Program Penerangan Lampu Solar Cell Pada Komunitas Muslim di Pattani Thailand

Tukimun Tukimun, Viva Oktaviani, Chintia Agustina Wulandari, Abdul Talib

Abstract


Komunitas muslim di Pattani Thailand hanya sekitar 15%, dibandingkan penganut agama Budha yaitu sekitar 80%. Mayoritas Penduduk Muslim di Thailand tinggal di Selatan Thailand, sekitar 1,5 juta jiwa, atau 80% dari total penduduk, khususnya di Pattani, Yala dan Narathiwat, tiga provinsi yang sangat mewarnai dinamika penganut muslim di Thailand Selatan. Thailand Selatan terdiri dari lima provinsi: Pattani, Yala, Narathiwat, Satun dan Songkhla, dengan total penduduk 6.326.732 mayoritas memeluk agama Islam. Bersama dengan beberapa universitas yang tergabung dalam kegiatan 1st International Youth Research Competition and Exhibition melakukan kegiatan Abdimas (community Service) dengan komunitas musli di Pattani Thailand dengan memberikan bantuan berupa penerangan lampu collar cell. Abdimas ini memberikan solusi pada kondisi infrastruktur terutama penerangan di sekitar masjid-masjid di Pattani Thailand dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai teknologi ramah lingkungan yang menjadi pilihan untuk mewujudkan transformasi energi terbarukan. Dengan kegiatan Abdimas ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meramaikan masjid-masjid di Pattani Thailand dengan suasana malam yang terang dan mengurangi terjadinya Tindakan-tindakan kejahatan di sekitar masjid.


Full Text:

PDF

References


Anonim.,https://sultranews.co.id/mengenal-pattani-selatan-thailand-secara-terperinci-berikut-ulasannya/

Al-Aydrus Muhammad Hasan., 1996. Penyebaran Islam di Asia Tenggara. Lentera - Jakarta.

Kettani M Ali, 2005., Minoritas Muslim di dewasa ini, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.Muslim di dewasa ini, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mania., 2019. Perkembangan Sosial Islam di Thailand. Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya, Vol.1 No.1, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

Saiful Muzani. 1993., Pembangunan dan Kebangkitan Islam di Asia Tenggara. LP3ES. Jakarta.

Supriyadi Dedi. 2008., Sejarah Peradaban Islam. CV Pustaka Setia, Bandung.

Worlmeter., 2021. Jumlah Penduduk Thailand: https://www.worldometers.info/world-population/thailand-population/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin