Edukasi Pencarian Informasi Digital, Aplikasi Pengolah Kata-Angka, Aplikasi Presentasi dan Aplikasi Fotografi

Yesyurun Munthe

Abstract


Pengenalan Lapangan Persekolahan II (selanjutnya disingkat: PLP II) merupakan salah satu kegiatan penting di program studi Teknologi Pendidikan Universitas Palangka Raya sebagai bagian dari praktik mengajar di sekolah. Penulis merupakan salah satu peserta pendamping di SMK Negeri 4 Palangka Raya untuk menyelidiki, menganalisis dan turut serta melihat tantangan dan peluang selama proses pembelajaran, khususnya pembelajaran yang mengena tentang teknologi. Tujuan penelitian ini diperuntukkan untuk meningkatkan pemahaman serta pengetahuan mahasiswa terhadap dunia pendidikan terutama lingkungan sekolah. Mahasiswa dapat mengenal lebih banyak mengenai bagaimana cara mengajar, mengetahui sistem pembelajaran persekolahan, kegiatan-kegiatan yang terdapat di sekolah dan lain hal sebagainya. Pengambilan data pada PLP II ini menggunakan metode observasi, proses mengajar di sekolah, dan dengan mekanisme kelompok. Pada kegiatan ini akan diperoleh hasil tentang bagaimana proses pembelajaran di sekolah, budaya sekolah,organisasi, tata kerja, visi misi, kokurikuler, ekstrakurikuler, aktivitas seremoni, pembiasan aktivitas positif, dan peraturan yang ada di SMK Negeri 4 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan teknik observasi terlebih dahulu, lalu aktivitas mengajar secara berkala yang sesuai dengan ketersediaan jadwal. Proses edukasi berjalan sesuai dengan keberadaan dan ketersediaan fasilitas yang ada di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proses pembelajaran dan penggunaan teknologi di SMK Negeri 4 Palangka Raya, penulis mampu berusaha berkontribusi kepada satuan pendidikan dalam usaha pembangunan pendidikan baik hal-hal segi konseptual, perencanaan secara matang, aktualisasi implementasi, dan evaluasi.


Keywords


Aplikasi Fotografi; Aplikasi Pengolah Kata-Angka; Aplikasi Presentasi; Pencarian Informasi Digital

Full Text:

PDF

References


Apriedo, S., Septiana, L., Anugrahani, C., & Gomor, O. (2023). Sustainable Reflexivities on Perennial Philosophy and Christian Education Management. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(4), 1575–1590.

Batuwael, G., Pongoh, F. D., & Paendong, M. S. (2019). Metode Transportasi Pada Distribusi Ikan Di Pelabuhan Perikanan Sulawesi Utara. D’CARTESIAN: Jurnal Matematika Dan Aplikasi, 8(2), 161–168.

Botezatu, V. (2023). Psycho-educational approaches regarding the organization of educational activities in the context of nonformal education. Studia Universitatis Moldaviae. Seria Științe Ale Educației, 5(165). https://doi.org/10.59295/sum5(165)2023_21

Chiristina, R., Priskilla, R., Sanggew, R. Y. R., & Lestari, P. (2023). Dilematisasi Pelajar sebagai Pengguna Sepeda Motor di Bawah Umur: Studi Kasus SMP Negeri 7 Palangka Raya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 62–78.

Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

De Oliveira, B. (2023). Participatory action research as a research approach: Advantages, limitations and criticisms. Qualitative Research Journal, 23(3), 287–297.

Fransisko, Y., Yappo, Y., Rosen, I., Mariani, E., & Munte, A. (2024). Idealistic Philosophy ('I’) as Thing-in-itself as Spaceship and Timelessness. JURNAL ILMIAH FALSAFAH: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi Dan Humaniora, 10(1), 1–20.

Haloho, O., Sembiring, P., & Manurung, A. (2013). Penerapan Analisis Regresi Logistik Pada Pemakaian Alat Kontrasepsi Wanita (Studi Kasus di desa Dolok Mariah Kabupaten Simalungun).

Khoa, B. T., Hung, B. P., & Hejsalem-Brahmi, M. (2023). Qualitative research in social sciences: data collection, data analysis and report writing. International Journal of Public Sector Performance Management, 12(1–2), 187–209.

Kurniati, N., Munte, A., & Simanjuntak, N. L. (2023). REFLEKSI FILOSOFIS, MANISFESTATIF BUDAYA KURIKULUM PENDIDIKAN DI KALIMANTAN TENGAH. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 28–41.

