ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN LONG MESANGAT KABUPATEN KUTAI TIMUR

Novia Purnama Sari

Abstract


Novia Purnama Sari 2021, Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Long Mesangat Kabupaten Kutai Timur, Bimbingan Bapak H. Ahmad Jubaidi, S.Sos, M. Si Selaku dosen pembimbing I dan Bapak Wesley Liano. H, S.Sos, M.SP selaku dosen pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan Menganalisis Kualitas  Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Long Mesangat Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini berjenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Menganalisis Kualitas  Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Long Mesangat Kabupaten Kutai Timur, dengan menganalisa : Ketepatan Waktu, Sopan Santun dan Keramahan, Prosedur Pelayanan dan Sarana dan Prasarana. Teknik pengumpulan data meliputi : Wawancara, Observasi, Studi Dokumen dan Analisis yang digunakan yaitu Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Long Mesangat Kabupaten Kutai Timur secara umum cukup baik, dapat memenuhi keinginan kliennya karena sebagian besar klien yang merasa puas atas pelayanan yang diterima. Mulai dari Ketepatan Waktu karna petugas Puskesmas Long Mesangat memprioritaskan klien lansia atau klien yang memiliki kondisi kegawat daruratan yang membutuhkan penanganan yang lebih tepat dan cepat. Sopan Santun dan Keramahan Peawai puskesmas menerapkan gerakan 3S, serta mampu bersikap adil dengan mendahulukan klien lansia dan klien yang memiliki keadaan darurat untuk mendapatkan pelayanan.  Prosedur Pelayanan petugas Puskesmas Long Mesangat mampu memberikan prosedur pelayanan sesuai SOP dan respon kepada klien dengan baik. Saranan dan Prasarana Secara bukti fisik Puskesmas Long Mesangat sudah dapat dikatakan telah memiliki ketampakan fisik yang baik, Namun dalam hal kenyamanan ruang tunggu klien yang dimiliki Puskesmas Long Mesangat masih kurang nyaman akibat fasilitas seperti kipas angin dan jumlah kursi yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah klien yang datang. Walaupun demikian Puskesmas Long Mesangat sudah memenuhi keinginan masyarakat dalam melakukan pelayanan medicnya, namun masih ada hambatan yang dihasilkan sehingga masih terlalu kecil hanya berada pada kategori baik.

 


Keywords


Analisis Kualitas Pelayana Puskesmas

Full Text:

Doc

References


Agung, Kurniawan, 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta:

Pembaharuan.

Ahmad Sudiro, 2008. Pengaruh Komitmen Keorganisasian dan Kepuasan Kerja

Terhadap Gronroos, Christian, 2001. The Perceived Service Quality Concept – A Mistake? Managing Service Quality.

Dwiyanto, Agus., 2009. “Pelayanan Publik : Konsep dan Paradigma”. Makalah Disampaikan Pada Acara Diskusi Terbatas Pusat Kajian Manajemen

Pelayanan LAN, 19-21 Pebruari, Bogor Departeman Kesehatan RI, 2006, Pelayanan Medis Dasar Sederhana, Jakarta : Departemen Kesehatan RI.

Frederik Mote, 2008. “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) TerhadapPelayanan Publik Di Puskesmas Ngeresep Semarang”. Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.

Harnanto Sulistyo Budi. 2010. Hubungan Antara Sistem Pembiayaan Dengan Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Slogohimo Wonogiri. Tesis. Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Minat Utam : Pelayanan Profesi Kedokteran. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Harentama Fahmadi,. 2010. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Semarang. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Nomor 63/KEP,/M,PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Keban, Yeremias., 2001. Etika Pelayanan Publik Pergeseran Paradigma. Dilema dan Implikasinya bagi Pelayanan Publik di Indonesia. Majalah Perenanaan Pembangunan Bappenas. Jakarta.

Lembaga Administrasi Negara, 2009., Standar Pelayanan Publik. Disusun Pusat Kajian Manajemen Pelayanan Deputi II Bidang Kajian Manajemen Kebijakan dan Pelayanan. Perpustakaan Nasional: ISBN : 978-602-95141-0-0 Katalog Dalam Terbitan (KDT). Edisi Revisi Cetakan Pertama, Juli 2009, Jakarta

Moleong, Lexy, 2000. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya. Comparison Standar in Measuring Service Quality: Implications for Further. Research’, Journal of Marketing, Vol. 9:111-124Sinambela, Poltak Lijan dkk. 2010.Reformasi Pelayanan Publik. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Syafie, Kencana Inu. 2001. Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: Reflika Aditama.

Sampara, Lukman. 2000. Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima. LAN RI. Jakarta.

Tjiptono, Fendy, Gregorius Chandra dan Dadi Adrina. 2008. Pemasaran Strategik. Andi. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Sumber-Sumber Lain :

https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-36-2009-kesehatan#:~:text=UU%2036%20tahun%202009%20tentang%20Kesehatan%20menyatakan%20bahwa%20kesehatan%20adalah,produktif%20secara%20sosial%20dan%20ekonomis.

http://pn-kediri.go.id/files/Standar%20Pelayanan/UU_25_2009.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.