PENGARUH GAYA HIDUP DAN KONSEP DIRI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH COFFEESHOP DI SAMARINDA

Siti Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya hidup dan konsep diri terhadap pengambilan keputusan konsumen terhadap pemilihan Coffeeshop. Penelitian dilakukan kepada pengunjung Coffeeshop di Samarinda dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 100 orang dengan spesifikasi pengunjung laki-laki dan perempuan, berusia rata-rata 20 tahun sampai dengan 40 tahun dengan berbagai macam profesi.

Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS (Statistical Packade for Social Science) 13 for Windows. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi model penuh dengan hasil F = 0,268, R2 = 0,005, dan p = 0,766. Untuk hasil analisis model bertahap didapatkan hasil beta = -0,019, t = -0,129, dan p = 0,897 untuk konsep diri terhadap pengambilan keputusan konsumen dan gaya hidup terhadap pengambilan keputusan konsumen dengan hasil beta = -0,059, t = -0,402, dan p = 0,689. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya hidup dan konsep diri terhadap pengambilan keputusan konsumen tersebut dalam memilih Coffeeshop sebagai salah satu alternatif tempat yang dapat dikunjungi.


Keywords


Pengambilan Keputusan Konsumen, Gaya Hidup, Konsep Diri

Full Text:

PDF DOC

References


Anandmishra., 2010. Gaya Keputusan Konsumen Tua-Muda Sebuah eksplorasi Indian. Jurnal Psikologi.

Basyid., Fahmi., 2006. Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Buchari., Alina., 2007. Kewirausahaan. Bandung : CV. Alfabeta.

Bendicta., Riyanti., 2006. Kewirausahaan dipandang dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian, Cetakan kedua. Jakarta : PT. Grasindo.

Blackwell, Roger D., & Engel, F. James., 2004. Perilaku Konsumen, Terjemahan Alex Budianto, Edisi keenam, Jilid dua. Jakarta : Bina Rupa Aksara.

Bilson., Simamora., 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : pt. Gramedia Pustaka Utama.

Chairy., Bunga, Geofanny., 2010. Pengaruh Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Smartphone Blackberry. Jurnal Manajemen Teori & Terapan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.