Seminar Hasil Penelitian MBKM Dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Penelitian pada Perguruan Tinggi Swasta 2021

Sarwo Eddy Wibowo, Eddy Soegiarto, Maya Preva Biantary

Abstract


Pengabdian masyarakat merupakan kewajiban bagi setiap dosen dalam mengemban kegiatan Tridarma perguruan tinggi. Pengabdian masyarakat kali ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan pengabdian tahun sebelumnya mengingat situasi dan kondisi masih pada masa pandemi Covid. Kemendikbud melalui program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) memberikan sebuah program penelitian dan pengabdian masyarakat yang ditujukan kepada kampus dan wajib untuk diseminarkan. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda merupakan perguruan tinggi swasta dibawah LLDIKTI wilayah 11 yang mendapatkan dana hibah untuk menyelenggarakan Penelitian dan pengabdian masyarakat sekaligus diseminarkan hasil temuan yang terjadi selama kegiatan ilmiah. Pengabdian masyarakat yang diselenggarakan mayoritas bertajuk wirausaha social dengan berkolaborasi dengan mitra yakni  komunitas masyarakat. Pasca menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat, tim dosen yang mendapatkan dana hibah pengabdian masyarakat akan melaksanakan seminar hasil dan membuat laporan kegiatan. Kegiatan ini dipresentasikan di hadapan reviewer yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya. Berlokasi di Hotel Aston Samarinda Seminar hasil pengabdian masyarakat berbasis penelitian ini diselenggarakan dengan maksimal. Acara seminar hasil pengabdian masyarakat ini diselenggarakan baik secara daring dan luring. Peserta mendapatkan banyak masukan dan informasi terbaru melalui saran dan masukan. Apresiasi selanjutnya adalah memberikan hadiah bagi peserta tim pengabdian masyarakat yang memiliki topik dan implementasi kegiatan yang unggul dan berdampak bagi sosial ekonomi berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


https://lppm.umj.ac.id/program-penelitian-kebijakan-merdeka-belajar-kampus-merdeka-dan-pengabdian-masyarakat-berbasis-hasil-penelitian-dan-purwarupa-perguruan-tinggi-swasta/

https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/ribuan-proposal-penelitian-dan-pengabdian-kepada-masyarakat-raih-pendanaan-ditjen-diktiristek/

https://ekonomi.bisnis.com/read/20200915/12/1291857/survei-bps-covid-19-tekan-semua-sektor-usaha

https://kumparan.com/realmadrid218/refleksi-ekonomi-kerakyatan-di-tengah-multiplier-effect-pandemi-1tfKsMeqE2N/full

Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Firmansyah 2013 (2013, Universitas 11 Maret, Surakarta). Keterkaitan Pengalaman Kewirausahaan, Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Terhadap niat Untuk Menjadi Wirausahawan (Studi pada para perajin Batik di KOta Surakarta, akb. Sragen dan Kab. Karanganyar). Jurnal Riset manajemen dan akuntansi, Vol. 4 Nomor 7 Edisi Mei.

Megantoro, D. (2015). Pengaruh Keterampilan, Pengalaman dan Kemampuan SDM terhadap Usaha Kecil Menengah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi.

Muhyi, H. A. (2012). Pengaruh Keterampilan Berwirausaha Terhadap Pertumbuhan Usaha Berkelanjutan Pada Industri Kecil di KOta Sukabumi. IJAD, Vol.2 Nomor 2

Mulyadi, I. &. (2016). Untuk menganalisis keterampilan wirausaha terhadap keberhasilan usaha. Journal of business management and enterpreneurhip education, Volume 1.

Soehadi, A.W., Suhartanto, E., Winarto, V., & Kusmulyono, M.S. (2011). Prasetiya Mulya EDC on Entrepreneurship Education. Seri Kewirausahaan 1. Penerbit Prasetiya Mulya Publishing. Jakarta.

Sudaresti. (2014). Hubungan Keterampilan dan Pekerjaan Terhadap Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga Peserta Pelathiahn Enceng Gondok Usaha Kecil Menengah Luthfi Craft Di Desa Murtigading Piring II, Saden, Bantul. Tesis Tidak Diterbitkan.

Suryana. (2011). Kewirausahaan. In Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses (p. 91). Jakarta: Media Group.

Zain, Z.M., Akram, A.M., & Ghani, E.K. (2010) Entrepreneurship Intention Among Malaysian Business Students. Canadian Social Science, Vol 6(3), hal 34-44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin