Tantangan dan Strategi Bisnis UMKM di Situasi Pandemi

Purwanti, Mita Sonaria dkk

Abstract


 

ABSTRAK

 

Kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh UMKM adalah sangat penting pada era pandemic sekarang ini. Misalnya penjualan secara online dengan memanfaatkan gadget dan media social untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat terutama dalam hal pemasaran produk. Indicator keberhasilan dari kegiatan ini adalah ditunjukkan dengan adanya sikap antusiasme peserta dalam melakukan kegiatan webinar ini dan banyaknya perserta yang yang mengikuti webinar ini. Peserta berhasil termotivasi dengan materi yang ada dengan adanya ide-ide kreatif yang baru yanga akan di implementasikan untuk usaha mereka di masa yang akan datang. Dengan adanya ide-ide kreatif akan membuka peluang besar untuk bangkit menyikapi kondisi pandemic menjadi wirausaha mandiri, dimana tetap terpenuhi kehidupan pribadinya tetapi juga memenuhi kebutuhan pasar serta adanya pemberdayaan masyarakat dengan adanya pengembangan usaha tersebut.

 

Kata kunci : pandemic,wira usaha, kreatif

 

 


Keywords


UMKM

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, “Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), (Jakarta: Bank Indonesia, 2015), h. 13-15

Abdul Halim. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan Volume 1, No. 2

Ciputra. (2011). Ciputra Quantum Leap 2. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Feni Dwi Anggraeni, I. H., & Hayat, A. (2018). Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) melalui fasilitasi pihak eksternal dan potensi internal (studi kasus pada kelompok usaha emping jagung di kelurahab pandanwangi kecamatan blimbing, kota malang) . Jurnal adminitrasi publik, 3.

Komalasari, L. (2016). Problem UMKM Dalam Pengembangan Usaha: Studi Pada UMKM di Desa Mulyoarjo, Malang. Jurnal Sospol, 2(2)

Sudati, H. E. (2019). UMKM Sebagai pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 3-4.

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL ABDIMAS LAMIN