Loheni, R., Lukas, L., Trisiana, R., Sitohang, R. M. S., Natalia, V., & Sariani, R. (2023). Kontribusi Guru dalam Pembentukan Subjek Disiplin Siswi/A: Narasi Deskriptif SMP di Kabupaten Barito Timur. EDUCATION: Scientific Journal of Education, 1(1), 10–28.

Manik, W., Wulandari, W., Fera, F., Agustin, H., Moyau, D., & Munte, A. (2023). ETHICAL REFLECTIONS ON IMMANUEL KANT’S MORAL PHILOSOPHY AND"[ADOLESCENT] DELINQUENCY". JOLALI (Journal of Applied Language and Literacy Studies), 2(2).

Manuputty, R. J., Penti, P., Agustina, M., Anjelia, N., & Rinie, R. (2023). Availability of Facilities Supports Education Across All School Levels: Case Study of SDN 1 Sabaru. Journal of Instructional and Development Researches, 3(3), 86–100.

Mariani, E. (2020). Pemikiran Henry A. Giroux tentang Pendidikan Kritis, Peran Guru sebagai Intelektual Transformatif dan Relevansinya bagi Pembelajaran pada Sekolah di Indonesia. Driyarkara School of Philosophy.

Martinez, C. A. S., & Montoya, O. L. Q. (2023). The ethics of algorithms from the perspective of the cultural history of consciousness: first look. AI and Society, 38(2). https://doi.org/10.1007/s00146-022-01475-2

Melliani, M., & Triadi, D. (2024). Aktualisasi Pendidikan Kewirausahaan: Ruang Bekal Mahasiswa dengan Keterampilan Bisnis. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 2(1), 25–34.

Morgan, D. L. (2020). Pragmatism as a basis for grounded theory. Qualitative Report, 25(1). https://doi.org/10.46743/2160-3715/2020.3993

Mukuan, C. V., Pongoh, F. D., & Komalig, H. A. H. (2022). Pengelompokan Kecamatan Di Kabupaten Minahasa Berdasarkan Data Hasil Produksi Pertanian Tahun 2019 Dengan Menggunakan Analisis Komponen Utama (Aku) Dan Analisis Gerombol. D’CARTESIAN: Jurnal Matematika Dan Aplikasi, 11(1), 12–17.

Munte, A. (2022). Contemporary Ecopedagogical-Political Dialectics Based on Paulo Freire’s Philosophy in Palangka Raya, Indonesia. Journal of Education for Sustainability and Diversity, 1(1), 1–17.

Munte, A. (2023). Kehadiran Linguistik, Falogosentris dan Pendidikan Kristen Dalam Percakapan Filosofi Luce Irigaray. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(3), 301–314.

Munte, A., & Monica, M. (2023). BARGAINING POWER, ECONOMIC INDEPENDENCE, DECISION MAKING: CASE STUDY OF WOMEN INFORMAL WORKERS THROUGH PHILOSOPHER JOHN STUART MILL. Al-Qalam, 29(2), 231–243.

Oktaviani, S., Pradita, Y., & Munte, A. (2023). Students Anxiety on iGeneration of Post-Structuralism at SMA Kuala Kapuas and Palangka Raya. EDUJAVARE: International Journal of Educational Research, 1(2), 109–122.

Peryanto, P., Chrystiani, E., & Munte, A. (2023). Managing Conflict:[“I-Thou"] Theosophy and Counseling. National Conference on Educational Science and Counselling, 3(1), 1–24.

Pongoh, F. D. (2022a). Analisis Chi-Square, Studi Kasus: Hubungan Motivasi, Keinginan dan Cita-cita masuk IAKN Palangka Raya. D’CARTESIAN: Jurnal Matematika Dan Aplikasi, 11(1), 9–11.

Pongoh, F. D. (2022b). Characteristics of Education in Central Kalimantan Using Biplot Analysis. Proceeding of The International Conference on Natural Sciences, Mathematics, Applications, Research, and Technology, 2, 18–22.

Pramana, A., Yappo, Y., & Munthe, Y. (2023). Afectual Management: Confidence Build-Up, Technological Barriers and Compassionate Solidarities. The Eastasouth Journal of Learning and Educations, 1(3), 97–115.

Prasetiawati, P. (2020). The Role of Religious Harmony Forum for Maintain Religious Life in Palangka Raya. Proceedings of the First International Conference on Christian and Inter Religious Studies, ICCIRS 2019, December 11-14 2019, Manado, Indonesia.

Prasetiawati, P. (2022). Christian Religious Education, Null Curriculum, Learning Strategies, and Inclusiveness in Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(1), 207–224.

Putri, Y., Suriani, R. G. M., Sefle, Y., & Munte, A. (2023). Miroslav Volf’s Theosophy and Charitable Social Living. Athena: Journal of Social, Culture and Society, 1(4), 219–231.

Rahmelia, S., & Agustina, M. (2022). Pengaruh E-Learning Berbasis Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Kristen Palangka Raya. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 101–115.

Rahmelia, S., Haloho, O., Pongoh, F. D., & Purwantoro, B. (2022). Building an Environment That Motivates Education Sustainability in Tumbang Habaon Village, Gunung Mas, Central Kalimantan Province, During Pandemic through Participatory Action Research between Parents, Schools and Church. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 204–220.

Rahmelia, S., & Prasetiawati, P. (2021). Implementasi Self-Directed Learning Siswa SMPN 7 Palangka Raya Di Masa Pandemi. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 194–205.

Riska, M., Liansih, N., Gustina, N., & Munte, A. (2023). Urgensial Filsafat, Kode Etik dan Profesionalisme Guru di Kalimantan Tengah. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 39–51.

Rosen, I., Pransisko, Y., Melan, M., Sirnawati, S., Lukas, L., & Yappo, Y. (2023). Hypocrisy and Social Segregation amongs Mental Health Education. Jurnal Pendidikan West Science, 1(10), 590–604.

Sanasintani, S. (2023). Development of Ms Excel-Based Christian Religious Education Teacher Classroom Supervision Instrument in Lamandau Regency. Tuijin Jishu/Journal of Propulsion Technology, 44(6), 39–52.

Saputra, J., & Sukarno, P. (2019). Improving The Accuracy of Fuzzy Vault Scheme in Fingerprint Biometric. 2019 7th International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT), 1–8.

Sihombing, O. M. (2022). Penerapan Metode Zoltan Kodaly Pada Mata Kuliah Mayor Vokal Program Studi Musik Gereja IAKN Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3929–3934.

Silipta, S., Komar, O., Hufad, A., & Ardiwinata, J. S. (2023). Construction of social learning on Dayak’s ethnics setting. AIP Conference Proceedings, 2679(1).

Sinta, G., Lestary, D., Tanzania, T., Napat, S., Mariani, E., & Munte, A. (2023). Framing Naturalism Philosophy’s Axiological Synergy in Management-Christian Religious Education. Aksiologi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 71–83.

Sisianti, D., Iriani, Y., & Senik, K. (2022). Teacher’s Perception, Character Formation of Grade Students: Case Study at Primary School in City of Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 257–268.

Sisianti, D., Sinaga, M. M., & Munte, A. (2023). Empowering Coloring Program at Preschool Pelita, Tumbang Randang Village, Timpah Sub-District. Salus Publica: Journal of Community Service, 1(3), 63–69.

Sulistyowati, R., Munte, A., Silipta, S., & Rudie, R. (2022). Strengthening Music Learning at SMKN. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(2).

Suluh, J. A., Lukas, L., Munthe, Y., & Yulista, Y. (2024). Building Nationalities within Christians Virtues. Pengabdian: Jurnal Abdimas, 2(1), 1–22.

Supardi, J. S., Merdiasi, D., Sepniwati, L., Apandie, C., & Siten, A. D. (2023). Penguatan dalam Pembinaan dan Pembimbingan Karier Siswa SMA Negeri 1 Pulau Malan, Kabupaten Katingan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 78–87.

Suratinoyo, R. A., Pongoh, F. D., & Langi, Y. A. R. (n.d.). d’CartesiaN. Decision Making, 5, 6.

Timan Herdi Ginting, M., Colina, Y., & Haloho, O. (2022). Communautaire: Journal of Community Service Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book dalam Kurikulum Merdeka Belajar bagi Guru-Guru Paud. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01).

Tirayoh, M. C., Kistisia, J., Sinta, M. P., Vinisya, S., Wirawan, A., & Munte, A. (2023). Rethinking Juan Luis Segundo: Phenomenological Philosophy, Existentialism and Liberation Theology. Jurnal Pendidikan West Science, 1(10), 605–621.

Trisiana, R., Munte, A., Betaubun, C. A., & Malau, R. (2023). Perlukah Filsafat Ber-Lokalitas-Naratif di Sekolah Dasar?: Membingkai Sekat Pengasuhan Guru. Madako Elementary School, 2(1), 1–21.

Uspitasari, I., Hernawati, H., & Hidayat, M. S. (2022). Problematika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.49

Wahyudi, A., Pahan, B. P., & Sulistyowati, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Kooperatif Picture And Picture: Suatu Studi di SDN 5 Menteng. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 109–123.

Weinstein, C. E., & Mayer, R. E. (1983). The teaching of learning strategies. Innovation Abstracts, 5(32), n32.

Winaryo, S. (2020). EVALUASI PROGRAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN BERKUALITAS DAN TERAKSES JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Equity In Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1679


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin