PENGARUH SELF EFFICACY DAN SELF CONTROL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SAMARINDA

Mita wulandari

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh self ef icacy dan self control terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini melibatkan 320 mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Penetapan sampel penelitian menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan tiga jenis skala yaitu self ef icacy, self control dan prokrastinasi akademik. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 23 for windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa self ef icacy dan self control berpengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Pengaruh self ef icacy dan self control terhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan oleh nilai R² sebesar 0,400, yang berarti bahwa variasi prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh variabel self ef icacy dan self control sebesar 40%. Dalam hal ini self ef icacy mempengaruhi prokrastinasi akademik sebesar 24,9% sementara self control mempengaruhi prokrastinasi akademik sebesar 15,1%.

Full Text:

PDF

References


Avico, R.S. & Mujidin.(2014). Hubungan

Antara Konformitas dengan

Prokrastinasi Akademik pada

Mahasiswa Bengkulu yang

Bersekolah di Yogyakarta.Empathy. Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2). 62-65. Al Heilat, M.Q., Alsubhien, A.M., & Al

Qudah,M.F.(2014).The Relationship

between the Academic Procrastination

and Self-Efficacy among Sample of

King Saud University Students. Jurnal of Education and Practice, 5(16), 101-111. Alwisol. (2012). Psikologi Kepribadian. Umm Press Malang.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta. Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bandura, A.(1997). Self Ef icacy: The

exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company. Chintia, R.R. & Kustanti, E.R. (2017). Hubungan Antara Konformitas Dengan

Prokrastinasi Akademik Pada

Mahasiswa. Jurnal Empati, 6(2), 31-37. Damri, Engkizar & Anwar, F. (2017). Hubungan Self Efficacy dan

Prokrastinasi Akademik Mahasiswa

dalam Menyelesaikan Tugas

Perkuliahan. Jurnal Bimbingan

Konseling. 3(1), 74-95. Endrianto, C. (2014). Hubungan Antara Self

Control Dan Prokrastinasi Akademik

Berdasarkan TMT. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1-11. Feist & Feist. (2006). Theories of

Personality. Pustaka Pelajar

Yogyakarta. Ghufron, N.M. & Risnawita, R. (2010). Teori-teori psikologi. Jogjakarta:Ar- Ruz Media. Hapsari, W.E. (2016). Self Efficacy

Pengerjaan Skripsi Prokrastinasi

Akademik dengan Mahasiswa

Fakultas Farmasi Universitas Katolik

Widya Mandala Surabaya. Jurnal

Experienta, 4(2), 75-84. Kadi, A.P.U. (2016). Hubungan

Kepercayaan Diri Dan Self Regulated

Learning Terhadap Prokrastinasi

Akademik Pada Mahasiswa Psikologi

eJournal Psikologi, Vol.4(4), 457-471.

Lastary, D.L. & Rahayu, A.(2018). Hubungan Dukungan Sosial Dan Self

Efficacy Dengan Prokrastinasi

Akademik Mahasiswa Perantau Yang

Berkuliah di Jakarta. HUMANIORA, 2(2), 17-23. Pratiwi, A.D. & Sawitri, D.R. (2015). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari

Efikasi Diri Akademik Dan Lama

Studi Pada Mahasiswa Jurusan Desain

Komunikasi Visual Universitas Dian

Nuswantoro. Jurnal Empati, 4(4), 272-276. Prawitasari. (2012). Psikologi Terapan:

Melintas Batas Disiplin Ilmu. Jakarta:

Erlangga.

Rosani, T., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter

Dengan Prokrastinasi Akademik Pada

Mahasiswa Angkatan 2013 Jurusan

Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu

Sosial Dan Ilmu Politik Universitas

Diponegoro. Jurnal Empati, 7(2), 114-119. Sugiono. (2018). Metode Penelitian

kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta. You, J.W. (2015). Examining the effect of

academic procrastination on

achievement using Ims data in

e-learning. Journal of Educational

Technology & Society, 18(3), 64-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.