ANALISIS PEMBINAAN NARAPIDANA PADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KOTA SAMARINDA

Widhi Rachmayanti Drs. Ghufron, M.Si Raudah Mahmud, S.Ag, M.HI

Abstract


Analisis Pembinaan Narapidana pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Ghufron, M.Si sebagai pembimbing I dan Ibu Raudah Mahmud, S.Ag, M.Hi sebagai pembimbing II.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pembinaan Narapidana pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIKota Samarinda.Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembinaan Narapidana pada Pemasyarakatan Kelas II A Kota Samarinda sudah melakukan peranan pembinaan dengan tepat kepada narapidana. Pembinaan Social rehabilitation terdiri dari bimbingan keagaaman dan bimbingan bagi pengguna narkoba yang telah diberikan secara optimal kepada narapidana. Pembinaan Vocation rehabilitation terdiri dari keterampilan-keterampilan yang diberikan kepada narapidana berupa pelatihan Handycraft (Pembuatan kacamata kayu dan Sablon mug), Manufacture (Pengelasan dan Meubelair) Agribisnis (Budidaya lebah madu, kolam lele dan Hidroponik) dan Jasa (Barbershop dan Pembuatan parfum laundry). Pembinaan Education rehabilitation terdiri dari Program Pendidikan Formal, Pendidikan Berbangsa dan Bernegara serta penyuluhan tentang Hukum. Pembinaan Medical rehabilitation terdiri dari tersedianya layanan klinik kesehatan dan kunjungan rutin ke hunian narapidana. Faktor penghambat dalam pembinaan terdiri dari sumber daya manusia yang belum memenuhi kegiatan pembinaan, keterbatasan anggaran dan jumlah narapidana melebihi daya tampung (overload).


Keywords


Pembinaan, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan

Full Text:

XML

References


Dwidja Priyatno. 2006. Sistem Pelaksanaan Pidana Penjara di Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Harsono Hs, C.I. 2005. Sistem Baru Pembinaan warga binaan. Jakarta: Djambatan Ivancevich,

John, M, dkk. 2008. Perilaku dan Manajemen Organisasi, jilid 1 dan 2 Jakarta : Erlangga. Masri Singarimbun. 2000. Metode Penelitian Survey. PT. Pustaka LPJES Indonesia: Jakarta.

Mathis, L. Robert & Jackson, H. John. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Poernomo, Bambang. 1986. Pelaksanaan Pidana Penjara Dengan Sistem Pemasyarakatan. Yogyakarta:

Liberty Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. BANDUNG: PT REMAJA ROSDAKARYA

Salim, Peter dan Yenny Salim. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press. Saryono. 2010, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Alfabeta, Bandung.

Soejono Soekanto. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Pers. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Jurnal:

Angelina, Ghita, (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Kota Makassar. Jurnal Manajemen Peraturan dan Undang-Undang: Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia No. M.02-PK04.10 Tahun 1990. Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan. Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 1999 Tentang Syarat dan Tata Letak Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Surat Edaran No. KP.10.13/3/1 tentang Pemasyarakatan.

Internet:

Abdi.,H (2021). Pengertian Analisis Menurut Para Ahli, Kenali Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Narapidana. https://kbbi.web.id. Diakses pada 17 Januari 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.