Edukasi Astornomi Sejak Dini Kepada Siswa RA Al Fath Muhajirin di Planetarium Jagad Raya Tenggarong

Devi Amirullah, Akhmad Al Aidhi

Abstract


Fenomena alam semesta adalah hal menakjubkan sekaligus membingungkan. bagi anak.  Saat  anak-anak mulai mempelajari astronomi, mereka pasti akan memiliki banyak pertanyaan dan rasa ingin tahu yang besar. Misalnya seperti apakah ada kehidupan di luar angkasa? Bagaimana proses penciptaan bumi? Di mana alam semesta berakhir?. Anak-anak pada usia dini sangat tertarik dengan ilmu pengetahuan.  Oleh karena itu, proses pembelajaran sains pada anak usia dini adalah menanamkan rasa ingin tahu  anak terhadap lingkungan.  Ilmu kebumian dan antariksa merupakan salah satu bidang keilmuan pendidikan anak usia dini. Planetarium Jagad Raya merupakan merupakan fasilitas wisata edukasi seperti museum dimana masyarakat bisa menikmati keindahan alam semesta seperti bintang dan planet baik melihat dari gambar maupun teropong bintang yang telah disediakan. Juga, tempat pertunjukan teater bintang dan teater alam, karena dapat menampilkan isi alam semesta dan strukturnya. Setelah mengujungi dan mengikuti rangkain acara kunjungan di Planetarium pada tanggal 28 februari 2024, ternyata banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang didapatkan.  Diantaranya yaitu mengetahui objek wisata edukatif yang ada di Kalimantan Timur, menambah wawasan, menambah ilmu pengetahuan, menambah keakraban baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah ,  dan yang terpenting adalah kita semakin menyadari betapa bumi dan seisinya adalah sebagai kecil dari penciptaan Allah yang maha sempurna.

 


Full Text:

PDF

References


Anawati, Mardiyana Faridatul dan Selfi Lailatul Iftitah. 2023. Sains Bumi Dan Antariksa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al Abyadh.Vol. 6, No 1, Juni 2023 (35-40)

Rachmi, Titi dan Nuraeni. Pengembangan Media Maket Tata Surya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 10, No 1, Juli 2021. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan- Universitas Muhammadiyah Tangerang

Ramdani, Ahmad Yani. 2021. Raudhatul Atfhal (RA), Taman Kanak-Kanak (TK), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). http://alqomary.madrasah.id/2021/06/raudhatul-athfal-ra-taman-kanak-kanak.html. Diakses 9 Juni 2024.

Wikipedia. Planetarium Jagad Raya Tenggarong. https://id.wikipedia.org/wiki/Planetarium_Jagad_Raya_Tenggarong. Diakses 6 Juni 2024

Wu, Laila. 2023. Pengertian, Jenis, Manfaat dan Penerapannya di Bidang Pekerjaan. https://www.gramedia.com/literasi/cabang-ilmu-astronomi/. Dikases 05 Juni 2024.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin