PERANAN TENAGA TATA USAHA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI DI SDN 001 RANTAU PULUNG KABUPATEN KUTAI TIMUR

Suharti Rahayu Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan tenaga tata usah sekolah dalam meningkatkan mutu pelayanan administrasi sekolah. Informan dalam penelitian kepala sekolah, guru dan tenaga tata usaha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kepustakaan. Metode.

Hasil dari penelitian, (1) Perencanaan tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan di SDN 001 Rantau Pulung Kutai Timur dilakukan dengan proses yang sistematis, yaitu pengelola tata usaha sekolah melibatkan para guru dan staf untuk mengadakan rapat bersama dalam rangka menyampaikan laporan pelayanan sekolah. Perencanaan ini dibuat sesuai dengan aspek-aspek kebutuhan siswa hingga kebutuhan pendidikan, (2) Pelaksanaan tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan di SDN 001 Rantau Pulung Kutai Timur yakni dengan mengoptimalkan sumber daya tata usaha yang ada dan melihat kebutuhan serta pengembangannya. Sehingga nantinya prosesnya bisa berjalan baik dan lancar. Sekolah merealisasikannya dengan tenaga pegawai yang cukup profesional sesuai dengan job description-nya, dengan dibantu oleh guru yang bertugas secara bergiliran dalam kegiatan operasional Sekolah dan keuangan, serta peningkatan sarana prasarana, berkomunikasi dengan baik dan jelas, dan memberikan pelayanan secara cepat dan tepat. (3) Evaluasi tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan siswa di SDN 001 Rantau Pulung Kutai Timur dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam enam bulan, dengan cara melibatkan para guru dan staf untuk melaporkan berkaitan dengan pelaporan pelayanan, yang perlu diperbaiki maupun ditingkatkan. Evaluasi dilaksanakan dengan cara melihat kondisi kebutuhan pelayanan terhadap siswa, guru dan wali murid. Proses evaluasi yang dilaksanakan dengan mempertimbangkan beberapa keluhan. Jika keluhan tersebut mengenai hal yang mendasar dalam pelayanan, komunikasi maupun sikap dalam pelayanan, maka yang dilakukan adalah merubah cara berkomunikasi, kinerja dan sikap dalam pelayanan, supaya keluhan tidak akan terulang lagi.


Keywords


Mutu Pelayanan Administrasi, tata usaha, Rantau Pulung

Full Text:

Doc

References


Abin Syamsuddin, 2010, Pengelolaan Pendidikan; Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolahdan Madrasah,Bandung: Pustaka Educa.

Alma Buchari, 2003, Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan,Bandung: CV Alfabeta.

Anton Athoillah, 2010, Dasar-dasar Manajemen, Bandung: Pustaka Setia.

Ara Hidayat, Imam Mchali, 2010, Pengelolaan Pendidikan, Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam mengelolaSekolah dan Madrasah, Bandung : Pustaka educa.

Ary H. Gunawan, 2002, Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan Mikro, Jakarta: Rineka Cipta.

Brocka Bruce, 2000, Quality Management “Implementing The Best Ideas of The Masters”, USA: McGraw-Hill.

Edward Sallis, 2008, Total Quality Management In Education, Jogjakarta: IRCiSoD.

Eilon Samuel, 2000, Management Control, Pergamon Press.

Ibrahim Bafadal, 2003, Manajemen Perlengkapan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir, 2011, Etika Customer Service, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Lexy J. Moleong, 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ma’mur Asmani Jamal, 2011, TipsPraktis Membangun dan Mengelola Administrasi Sekolah, Jogjakarta: Diva Press.

Margono, 2000, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

MohNazir, 2000, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nasution, 2004, Manajemen Jasa Terpadu, Bogor: Ghalia Indonesia.

Normann, 2000, Service Management. Chisester, England : Wiley & Son.

Nurkolis, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah, PT. Grasindo, Jakarta.

Nurul Zuriah, 2007, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Oemar Hamalik, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. 7, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Popi Sopiatin, 2001, Manajemen Berbasis Kepuasan Siswa, Ghalia Indonesia, Ciawi-Bogor.

S. Arcaro Jerome, 2007, Pendidikan Berbasis Mutu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

_______, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B), Bandung :Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta.

_______, 2009, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara.

Surin Bachtiar, 2000, Terjemah dan Tafsir Alqur’an huruf arab latin, Fa. Sumatra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.