Pelatihan Kebersyukuran untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Remaja di Panti Asuhan Nur Huda Samarinda

Yoga Achmad Ramadhan, Nuraida Wahyu Sulistyani, Diana Imawati

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan subjektif pada remaja di Panti Asuhan Nur Huda Samarinda, melalui pelatihan kebersyukuran. Peserta adalah remaja di panti asuhan Nur Huda Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kesejahteraan subjektif, wawancara dan observasi. Guna melihat efektivitas pelatihan dilakukan uji paired sample t test dengan menggunakan software JASP (Jeffreys's Amazing Statistics Program) versi 0.16.1.0. Analisis kualitatif dilakukan berdasarkan observasi, wawancara dan lembar kerja. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji beda paired samples t-test menunjukkan nilai signifikansi dari kesejahteraan subjektif sebesar 0,000 (sig < 0,05). Hasil ini mengindikasikan terdapat perbedaan skor kesejahteraan subjektif sebelum dan sesudah pelatihan. Kesimpulan kegiatan ini adalah bahwa pelatihan kebersyukuran dapat meningkatkan kesejahteraan subjektif pada remaja panti asuhan Nur Huda Kota Samarinda.


Full Text:

PDF

References


Aman, W. (2021). Komparasi Kepercayaan Diri Anak Yatim di Panti Asuhan dengan di Keluarga. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 137-144.

Anggarani, K.Fadjri; Tri, R.A & Nugraha A.K. (2013). Pengaruh Pelatihan Syukur terhadap Subjective Well-Being pada Penduduk Miskin di Surakarta: Surakarta. Jurnal Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Volome 2 Nomor 2.

Compton, William C. (2005). An Introduction to Positive Psychology. USA: Thomson Learning, Inc.

Diener, Ed. (2008). Culture and Well-Being: The Collected Works of Ed Diener. New York: Springer is part of Springer Science Business Media.

Diener, Ed. (2009). The Science of Well-Being: The Collected Works of Ed Diener. New York: Springer is part of Springer Science Business Media.

Diener, Ed. Oishi, Shigero, & Lucas, Richard E. (2002). Personality, Culture, And Subjective Well Being: Emotional And Cognitive Evaluations Of Life.

Efantiana, L. N. (2017). Hubungan Antara Rasa Syukur dan Harga Diri dengan Subjective Well-Being pada Remaja Panti Asuhan “X” Kota Jepara (Doctoral dissertation, Fakultas Psikologi UNISSULA).

Emmons, Robbert A. (2007). Thanks! : How The New Science Of Gratitude Can Make You Happier. New York: Houghton Mifflin Company.

Fredrickson, B. L. (2013). Positive emotions broaden and build. In Advances in experimental social psychology (Vol. 47, pp. 1-53). Academic Press.

Hurlock,E. (2015). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Hidup. Jakarta: Erlangga.

Ibda, F., binti Ishak, N. A., & bin Mohd Nasir, M. A. (2021). Kesejahteraan Subjektif ditinjau dari sosio-demografis di kalangan remaja yatim yang tinggal di panti asuhan/pesantren. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 7(2).

Inarah, L., & Noor, H. (2017). Hubungan Syukur dengan Subjective Well-Being Remaja Panti Asuhan Ikhlasul Amal Bandung. Prosiding Psikologi, 613-617.

Irsyad, M., Akbar, S. N., & Safitri, J. (2020). Hubungan Antara Kebersyukuran Dengan Kesejahteraan Subjektif Pada Remaja DI Panti Asuhan Di Kota Martapura. Jurnal Kognisia, 2(1), 26-30.

KBBI, 2022. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online], diakses tanggal 21 April 2022.

Kumala, S. Shinta dan Hastaning. S. (2015). Dukungan sosial dan Subjective Well-Being pada Tenaga Kerja Wanita PT. Arni Family Ungaran. Semarang: Jurnal Empati Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Volume 4 No.4:208-216.

Latipun. (2015). Psikologi Eksperimen Edisi Kedua. Malang: UMM Press.

Lubis, I. R., & Agustini, L. J. (2018). Efektivitas gratitude training untuk meningkatkan subjective well-being pada remaja di panti asuhan. Jurnal Psikogenesis, 6(2), 205-213.

Mazaya, K. N., & Supradewi, R. (2023). Konsep diri dan kebermaknaan hidup pada remaja di panti asuhan. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 6(2), 103-112.

Megawati, P., Lestari, S., Lestari, R., & Psi, S. (2017). Peningkatan Kesejahteraan Subjektif Remaja Panti Asuhan Melalui Pelatihan Bersyukur (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Monks. 2006. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: UGM Press

Navarro, D.J., Foxcroft, D.R., & Faulkenberry, T.J. (2019). Learning Statistics with JASP: A Tutorial for Psychology Students and Other Beginners. Diakses 20 April 2022 dari: https://learnstatswithjasp.com/.

Qamarina, N. (2017). Peranan Panti Asuhan Dalam Melaksanakan Fungsi Pengganti Keluarga Anak Asuh di UPTD Panti Sosial Asuhan Anak Harapan Kota Samarinda. EJournal Administrasi Negara, 5(3), 6488-6501.

Rahmah, Silfia, Asmidir I & Nurfarhanah. (2014). Masalah-Masalah Yang Dialami Anak Panti Asuhan Dalam Penyesuaian Diri Dengan Lingkungan. Padang: Jurnal Konselor. Volume 3 Number 3:106-11.

Rahman, N. N., Nashori, F., & Rumiani, R. (2022). Pelatihan Kebersyukuran untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif pada Remaja yang Orangtuanya Bercerai. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 17(1), 100-111.

Rahmanita, Anisa. (2016). Efeketivitas Pelatihan kebersyukuran Untuk Meningkatakan Kesejahteraan Subjektif Pada Penderita Hipertensi: Yokyakarta. Jurnal Intervensi Psikologi. Vol.8 Nomor 2:165-184.

Rosari, A. (2018). Subjective Well-Being pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan (Doctoral dissertation, Unika Soegijapranata Semarang).

Santrock, J. W. (2007). Adolescence [Remaja] (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Shadish, William R., Thomas D. Cook & Donald T. Campbell (2002). Experimental And Quasi-Experimental Designs For Generalized Causal Inferen. New York: Houghton Mifflin Company.

Sina, Ibnu. 2015. Modul Pelatihan Kebersyukuran Terhadap Peningkatan Subjective Well-Being Pada Keluarga Pendamping Skizofrenia. Yokyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Stone, Arthur A and Christopher Macki. (2013). Subjective Well Being: Measuring Happiness, Suffering, and Other Dimensions of Experience. Washington DC : The National Academies Press

Soekanto,S. 2004. Sosiologi Keluarga. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudrajat. T. (2008). Kurangnya pengasuhan di panti asuhan. [on-line]. Diakses pada tanggal 20 April 2022 dari http://www.kemsos.go.id.

Sulistyarini, I. R. (2010). Pelatihan kebersyukuran untuk meningkatkan proactive coping pada survivor bencana gunung merapi. Yogyakarta. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia.

Sulthoni, Y., & Sarmini. (2013). Strategi Pembentukan Karakter Anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan , Vol. Nomor 1:272-287.

Wahyuningrum, E., & Tobing, M. A. (2014). Pengasuhan pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Psychology Fair. Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin