Kontribusi mahasiswa kkn dalam mengimplementasikan program kegiatan di masjid fathussalam cemani sukoharjo

Sudarmadi Putra, Safira Azizatush

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu syarat wajib mahasiswa untuk mendapatkan surat lulus dari kampus. Sekolah Tinggi Islam Surakarta (STIM Surakarta) menjadikan Ignite Your Leadership Potential menjadi tema yang diusung oleh kampus untuk para praktikan KKN tahun 2023. Kelompok 1 yang berjumlah 7 orang menetapkan tempat di masjid Fathussalam, Jati, Cemani, Grogol, Sukoharjo dikarenakan tempat yang strategis dan kurikulum yang telah terbentuk sehingga para praktikan dapat mengambil pembelajaran selama menjalankan tugas KKN. KKN dilaksanakan pada tanggal dimulai dari hari Senin, 6 November 2023 sampai dengan Selasa, 28 November 2023. Jurnal ini ditulis untuk membahas berbagai kegiatan KKN kelompok 1 dan kontribusi mahasiswa praktikan terhadap perkembangan masjid Fathussalam dikarenakan Sekolah Tinggi Islam Surakarta mengusung dan mengedepankan masjid sebagai tempat praktikan. Masjid dipilih dikarenakan dapat menjadi tonggak perkembangan peradaban Islam. KKN ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi para mahasiswa untuk meningkatkan potensi kepemimpinan dan kontribusi mahasiswa terhadap masyarakat dan juga sebagai proses pembelajaran mahasiswa agar menjadi bermanfaat. KKN kelompok 1 mendapatkan kesan positive oleh para jama’ah dan anak-anak TPQ. Metode pelaksanaan kelompok 1 KKN masjid Fathussalam dengan perencanaan beberapa kegiatan yang melibatkan anak-anak TPQ dan para jama’ah.  Kegiatan KKN STIM Surakarta diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat jama’ah Masjid Fathussalam khususnya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas masjid baik fisik maupun non  fisik.


Full Text:

PDF

References


Choirul Muna, Eksistensi Peran Mahasiswa Dalam Pengabdian Masyarakat, ESTASOUTH JOURNAL OF IMPACTIVE COMMUNITY SERVICES, Vol. 01 No. 01, 2022.

Mesha Mahendra, Amalia Nur Azizah, dkk, Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Kegiatan TPA dan Posyandu Balita di Desa Ngadirejo, NATIONAL CONFRENCE ON HEALTH SCIENCE, 2022

Rafi Pradipa, Muhammad Hamsah, Toto Hermawan, Nurchamidah, Implementasi Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Ypogyakarta Pada Aspek Pendidikan, Aktivitas Keagamaan, Pencegahan Demam Berdarah di Dusun Dukuh Kapanewon Lendah. JURNAL PENDIDIKAN DAN STUDI ISLAM, Vol. 9 No. 4, 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin