PENGARUH KEBAHAGIAAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PELAYANAN PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AJI MUHAMMAD PARIKESIT TENGGARONG

Ervina Ismirawati .

Abstract


                                                    ABSTRACT

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kebahagiaan dan budaya organisasi terhadap pelayanan perawat di RSUD Aji Muhammad Parikesit  Tenggarong. Sehingga terdapat 3 pengaruh yang akan diselidiki dalam penelitian ini, yaitu : Kebahagiaan dan dan budaya organisasi terhadap pelayanan perawat di RSUD Aji Muhammad Parikesit  Tenggarong.

Penelitian dikenakan kepada perawat di RSUD Aji Muhammad Parikesit  Tenggarong. Subjek dalam penelitian ini adalah 80 perawat di RSUD Aji Muhammad Parikesit  Tenggarong yang merawat pasien di rawat inap. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probabilitas sampling dimana setiap populasi memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur untuk dipilih menjadi anggota sampel.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kebahagiaan dan budaya organisasi terhadap pelayanan perawat di RSUD Aji Muhammad Parikesit  Tenggarong dengan nilai probabilitas p=0,000  (p< 0,05) maka terdapat pengaruh kebahagiaan (X1) dan budaya organisasi (X2) terhadap pelayanan perawat (Y) dengan nilai  R Square 0,426. Artinya ada sumbangan efektif kebahagiaan dan budaya organisasi sebesar 42,6% terhadap pelayanan perawat. Jadi dapat disimpulkan semakin tinggi kebahagiaan dan budaya organisasi maka pelayanan perawat akan semakin baik.

 

ABSTRACT

This study aims to determine whether there is happiness and influence of organizational culture on nursing care in hospitals Aji Muhammad Parikshit Tenggarong. So there are three influences that will be investigated in this study, namely: Happiness and culture of the organization and the service of nurses in hospitals Aji Muhammad Parikshit Tenggarong. Research subjected to nurses in hospitals Aji Muhammad Parikshit Tenggarong. Subjects in this study were 80 nurses in hospitals Aji Muhammad Parikesit Tenggarong caring for the patient in hospitalization. Sampling in this study uses probability sampling technique in which each population give equal opportunity for each element to be elected as members of the sample. Data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results showed a positive and significant influence between happiness and organizational culture on nursing care in hospitals Aji Muhammad Parikshit Tenggarong with a probability value of p = 0.000 (p <0.05), then there is the effect of happiness (X1) and organizational culture (X2) to services nurse (Y) with a value of R Square of 0.426. That is no effective contribution happiness and organizational culture of 42.6% of the nursing service. So it can be concluded the higher happiness and culture of the organization, the better nursing services.


Keywords


Happiness, Organizational Culture, Nurse Services

Full Text:

PDF DOC

References


Anggraeni, Jannah . Hubungan Antara Psychological Well – Being dan Kepribadian Hardiness Dengan Stres Pada Petugas Port Security.Program Studi Psikologi, FIP, UNESA

Azwar Asrul. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Buheli, Kartin. 2012. “Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Penerapan Proses Keperawatan Di RSUD Toto Kabupaten Bone Bolango”. Ejurnal.ung.ac.id, Vol. 05, No. 01, p. 1-6

Carr, Alan. 2004. Positive Psychology : The Science of Happiness and Human

Cross, R. 1996. Midwives and Management. Hale, Cheshire: Books for Midwives Press.

Endah Purnasari. 2010. Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kebidanan. Data International Medical Travel Journal 2008

Efliani. 2014. Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Perawat Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Gunarsa, S. 2012. Psikologi Perawatan. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Gunawan, W. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis Dan Pelayanan Administrasi Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Pertamina Cirebon). Strata Satu. Universitas Diponegoro Semarang.

Griffin Moorhead. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Hadjam, 2001. Efektivitas Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Di Rumah Sakit (Perspektif Psikologi). Jurnal Psikologi.

Kristianto. (2012). Mutu Rumah Sakit dapat Mencegah Malpraktik Terjadi di Rumah Sakit KOMPASIANA.

Massofa. 2008. Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Dalam Berkomunikasi, Tersedia Muninjaya, I Gede, 2003. Manajemen Kesehatan, EGC: Jakarta.

Muninjaya. 2014. Manajemen Kesehatan.Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC

Munawaroh. 2000. Empati dan Intensi Prososial Pada Perawat. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Mulyono M.H, Hamzah, A.Z Abdullah. 2013. Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Tingkat Iii 16.06.01 Ambon. Universitas Hasanudin

Mujianto, H. 2010. Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Pada Balai Latihan Kerja Dengan Metode Tqm (Total Quality Management) Melalui Iso 9001:2008. Pasca Sarjana. Universitas Indonesia.

Muninjaya, I. 2004. Manajemen Kesehatan. Jakarta: EGC, pp.220-232.

Megawati, Hariyanto, T. & Rachmi, A. 2016. Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Farmasi Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien di RS Baptis Batu: Peran Kepesertaan Asuransi.

Mongkaren, S. 2013. Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Penguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado. Managemen, 1(4), pp.493-503

McKenna, E., Beech, N. & McKenna, E. 2002. Human resource management. Harlow: Financial Times Prentice Hall.

Myers G, David. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta:Penerbit Salemba Humanika.

Nam Kim. 2014. The Effect Nursing Organizational Culture and Happiness Index on Turnover Intention among Nurses Department of Nursing, Busan women's

Nurfaizah Darajat, Rosyidah . 2012. Hubungan Budaya Organisasi Dengan Komitmen Organisasi Perawat Bagian Rawat Inap Kelas II dan III Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Notoadmojo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Robbins, S. P.1993. Organizational Behavior: Concepts, Controversies, and Applications. Sixth Edition. Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.

Sugiarto, E. 1999. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : ALFABETA

Setyaningsih, I. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Pasien Menggunakan Pendekatan Lean ServPerf (Lean Service dan Service Performance). Jurnal Spektrum Industri.

Seligman, M. 2002. Authentic Happiness: Using The New Positive Psychology to Realize Your Potential for Lasting Fulfi llment. New York: Free Press.

Seligman, M. 2005. Authentic Happiness: Using The New Positive Psychology to Realize Your Potential for Lasting Fulfi llment (Eva Yulia Nukman, Penerjemah). Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Schein, E.H. 2002. Organizatiomal Culture and Leadership San Francisco : Jossey Bas Publisher,Inc

Trisantoro,2005. Good Governance dan Sistem Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Surabaya.

Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Publisher.

Trisnantoro, L. 2005. Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: Andi Publisher.

Uripni, C., Sujianto, U. dan Indrawati, T .2003. Komunikasi Kebidanan. EGC 2003.

Wijono, Djoko. 2015. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehata Teori Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Airlangga University Press.

Wheelen, Hunger. 1986. Organizational Behavior and Change.

Wood, J.M., Wallace, Zeffane, Schermerhorn, Hunt, Osborn, 2001. Organizational Behaviour an Asia-Pacific Perspective. John Wiley & Sons, Singapore.

Yulianti. 2012. Pengaruh Perilaku Caring Perawat Terhadap Pelayanan di Ruang Rawat Inap Umum RS Dr. H. Mazoeki Mahdi Bogor. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.