Analisis Kinerja Pegawai Bidang Pemerintahan Pada Kantor Kelurahan Loa Bakung Samarinda

Elisya sospol

Abstract


ELISYA . Kinerja Pegawai  Bidang Pemerintahan dalam Memberikan Pelayanan Publik pada Kantor Kelurahan Loa Bakung Samarinda. (Di bawah bimbingan H. Marsuq, S.Sos, M.Si  sebagai pembimbing I dan Drs. H. Ghufron, M.Si sebagai pembimbing II).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kinerja pegawai di Lingkungan Kantor Lurah Loa Bakung Samarinda Kalimantan Timur. Pendekatan yang dilakukan di dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini akan dilakukan deskripsi terhadap dua indikator yaitu Sasaran Kerja Pegawai dan Perilaku Kerja.

Pelaksanaan pelayanan publik pada tingkat pemerintah kelurahan merupakan ujung tombak dalam pelayanan prima pada masyarakat, namun sayangnya pelayanan publik pada tingkat kelurahan banyak mendapat sorotan tajam dari pengguna jasa layanan yaitu masyarakat, hal ini disebabkan oleh kurangnya kinerja dari aparat pemerintah kelurahan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pemerintah kelurahan dalam memberikan pelayanan publik di Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang. Informan dalam penelitian ini adalah pegawai kelurahan dan Lurah Loa Bakung. Disamping itu, untuk mengetahui kinerja pegawai kelurahan dalam hal pelayanan kelurahan, maka informan lainnya yaitu masyarakat. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung melalui penelitian lapangan (wawancara) Data dianalisis dengan menggunakan hasil wawancara dengan pihak Kelurahan maupun masyarakat.

 


Keywords


Kinerja Pelayanan Publik

Full Text:

doc

References


Arikonto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Su atu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rinekacipta.

Agus Dwiyanto. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Anwar Prabu Mangkunegara, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Daft, Richard L. 2002. Manajemen Edisi Kelima Jilid Satu. Jakarta : Erlangga

Dessler, Gary. 2009. Manajemen SDM buku 1. Jakarta.

Drs. H. Malayu, S.P. Hasibuan, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Guritno, Bambang dan Waridin. 2005. Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja.

Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Handoko, T. Hani, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Mathis Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba empat.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Moleong Lexy J. 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Parasuraman, V. A. (2011). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implication forr Future Reaserch. Service Quality,

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. ALFABETA.

Stoner, James A.F. (2006). Manajemen. Jilid I. Edisi Keenam. Salemba Empat, Jakarta.

Simanjuntak. 2005. Manajemen Dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sedarmayanti, 2007. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung : Penerbit Mandar Maju.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tangkilisan, Nogi Hessel. 2005. Manajemen Publik. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Parsada.

Dokumen-Dokumen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pemerintah Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 Tentang Lembaga kemasyarakatan.

Sumber Internet :

https://jurnalmanajemen.com/pengertian-organisasi/

http://www.materibelajar.id/2016/03/sistem-pemerintahan-kelurahan-di-negara.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.