PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 15 SAMARINDA

novisa Riani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Dukungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi pada Siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 15 Samarinda. Motivasi berprestasi merupakan konsep personal yang merupakan factor pendorong untuk meraih atau mencapai sesuatu yang diinginkan agar meraih kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan tersebut setiap orang akan mengalami hambatan-hambatan akan dapat diatasi dan kesuksesan yang diinginkan dapat diraih, serta mampu mencapai berbagai macam prestasi dan kesuksesan dimasa depan. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu kegiatan pengumpulan data dalam rangka menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan yang menyangkut keadaan pada waktu yang sedang berjalan dari pokok suatu penelitian. Analisa data yang digunakan menggunakan nalisa regresi. Subyek yang diambil pengambilan sampel uji coba digunakan 50 responden. Dari hasil penelitian bahwa variabel Dukungan Sosial (X) terhadap Motivasi berprestasi (Y) pada siswa jurusan akutansi SMKN 15 Samarinda dengan nilai F = 25.295 dengan p = 0,000. Oleh karena p < 0,01 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara Dukungan Sosial (X) terhadap Motivasi Berprestasi (Y). Terdapat pengaruh antara Dukungan Sosial (X) terhadap Motivasi Berprestasi (Y), dengan nilai F = 25.295 dengan p = 0,000. Oleh karena p < 0,01 maka terdapat pengaruh antara Dukungan Sosial (X) terhadap Motivasi Berprestasi (Y). Dengan nilai (R2) sebesar 0,345 maka penagruh yang diberikan oleh variabel Dukungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi sebesar 34,5%.

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. (2014). Tes Prestasi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Azwar, Saifuddin. (2013). Penyusunan Skala Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Djiwandono, S.EW.( 2002). Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Gunarsa, D. S. dan Yulia, S.D.(2008). Psikologi praktis : anak,remaja, keluarga. Jakarta : BPK Gunung Mulia

Kumalsari, F & Latifah N.A. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Volume 1 no 1, Juni 2012.

Kuntjoro, Z.S (2002). Dukungan Sosial Pada Lensia http//www.e-psikologi.com/eps/lanjutusia_detail.asp?id=183

Ningsih, E. S. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Di Pindok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Falkutas Psikologi Universitas Muhammadiyah.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Erlangga: Jakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali

Susilowati. I. (2006). Korelasi Persepsi Hubungan Guru Dan Murid Dengan Motivasi Berprestasi Murid SD Bhakti, Kemanggisan. Jakarta Barat : Uin Syarif Hidayatullah FAlkutas Psikologi

Tarmidi & Ade Rizza R. R (2010).Korelasi Dukungan Sosial Orang Tua Dan Sel-Directed Learning Pada Siswa SMA. Universitas Sumatra Utara. Jurnal PSikologi volume 37, No 2, Desember 2010, hal 216-223

Tempelaar, D. T., Loeff, S.S.V.D., Gijselaers, W.H., & Nijhuis, J.f.H. (2010). On Subject Variations in Achievement Motivations : A Study in Bussness Subjects. Journal of High Educations. 52, 395-419

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta : C.V. Andi Offset

Wentzel, K.R. & Wigfield, A. (2010). Handbook Of Motivation In School. New York : Routledge

Widodo. B. (2007). Motivasi Berprestasi dan self-efficacy konselor dengan interaksi konseling. FKIP, Unika Widya Mandala, Madiun. Journal Psiko-Edukasi, Oktober-2007. Vol.5 2007

http://semangatbealajar.com/pengaruh-keluarga-terhadap-pendidikan-disekolah/,18 Juni 2016, Pukul : 23:00

http://www.bimakab.go.id/files/tuti-I.doc), 18 Juni 2016, Pukul: 23:00


Refbacks

  • There are currently no refbacks.