PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMBANGUNAN RUMAH MARBOT DAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) DI MASJID AL MUHAJIRIN, KELURAHAN AIR HITAM, KOTA SAMARINDA
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sarana ibadah dan pendidikan keagamaan di Masjid Al Muhajirin melalui pembangunan rumah marbot dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Masjid yang telah berdiri sejak tahun 2013 ini belum pernah mengalami renovasi maupun pembangunan fasilitas penunjang. Melalui pendekatan partisipatif dan dukungan berbagai pemangku kepentingan, kegiatan ini melibatkan penggalangan dana, penyusunan perencanaan teknis, dan pelaksanaan pembangunan fisik secara bertahap. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan ibadah dan efektivitas kegiatan pendidikan Al-Qur'an di lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga mendorong pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan berbasis masjid. Selain itu, pembangunan rumah marbot akan memberikan tempat tinggal yang layak bagi penjaga masjid, sehingga dapat meningkatkan dedikasi dan tanggung jawab dalam pengelolaan harian masjid. Sementara itu, pembangunan TPA diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran Al-Qur’an bagi anak-anak dan remaja, serta membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan berpengetahuan agama yang kuat. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi contoh kolaborasi antara masyarakat, tokoh agama, dan akademisi dalam membangun lingkungan yang lebih religius, produktif, dan harmonis.
Kata kunci: pengabdian masyarakat; masjid; TPA; rumah marbot; pemberdayaan umat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2021). Panduan Manajemen Masjid dan Penguatan Peran Takmir. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Suyuti, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid: Konsep dan Implementasi. Jakarta: UIN Press.
Yusuf, M. (2020). "Revitalisasi Peran Masjid dalam Pengembangan Pendidikan Islam Nonformal." Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 4(2), 88–99.
Badan Nasional Standarisasi Pendidikan (BNSP). (2010). Standar Kompetensi Lulusan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Jakarta: Kemenag RI.
Wahyudi, A. (2018). "Strategi Pengembangan Sarana Pendidikan Islam Berbasis Masjid." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Al-‘Adalah, 2(1), 34–41.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Lamin