Hubungan Pola Asuh Permisif Dengan Perilaku Bullying Di SMPN 5 Samarinda
Abstract
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pola asuh permisif dengan perilaku bullying. Sehingga terdapat hubungan yang diselidiki dalam penelitian ini, yaitu pola asuh permisif dengan perilaku bullying
Penelitian dikenakan kepada siswa-siswi SMPN 5 Samarinda. Subjek dalam penelitian ini adalah 172 siswa-siswi kelas III SMPN 5 Samarinda. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana penelitian ini menggunakan karakteristik subjek.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi product moment dari pearson. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh permisif dengan perilaku bullying dengan R = 0,1285 dan p = 0,000.
ABSTRACT
This study aimed to determine whether there is a relationship between permissive parenting with bullying behavior. So that there is a relationship investigated in this study which is, the permissive parenting with bullying behavior.
Research charged to students of SMPN 5 Samarinda. Subjects in this study were 172 students of class III SMPN 5 Samarinda. Sampling in this study using purposive sampling technique based on the characteristics of the subjects.
Data analysis techniques used in this study is product moment correlation technique by Pearson. The results showed a positive and significant correlation between permissive parenting with bullying behavior with R = 0.1285 and p = 0.000.
Keywords
References
Azwar, Saifuddin. 2014. Tes Prestasi jilid II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunarsa, Yulia Singgih & Gunarsa, Singgih. 2012. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: Libri.
Gunarsa, Yulia Singgih & Gunarsa, Singgih. 2012. Psikologi Untuk Muda-Mudi. Jakarta: Libri.
Gunarsa, Yulia Singgih & Gunarsa, Singgih. 2012. Psikologi Remaja.
Jakarta: Libri.
Gunarsa, Yulia Singgih & Gunarsa, Singgih. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Libri.
Hadi, Sutrisno. 2004. Analisis Butir untuk Instrumen.Yogyakarta: Andi Offset
Hurlock, Elizabeth B. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Kasmadi & Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Allanson, Patricia Bolton – Lester, Robin Rawlings – Notar, Charles E. (2015). “A History of Bullying”. International Journal of Education and Social Science Vol. 2 No. 12; December.
Efendhi, Fahrizal. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Dalam Belajar Siswa”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling IKIP Veteran Semarang.
Fatimah. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak di R.A Darussalam Desa Sumber Mulyo, Jogoroto, Jombang”. Kebidanan FIK UNIPDU Jombang.
Halimah, Andi – Khumas, Asiar – Zainuddin, Kurniati. (2015). “Persepsi pada Bystander terhadap Intensitas Bullying pada Siswa SMP”. Jurnal Psikologi Volume 42, No. 2, Agustus 2015.
Jayantini, Ni Md. Sri - Sulastri, Made – Sedanayasa, Gede. (2014). “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014”. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 No 1
Kljakovic, Moja – Hunt, Caroline – Victoria, Paul E. Jose. (2015). “Incidence of Bullying and Victimisation among Adolescents in New Zealand”. New Zealand Journal of Psychology Vol. 44 No. 2, September.
Levianti. (2008). “Konformitas Dan Bullying Pada Siswa”. Jurnal Psikologi Vol 6 No 1, Juni 2008.
Masafoor, Sadigh. (2013). “The relationship between parenting styles and the educational achievement”. Department of Science and Technology, Government of India. Life Science Journal.
Ningrum, Anindita Widya – Christiana, Elisabeth - Nursalim, Moch -Lukitaningsih, Retno. “Studi Tentang Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto Serta Penanganan Oleh Guru BK”. Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
Nurhayanti, Rida – Novitasari, Dwi – Natalia. (2013). “Tipe Pola Asuh Orang Tua Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Di SMA Kabupaten Semarang”. Jurnal Keperawatan Jiwa. Volume 1, No. 1, Mei 2013.
Rahmawan, Imanda Arief . “Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Dengan Intensi Bullying Pada SiswaSiswi Kelas Vlll SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta”. Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.
Rozali, Yuli A. (2015). “Kecerdasan Interpersonal Remaja ditinjau dari Penerapan Pola Asuh Orang Tua”. Seminar Psikologi & Kemanusiaan Psychology Forum UMM, ISBN: 978-979-796-324-8
Simbolon, Mangadar. (2012). “Perilaku Bullying pada Mahasiswa Berasrama”. Jurnal Psikologi Volume 39, No. 2, Desember 2012.
Siswati & Widayanti, Costrie Gane. (2009). “Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar Negeri Di Semarang Sebuah Studi Deskriptif”. Jurnal Psikologi Undip, Vol. 5, No. 2.
Starr, Meghan L. 2011. The Relationship Between Parenting Styles, Learning Autonomy, And Scholastic Achievement In Undergraduate College Students. Theses. Bucknell University.
Tis’Ina Nur Arofah & Suroso. (2015). “Pola Asuh Otoriter, Konformitas dan Perilaku School Bullying”. Persona Jurnal Psikologi Indonesia Mei, Vol. 4, No. 02.
Usman, Irvan. (2013). “Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah Dan Perilaku Bullying”. Humanitas, Vol. X No.1 Januari 2013.
Yuniartiningtyas, Fitri. “Hubungan Aantara Pola Asuh Orang Tua Dan Tipe Kepribadian Dengan Perilaku Bullying Di Sekolah Pada Siswa SMP”. Universitas Negeri Malang.
Yusuf, Husmiati & Fahrudin, Adi. (2012). “Perilaku Bulliying Asesmen Multidimensi Dan Intervensi Sosial”. Jurnal Psikologi Undip Vol. 11, No.2, Oktober 2012.
http://news.liputan6.com/read/2361551/mensos-bunuh-diri-anak-indonesia-40-persen-karena-bullying (diakses pada 20 April 2016 pada pukul 09.41)
http://news.okezone.com/read/2016/05/03/338/1378936/aksi-bullying-terjadi-di-sman-3-jakarta (diakses pada 14 Mei 2016 pada pukul 14.19)
http://megapolitan.kompas.com/read/2016/05/09/12434451/Kepala.Sekolah.SMAN.3.Jakarta.Pastikan.Siswi.Pelaku.Bullying.Tak.Lulus (diakses pada 14 Mei 2016 pada pukul 14.20)
Refbacks
- There are currently no refbacks.