Bandung: Redaksi Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah. B. Uno. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendri .2010. Korelasi Product Moment di https://teorionline.wordpress.com/2010/12/23/korelasi-product-moment-pearson/ (diakses 25 Februari 2019)Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
V. Wiratna Sujarweni, 2014, SPSS Untuk Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Baru Press
Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.