BUKA BERSAMA DAN SANTUNAN ANAK YATIM “ MERAIH BERKAH DALAM INDAHNYA BERBAGI”

Mardiana, Purwanti dkk

Abstract


ABSTRAK

              Undang-undang Nomor 4 Tahun 1979, LN. 19979-32 tentang Kesejahteraan Anak, pasal 4 (1) menyatakan bahwa “Anak yang tidak mempunyai orang tua berhak memperoleh asuhan oleh Negara atau orang atau badan”. Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim ini  adalah salah satu kegiatan bakti sosial yang bertujuan untuk melaksanakan pengabdian masyarakat dan menumbuhkan rasa sosial kader- kader Himaman untuk berbagi dengan sesama dan menjadi wadah dalam menyalurkan donasi untuk masyarakat yang membutuhkan. Keinginan untuk membuat Buka Bersama Himaman dan Santunan Anak Yatim ini diharapkan mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik berupa dukungan moril maupun materil untuk menyukseskan kegiatan yang dimaksud. Kepedulian kita bersama terhadap melalui bentuk-bentuk dukungan yang diberikan demi suksesnya acara tersebut tentunya akan mendapatkan balasan yang setimpal dan diridhai oleh Allah SWT.

             Tujuan diadakannya Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim yaitu : merealisasikan Program Kerja Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Untag 1945    Samarinda, merealisasikan kepedulian para Dosen dan pegurus Himaman untuk meningkatkan rasa sosial dan peduli terhadap sesame, membentuk karakter seseorang agar sepaham dengan ideologi suatu kelompok, menumbuhkan aspek-aspek kepribadian seseorang menuju arah yang lebih bijak dan penanaman nilai-nilai kemanusiaan agar terciptanya generasi yang kelak akan berjalan bersama untuk mencapai tujuan kelompok tersebut.

 

Kata kunci : buka bersama, santunan, anak yatim


Keywords


santunan anak yatim

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an. 1997. Yayasan Penyelenggara Penerjemah dan Penafsir al-Qur’an, al-Qur’an dan Terjemah, Depag RI, Jakarta.

Fauziyah, Masyhari. 2017. Pengembangan Lembaga Pendidikan di Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang. Dirosat Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. Vol. 2 (No. 1), 2017.

Mulyono, Sungkowo Edy. 2017. Interaksi Sosial Anak Jalanan Dengan Teman Sebaya Di Yayasan Setara Kota Semarang. (Social Interaction With Street Children Peers In Yayasan Setara In Semarang). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 2. No 2 Hlm. 116-213 Agustus 2017 ISSN 2549-1717.

M. Quraish Shihab. 1997. Tafsir Al-Qur'an Al-Karim, Pustaka Indah, Bandung

Undang-undang Nomor 4 Tahun 1979, LN. 19979-32 tentang Kesejahteraan Anak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL ABDIMAS LAMIN