Model Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan di Kampung Nelayan Keputih Timur Gang Pompa Air Kecamatan Sukolilo Surabaya
Abstract
Permasalahan yang dihadapi oleh nelayan di Keputih Timur Gang Pompa Air Surabaya terkait dengan bagaiamana mengolah hasil tangkapan ikan dukang dan bagaimana memasarkannya. Meskipun ikan dukang sudah dikenal oleh masyarakat di Keputih Timur namun kondisi eksisting menunjukkan adanya keterbatasan dalam pengolahan tangkapan ikan dukang dan pemasaran sehingga menyebabkan hasil tangkapan dijual dalam kondisi mentah dengan harga jual yang relatif rendah. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan nelayan dalam mengolah ikan dukang dan menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp untuk mempromosikan dan menjual hasil olahan tangkapan ikan mereka. Media digital yang tepat merupakan strategi kunci dalam memasarkan hasil tangkapan ikan di era digital saat ini. Dengan hadirnya platform-platform digital, perusahaan dapat dengan mudah menjangkau konsumen yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, dan mendorong penjualan. Penggunaan situs web, media sosial, aplikasi mobile, dan ecommerce memungkinkan perusahaan untuk berbagi informasi produk, menjalin interaksi dengan pelanggan, serta memperluas jangkauan penjualan secara efektif dan efisien. Pemanfaatan konten digital yang menarik, seperti foto, video, blog, dan live streaming, dapat membangun ketertarikan konsumen terhadap produk ikan segar dan olahan.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abidin, Zainal., et al. 2017. Pemasaran Hasil Perikanan. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Afriandi, A & Hadayani. 2020. Analisis Pemasaran Ikan Cakalang Pada Usahakelompok Nelayan Di Desa Paranggi Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong. E-Journal Agrotekbis, vol 8(5): 1030-1038.
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Alfabeta: Bandung.
Balau, Yehezkiel., et al. 2019. Analisis Biaya Kualitas Dan Biaya Pemasaran Dalam Kaitannya Dengan Tingkat Earning Before Interest and Tax (Ebit) (Studi Kasus Pada PT. Hasjrat Abadi Toyota Manado Cabang Tendean). Jurnal EMBA, vol 7(3): 3538-3547.
Giamurti, A. S. R., Bambang, A. N & Aristi, D. P. F. 2015. Analisis Pemasaran Hasil Tangkapan Kakap Merah (Lutjanus sp.) Di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Lamongan, Jawa Timur. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, vol 4(4): 8-17.
Nugraha, J. P., Waluyo, B. P & R. S. Rahardjo. 2021. Analisis Pemasaran Komoditas Perikanan Tangkap Dan Strategi Pengembangannya Di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus Di Tempat Pelelangan Ikan Teleng). Jurnal TECHNO-FISH, vol (5)2: 84-105.
Nuriati, N. K. 2018. Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Ikan Tongkol Hasil Tangkapan Nelayan Di Desa Seraya Timur Kecamatan Karangasem. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, vol 10(2): 512-522.
Sudana, I Wayan. 2019. Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Teri Segar Hasil Tangkapan Nelayan Di Desa Sanggalangit Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol 11(2): 637-648.
Wahid, A., et al. 2015. Peningkatan Kinerja Usaha Sinar Harapan Melalui Pendampingan pada Olahan Ikan Gabus di Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Jurnal Dinamika Pengabdian, Vol 1(1): 65-73.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin