In House Training Penulisan Karya Ilmiah Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMA N 1 Wonosari Klaten

Ratna Herawati, Anton Respati Pamungkas, Ernes Cahyo Nugroho, Galih Wisnu Wardhana

Abstract


Pendidikan merupakan sebuah proses secara sadar dalam mewujudkan transformasi keilmuan dari tiap generasi. Untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang optimal, dibutuhkan pendidik yang berkompeten. Salah satu langkah dalam mewujudkan pendidik yang berkompeten sesuai bidang keahliannya adalah dengan memberikan stimulus berupa upgrade ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatan kompetensi paedagogik pendidik. Kegiatan ini adalah inisiasi kepala sekolah SMA N 1 Wonosari Klaten dengan kemitraan bersama Universitas Dharma AUB Surakarta dalam hal kependidikan, konsentrasi kegiatan adalah In House Training Penulisan Artikel Ilmiah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pendidik terutama dalam hal penulisan karya ilmiah sebagai penunjang dalam pengajuan jabatan fungsional dan kepangkatan pendidik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode Smart Goals dengan Teknik Development A Curriculum (DACUM). Pelaksanaan dengan ceramah, diskusi dua arah antara nara sumber dengan peserta pelatihan, juga praktek secara langsung dalam pembuatan karya ilmiah. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kompetensi pendidik dalam hal penulisan karya ilmiah dan publikasi karya ilmiah dilihat dari hasil pre test dan post test, juga terdapat peningkatan kompetensi dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan (TPACK) dalam hal ini adalah pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam penulisan karya ilmiah.


Keywords


karya ilmiah; kompetensi pendidik; artificial intelligence

Full Text:

PDF

References


Abdul, R. (2022, April). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455-8466. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3726

Arfiani, Y. (2022). Developing Teacher Competence to create a digital test of LISAPADU. AJECOM.

Kahfi, R. (2017). Penerapan Metode REQA Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Materi Membuat dan Menjawab Pertanyaan Dari Teks yang Dibaca. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1691-1700. doi: https://doi.org/10.23819/pi.v2i1

Kurniawati, T. (2019, Desember 5). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan Artikel dan Publikasi pada Open Journal. Jurnal EcoGen, 2(4), 596-600. Retrieved from https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/7836/3625

Lubis, S. Y. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada Sistem Manufaktur Terpadu. Smnastek UISU 2021 (pp. 1-7). Jakarta: UISU. doi:ISBN : 978-623-7297-39-0

Mambu, J. G. (2023, September). Pemanfaatan Teknologi Arrtificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal On Education, 6(1), 2689-2697. Retrieved from http://jonedu.org/index.php/joe

Nazilah, F. (2017). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menggali Informasi Dari Teks Wawancara Dalam Bahasa Indonesia Tulis Dengan Role Playing . Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 131-140. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view

PermenPANRB, N. 1. (2019). Penilaian Angka Kredit. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Rahman, A. (2022, Juni). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Sodiq, I. (2014, Juli). Program Guru Menulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Dalam Penulisan Karya Ilmiah di Kabupaten Semarang. Jurnal Rekayasa, 12(1), 42-47. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/artikel

Soseco, T. (2018). Tahap-tahap Pengiriman Artikel Untuk Jurnal Ilmiah. In B. S. Nurmadita, Tahap-tahap Pengiriman Artikel Untuk Jurnal Ilmiah (pp. 1-8). Malang, Jawa Timur, Malang: Universitas Negeri Malang. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/ojs/panduan/panduan-lengkap-ejournal.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin