Pemberdayaan Modul Pengajaran Pendidikan Agama Kristen dan Kapasitas Diri melalui Praktik Pengalaman Lapangan

Adri Susanto, Sarah Priskila Eksely, Eko Julianto Krismanuel R. Bumen, Yuli Handriani, Alfonso Munte, Sanasintani Sanasintani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk kerja-kerja penguatan kapasitas pembelajaran melalui kreativitas pembuatan pohon literasi sebagai bagian dari konten modul, pemantapan komunikasi melalui presentasi dan diskusi di dalam kelas, dan kepercayaan diri peserta didik mengambil bagian dalam pelayanan (praktik aplikatif atas teori yang disajikan di sekolah melalui panggung sekolah, keluarga, masyarakat dan gereja). Metode penelitian yang peneliti aplikasikan adalah metode ABCD atau Asset Based Communities Development dengan memfokuskan pada aset, penemuan, refleksi, harapan dan design kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penguatan karakter peserta didik dalam hal kepercayaan diri mengambil bagian dalam kerja-kerja kreatif pembuatan alat peraga (salah satunya pembuatan pohon buah-buah roh) untuk mempermudah pencerapan materi pembelajaran sekaligus sebagai bahan pengingat pentingnya buah-buah roh dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari harapan Kristus dan masyarakat global. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan secara berkelanjutan melalui ruang evaluatif pembelajaran setiap proses pertemuan dengan adanya kebijakan-kebijakan atas tema-tema pembelajaran dalam bentuk presentasi dan dialog antar peserta didik


Keywords


Kapasitas Diri; Kegiatan Lapangan; Pendidikan Agama Kristen; Praktik Pengalaman Lapangan; Presentasi Kelas

Full Text:

PDF

References


Miroslav Volf, The End of Memory: Remembering Rightly in a Violent World . (2021). Theology, 124(6).

https://doi.org/10.1177/0040571x211056801d

Ashadi, A., & Rice, S. (2016). High stakes testing and teacher access to professional opportunities: lessons from Indonesia. Journal of Education Policy, 31(6). https://doi.org/10.1080/02680939.2016.1193901

Cahyaningsih, D., Kristiani, K., & Noviani, L. (2024). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Soft Skills Dengan Dimoderasi Oleh Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(1), 16–24.

Carretta, V. (2020). Unfabling the East: The Enlightenment’s Encounter with Asia. The Scriblerian and the Kit-Cats, 52(2). https://doi.org/10.5325/scriblerian.52.2.0213

Christiani, R. W., & Yappo, Y. (2023). Post-Traumatic Validative Incidentals Amongst Tertiary Students. EDUJAVARE: International Journal of Educational Research, 1(2), 93–107.

Daniel, D., & Sihombing, O. M. (2024). Guitar Instrumentalization, Education-Stewardship, and Musician Subject Ethics. Journal of Student Research, 2(1), 69–93.

Darnita, C. D., & Triadi, D. (2023). Peningkatan Okupansi Mes B Gereja Kalimantan Evangelis Banjarmasin Dengan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 5(1), 24–36.

Dinata, D. S., Manuputty, J. A., & Tinopi, Y. K. (2023). Engaging Presence of Constructivism Philosophy in and through Management of Christian Education: Reflective Investigation. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(4), 1602–1616.

Fernando, R., Elawati, E., Simatupang, H. S. P., Yono, A., Octaria, L., & Simanjuntak, N. L. (2023). LEARNING AND CONTENTIOUS LEARNING: CRITICAL SUSTAINABILITY IN PEDAGOGY. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 1(10), 1030–1050.

Fischer, C., Foster, B., McCoy, A., Lawrenz, F., Dede, C., Eisenkraft, A., Fishman, B. J., Frumin, K., & Levy, A. J. (2020). Identifying levers related to student performance on high-stakes science exams: Examining school, teaching, teacher, and professional development characteristics. Teachers College Record, 122(2). https://doi.org/10.1177/016146812012200202

Gorringe, T. (2023). Johann Baptist Metz, edited by John K. Downey, Remembering and Resisting: The New Political Theology . Theology, 126(3). https://doi.org/10.1177/0040571x231172890o

Hutapea, R. H., & Yusuf, W. B. (2023). Penguatan Pendidikan Anak Melalui Bimbingan Keluarga di GKE Jemaat Bethesda Batu Nindan Kabupaten Kapuas. Diakoneo: Journal of Community Service, 1(1), 1–8.

Kurniati, N., Munte, A., & Simanjuntak, N. L. (2023). REFLEKSI FILOSOFIS, MANISFESTATIF BUDAYA KURIKULUM PENDIDIKAN DI KALIMANTAN TENGAH. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 28–41.

LEBAR, L. E. (1951). The Contribution to Protestant Curriculum Theory of the Organizing Principle of the 1948-1949 Presbyterian’Faith and Life’Curriculum for the Children’s Division. New York University.

Ligan, L. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6: 4-9. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 73–84.

Lumbanraja, D. T. S. (2021). The Mindset of Christ As The Foundation of The Church in Building Religious Harmony: An Interpretation of Philippians 2: 5. Dialog, 44(1), 67–74.

Malau, R. (2023). MERAYAKAN NASIONALISASI HOSPITALITAS MELALUI PENGHIDUPAN CROSS-SIPLISITAS UMAT PENTAKOSTAL MASA KINI. Diegesis: Jurnal Teologi, 8(2), 169–189.

Mamarimbing, N. Y., Ezra, I., Yardi, A., Anatasya, C. D., Kowy, F. A., & Mariani, E. (2023). Meng-antara Studi Literatur-Perbandingan Pythagoras dan Musik Matematikalis. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(4), 1611–1629.

Manuputty, R. J., Penti, P., Agustina, M., Anjelia, N., & Rinie, R. (2023). Availability of Facilities Supports Education Across All School Levels: Case Study of SDN 1 Sabaru. Journal of Instructional and Development Researches, 3(3), 86–100.

Mariani, E. (2020). Pemikiran Henry A. Giroux tentang Pendidikan Kritis, Peran Guru sebagai Intelektual Transformatif dan Relevansinya bagi Pembelajaran pada Sekolah di Indonesia. Driyarkara School of Philosophy.

Meilan, L., & Mariani, E. (2023). Confidence and Students’ Access of Part-Time Labor in Kalimantan Tengah. Socio-Economic and Humanistic Aspects for Township and Industry, 1(2), 152–159.

Melliani, M., & Triadi, D. (2024). Aktualisasi Pendidikan Kewirausahaan: Ruang Bekal Mahasiswa dengan Keterampilan Bisnis. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 2(1), 25–34.

Munte, A. (2023). Kehadiran Linguistik, Falogosentris dan Pendidikan Kristen Dalam Percakapan Filosofi Luce Irigaray. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(3), 301–314.

Nindi, K., Veronika, G., & Makalelu, J. (2022). Philosopher-Theologian Miroslav Volf’s Thoughts on the Theology of Remembering. Indonesian Journal of Christian Education and Theology, 1(2), 82–89.

Oktaviani, S., Pradita, Y., & Munte, A. (2023). Students Anxiety on iGeneration of Post-Structuralism at SMA Kuala Kapuas and Palangka Raya. EDUJAVARE: International Journal of Educational Research, 1(2), 109–122.

Pengky, P., Octavia, O., Seruyanti, N., Endri, E., & Munthe, Y. (2023). Fluktuasi Pembelajaran-Peziarahan-Profesionalitas-Kode Etik Guru di Indonesia. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 60–75.

Pongoh, F. D. (2022). Characteristics of Education in Central Kalimantan Using Biplot Analysis. Proceeding of The International Conference on Natural Sciences, Mathematics, Applications, Research, and Technology, 2, 18–22.

Prakosa, P. (2022). Moderasi Beragama: Praksis Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(1), 45–55.

Pramana, A., Yappo, Y., & Munthe, Y. (2023). Afectual Management: Confidence Build-Up, Technological Barriers and Compassionate Solidarities. The Eastasouth Journal of Learning and Educations, 1(3), 97–115.

Prasetiawati, P. (2022). Christian Religious Education, Null Curriculum, Learning Strategies, and Inclusiveness in Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(1), 207–224.

Putri, Y., Suriani, R. G. M., Sefle, Y., & Munte, A. (2023). Miroslav Volf’s Theosophy and Charitable Social Living. Athena: Journal of Social, Culture and Society, 1(4), 219–231.

Rahmelia, S. (2020). Hubungan Kebermaknaan Hidup Dan Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Keagamaan Di Palangka Raya. Dialog, 43(1), 49–58.

Rahmelia, S., & Apandie, C. (2023). Civic Virtue dalam Pendidikan Kristen guna Memperkuat Etika Digital di Era 4.0. Immanuel: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 4(1), 69–86.

Riska, M., Liansih, N., Gustina, N., & Munte, A. (2023). Urgensial Filsafat, Kode Etik dan Profesionalisme Guru di Kalimantan Tengah. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 39–51.

Sanasintani, S. (2023). Development of Ms Excel-Based Christian Religious Education Teacher Classroom Supervision Instrument in Lamandau Regency. Tuijin Jishu/Journal of Propulsion Technology, 44(6), 39–52.

Saputra, E. J., Fransiska, F., Dina, L. K., Sihombing, O. M., & Eric, M. (2023). Educational Music and Sounds Through the Lens of Theodor Adorno and Immanuel Kant. Journal Neosantara Hybrid Learning, 1(2), 154–172.

Sari, N. A., & Ginting, M. T. H. (2023). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 141–152.

Selawaisa, S., & Apandie, C. (2023). Gifts as Psychological Outbursts, Participating Teachers as Counselors in Indonesia. Darussalam: Journal of Psychology and Educational, 2(2), 49–63.

Sinta, G., Lestary, D., Tanzania, T., Napat, S., Mariani, E., & Munte, A. (2023). Framing Naturalism Philosophy’s Axiological Synergy in Management-Christian Religious Education. Aksiologi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 71–83.

Sisianti, D., Iriani, Y., & Senik, K. (2022). Teacher’s Perception, Character Formation of Grade Students: Case Study at Primary School in City of Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 257–268.

Sisianti, D., Sinaga, M. M., & Munte, A. (2023). Empowering Coloring Program at Preschool Pelita, Tumbang Randang Village, Timpah Sub-District. Salus Publica: Journal of Community Service, 1(3), 63–69.

Siten, A. D. (2023). Patisipasi Orang tua dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung pada Anak SD Kelas Awal di Pendidikan Luar Sekolah. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5704–5712.

Sitohang, R. M. S., Handriani, Y., & Sinta, J. (2023). Penguatan Kapasitas Pembelajaran Dasar Calistung Anak-Anak di Desa Tumbang Randang. Diakoneo: Journal of Community Service, 1(2), 56–68.

Suluh, J. A., Lukas, L., Munthe, Y., & Yulista, Y. (2024). Building Nationalities within Christians Virtues. Pengabdian: Jurnal Abdimas, 2(1), 1–22.

Supardi, J. S., Merdiasi, D., Sepniwati, L., Apandie, C., & Siten, A. D. (2023). Penguatan dalam Pembinaan dan Pembimbingan Karier Siswa SMA Negeri 1 Pulau Malan, Kabupaten Katingan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 78–87.

Supriatin, A., Hutapea, R. H., Rahman, M., Ambarwati, P., Nur Ibtisamah, S., Prahatini, V., Damayanti, M., & Suswoyo, T. (2022). Pendampingan Pengembangan Kesenian Karungut Dan Musik Tradisional Sebagai Pelestarian Kearifan Lokal Masyarakat Mungku Baru. SNHRP.

Susanto, D., Natalia, D., Jeniva, I., & Veronica, M. (2022). BRAND KNOWLEDGE TRAINING THROUGH PACKAGING MATERIALS AND THE USE OF SOCIAL MEDIA IN HURUNG BUNUT VILLAGE, GUNUNG MAS DISTRICT. AMALA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–89.

Tanyid, M. (2023). Peran Gereja Dalam Akreditasi Perguruan Tinggi Teologi. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1(1), 1–18.

Tanyid, M., & Kataruhan, J. (2023). Rekonstruksi model pendidikan spritual di era revolusi 4.0 melalui pembacaan Ulangan 6: 4-7. KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen), 9(2).

Telhalia, M. T. (2017). Riwayat Hidup Paulus: Sosiologi Dialektika Teologi-Etis menurut Surat Roma. An1mage.

Thompson, N. A. (2018). Imagination and Creativity in Organizations. Organization Studies, 39(2–3). https://doi.org/10.1177/0170840617736939

Timan Herdi Ginting, M., Colina, Y., & Haloho, O. (2022). Communautaire: Journal of Community Service Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book dalam Kurikulum Merdeka Belajar bagi Guru-Guru Paud. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01).

Toni, T., Istandar, J., Cendana, B. E., Sebastian, A., Keren, J. A., Salmanezer, J., & Sihombing, O. M. (2023). CHURCH MUSIC: THE CONNECTION BETWEEN FRIEDRICH NIETZSCHEŽS QUOTATION’WITH NO MUSIC, LIFE WOULD BE AN ERROR’. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 1(2), 338–362.

Triadi, D., & Darnita, C. D. (2021). Strategi Membangun Brand Image dan Promosi dengan Sosial Media pada UMKM Jawet Sama Arep. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 326–348.

Triadi, D., Pongoh, F. D., Wulan, R., Prihadi, S., Wadani, J., Natalia, L., Yusnani, Y., & Mandibondibo, W. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA PADA ABAD 21 DI SMAN 1 PULANG PISAU. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 6(2), 418–430.

Trisiana, R., Munte, A., Betaubun, C. A., & Malau, R. (2023). Perlukah Filsafat Ber-Lokalitas-Naratif di Sekolah Dasar?: Membingkai Sekat Pengasuhan Guru. Madako Elementary School, 2(1), 1–21.

Wahidin, U., Sarbini, M., & Tabroni, I. (2022). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 831–848.

Wirawan, A., Maling, A., Malau, R., & Ullo, P. (2023). Social Action Youth Church of Central Kalimantan through Churches, Educational institutions and Civil Societies. Athena: Journal of Social, Culture and Society, 1(4), 206–218.

Wulan, R. (2023). Kebijakan Lima Hari Sekolah dan Implikasinya pada Guru Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(1), 33–44.

Wulan, R., & Sanjaya, W. (2022). Developing Positive School Climate for Inclusive Education. Journal of Education for Sustainability and Diversity, 1(1), 54–66.

Yong, A. (2015). Hospitality and the other: Pentecost, Christian practices, and the neighbor. Orbis Books.

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL), minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

Yusup, W. B., & Yosepa, T. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 18–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin