Transformasi Digital UMKM Desa: Integrasi Desain Visual serta Edukasi Digitalisasi di Muara Badak Ilir

Muliati Muliati

Abstract


Digitalisasi kini telah menjadi kebutuhan yang penting bagi UMKM untuk bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Melalui penerapan transformasi digital, UMKM dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pendapatan, serta menjadi lebih responsif terhadap perubahan. Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), kelompok Kukar 90 melakukan melakukan observasi dan pendampingan terhadap UMKM di Desa Muara Badak Ilir, terutama UMKM Amplang dan Kerupuk Ikan Amal serta UMKM Amplang Ratu Mekar. Pendampingan ini juga melibatkan sosialisasi pentingnya digitalisasi dalam UMKM, serta pemberian penjelasan terkait pentingnya penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pertumbuhan usaha. Selain itu, kegiatan ini mencakup desain ulang logo, stiker, dan banner usaha, serta pembuatan brosur digitalisasi UMKM di platform e-commerce Shopee dan brosur mengenai pembuatan QRIS untuk mempermudah sistem pembayaran. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membantu UMKM di Muara Badak Ilir dalam meningkatkan branding produk, memperluas jangkauan pasar secara digital, serta mengoptimalkan transaksi nontunai. Dengan adanya dukungan ini, diharapkan UMKM di Desa Muara Badak Ilir dapat lebih berdaya saing dan mampu beradaptasi dengan perubahan pasar yang semakin dinamis, sekaligus memperkuat posisi mereka di pasar lokal dan regional.

Keywords


Digitalisasi, UMKM, Muara Badak Ilir

Full Text:

PDF

References


Alfionita, B. M., Putra, A., Pitaloka, N. R. A., Ash-Shiddiqy, F. H., Salsabila, A., & Majid, N. (2023). Pendampingan Pengembangan Digital Branding Pada UMKM Fiya Cake di Desa Sumberbendo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera. 2(3), 32 – 39. https://doi.org/10.59059/jpmis.v2i3.229

Asiyah, S. & Rachmadi, K. R. (2022). DIGITALISASI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA MARKETING PADA PELAKU UMKM GUNA PENINGKATAN PENDAPATAN. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442 - 448. 442-448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods

Approaches. SAGE Publications.

Evangeulista, G., Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). STRATEGI UMKM DALAM MENGHADAPI DIGITALISASI. Oikos-Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 33 – 42.

Hilmiana & Kirana, D. H. (2022). DIGITALISASI PEMASARAN DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM SEGARHALAL. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 74 – 81. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i1.35886

Kemenkeu. (2023). Kontribusi UMKM Terhadap PDB.

Lestari, A. S., Wahyuningsih, N., Maharani, N., Sanjaya, L., Putra, A. P., & Khomariah, A. (2022). Penggunaan Aplikasi Google Maps dan Imooji Sebagai Media Promosi UMKM Desa Tiyaran. DIKMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(3), 887 – 894. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas

Nasir, M., Basalamah, J., & Kusuma, A. H. P. (2019). Kegiatan E-Marketing Sebagai Bentuk

Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 01–08.

Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di

Indonesia (Strategy of Enhancement on the Small and Medium-Sized Enterprises (SMES) in Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93–103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin