Membangun Pikiran Dan Emosi Positif Melalui Gerak Tubuh Dalam Mewujudkan Pendidik Paud Yang Tangguh Dan Profesional

Siti Khumaidatul Umaroh, Iin Andriani, Niya Addzahrah

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki posisi yang krusial dalam perkembangan manusia. Pendidikan yang diberikan secara tepat pada usia dini (0-6 tahun) dapat menentukan keberhasilan proses pendidikan dan tumbuh kembang anak di masa selanjutnya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru PAUD tentang pentingnya mengenal emosi, cara meregulasinya dan hubungannya dengan kesehatan mental. Sasaran kegiatan ini adalah guru (pendidik) PAUD yang tergabung dalam HIMPAUDI wilayah Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. Metode yang digunakan berupa psikoedukasi dalam bentuk seminar pendidikan disertai dengan diskusi dan tanya jawab. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada guru yang memiliki skor kesehatan mental rendah, 69,5% peserta kegiatan tersebut memiliki skor kesehatan mental yang tinggi. Kesehatan mental guru perlu menjadi perhatian bersama mengingat masih banyak guru yang menyatakan bahwa kesejahteraan finansial mereka terbilang rendah.  Dalam pengukuran ini juga diketahui bahwa guru dengan latar belakang pendidikan Non- PAUD memiliki skor kesehatan mental yang lebih tinggi dibandingkan dengan tiga kelompok latar belakang pendidikan lainnya.


Full Text:

PDF

References


Apritanti, P., & Aini, P. (2023). Efektivitas Pemberian Psikoedukasi Pada Gangguan Psikologis Masa Postpartum: Systematic Review. Jurnal Keperawatan. Vol 15(2), 705-718.

Audina, W., Basari., & Mujadid, F. (2022). Pengaruh Kesehatan Mental dan Keterampilan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai (Studi Kasus pada PT. Pegadaian Tasik Malaya. http://repository.unigal.ac.id/handle/123456789/3386.

Bana, P., Primanata, D., Dewi, H.S.C.P., & Erta. (2023). Pelatihan Manajemen Stress pada Mahasiswa untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Selama Perkuliahan Hybrid. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 8(2), 351-358.

Hasbi, M., Lestari, G.D., Fardana, N.A., Nurjannah, Ngasmawi, M., & Wulandari, R. (2020). Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jafar, E.S., & Wahyuni, R. (2023). Efektivitas psikoedukasi online untuk meningkatkan literasi kesehatan mental. Healthy: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan. Vol 2(1), 23-28.

Kurniwan, A., Ningrum, A.Z., Hasanah, U., Dewi, N.R., Muhammadiah, M., Putri, N.K., Putri, H., Uce, L., & Mahmudah. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan Kompetensi Guru dalam Dunia Pendidikan. Tarbawi. Vol 3. 1-16.

Mukti, S. (2017). Pengaruh Kualifikasi Pendidikan dan Pengembangan Karir terhadap Produktivitas Kerja Guru. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. Vol 11(1). 81-90.

Novela, G.T. (2023). Pengaruh Kualifikasi dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Dini Di Sekolah PAUD. Thufuli: Jurnal Pendidikan Anak Islam Usia Dini. Vol 1(2). 46-52.

Rismawati, R., & Wilantika, R. (2023). Hubungan antara Regulasi Emosi dengan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa Universitas Aisyah Pringsewu. Journal on Education. Vol 6(1). 10664-10673.

Riyanti, E., Atikah, C., & Rosidah, L. (2023). Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Subang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA. Vol 9(1). 119-129.

Suwijik, S.P., & A’yun, Q. (2022). Pengaruh Kesehatan Mental dalam Upaya Memperbaiki dan Mengoptimalkan Kualitas Hidup Perempuan. Jurnal of Feminism and Gender Studies. Vol 2(2).109-123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin