PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA DI KOTA SAMARINDA

Anggrainie Dyah Sulistyaning Suroso

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap penyesuaian diri pada pembelajaran daring mahasiswa di Kota Samarinda. Penelitian ini melibatkan 111 mahasiswa yang berada pada semester 3 (tiga) di perguruan tinggi negeri dan swasta yang sedang manjalani perkuliahan secara daring di kota Samarinda. Data penelitian diperoleh menggunakan dua jenis skala yaitu skala kemandirian belajar dari The Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) dan skala penyesuaian diri dari Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap penyesuaian diri pada pembelajaran daring mahasiswa di Kota Samarinda sebesar 26,8%.

Full Text:

PDF

References


Agustian, S., Putro, S. C., & Putranto, H. (2018). Hubungan Self-Regulated Learning, Kemampuan Komunikasi, dan Vocational Skills dengan Kemampuan Adaptasi

terhadap Dunia Kerja pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Ilmu

Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 91-100. Agustin, F., Oganda, F. P., Lutfiani, N., & Harahap, E. P. (2020). Manajemen

Pembelajaran Daring Menggunakan Education Smart Courses. Technomedia

Journal, 5(1), 40-53. Ardiansyah, A. (2018). Penguasaan Konsep Matematika Ditinjau Dari Efikasi Diri

Dan Kemandirian Belajar. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1). Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, A. N. (2016). Hubungan Kemampuan

Penyesuaian Diri dan Pola Berpikir dengan Kemandirian Belajar Serta

Dampaknya pada Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1943-1951. Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi

Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241-255. Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi

Covid-19. Al-Hikmah, 1(1), 82-93. Azwar, Syaifudin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Ed. 3). Celeban Timur, Yogyakarta: Pustaka Belajar. Azwar, Syaifudin. (2016). Metode Penelitian. Celeban Timur, Yogyakarta: Pustaka

Belajar

Baker, R. W., & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of

counseling psychology, 31(2), 179. Barseli, dkk. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan

Pendidikan, 5 (03): 143-148. Dabbagh, N. (2007). The online learner: Characteristics and pedagogical implications. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 7(3), 217-226. Dahlia (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa

Kelas XI SMK Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Skripsi tidak

diterbitkan. Darmiany, D. (2016). Self-Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah

Dasar (PGSD) Tahun Pertama. Jurnal Psikologi dan Konseling: Jurnal Kajian

Psikologi dan Bimbingan Konseling. 2(1),72-83.

Devi, N. U. K. (2020). Adaptasi Pranata Keluarga pada Proses Pembelajaran Elearning Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. Publicio: Jurnal

Ilmiah Politik, Kebijakan dan Sosial, 2(2), 1-6. Dewi, W. A. F (2020). dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran

Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: jurnal ilmu pendidikan, 2(1),55-61

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian

Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on

Education, 1(2), 288-296. Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta didik. Bandung, Pustaka Setia. Gifani, A., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Majalah Bisnis Dan IPTEK, 10(2), 81-94. Hadi, M., & Sovitriana, R. S. (2019). Model Kemandirian Belajar Siswa Madrasah

Aliyah Negeri 9 Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan

Humaniora, 3(3), 26-32. Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres

Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14. Hardhini, M. S. (2018). Pengaruh Self-Regulated Learning dan Penyesuaian Diri

Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi tidak diterbitkan. Hariyanti, D., Mun'im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan

Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama

Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11-21. Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas

belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19. Heru, A.M ., Basuki., Rahardjo, Wahyu & Seto, Mulyadi., (2017). Psikologi

Pendidikan: Dengan pendekatan teori-teori baru. Depok, Rajawali Pers. Hidayati, K. B., & Farid, M. (2016). Konsep diri, adversity quotient dan penyesuaian

diri pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02). Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I., (2020). Efektivitas pembelajaran

daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M. Kurniawati, D. (2010). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika dengan

Menggunakan Cooperative Learning. Yogyakarta: Universitas Negeri

Yogyakarta.

Kusdiyanti, S., & Halimah, L. (2011). Penyesuaian Diri di Lingkungan Sekolah pada

Siswa Kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung. Humanitas, 8(2). Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di

Indonesia. Education and Learning Journal., 1(2). Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung :

Remaja Rosadakarya

Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan

Penyesuaian Diri pada Santri Remaja Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6(3). Naibaho, Y. O. M., & Sinulingga, R. F. (2018). Hubungan Antara Konsep Diri

dengan Penyesuaian Diri pada Pecandu Narkoba di Panti Rehabilitasi Sibolangit

Center. Psikologia: Journal Pemikirian dan Penelitian Psikologi, 13(3),132-141. Otlu, F. N. (2010). College Adjustment of International Students: The Role of Gender, Acculturative Stress, Coping Skills, Cultural Distance, and Perceived Social

Support. Pintrich, P. R., & De Groot, E. V. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning

Components of Classroom Academic Performance. Journal of Educational

Psychology, 82(1), 33. Pritaningrum, M., & Hendriani, W. (2013). Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal di

Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada Tahun Pertama. Jurnal

Psikologi Kepribadian dan Sosial, 2(3), 134-143. Radestya, D. H. (2020). Pentingnya Adaptasi Mahasiswa Dalam Perkuliahan di

Tengah Masa Pandemi Covid-19. Rahmi, S. (2015). Pengaruh Pendekatan Perilaku Kognitif Terhadap Tingkat

Penyesuaian Diri Siswa di Kelas VII SMP Negeri 29 Makassar. Jurnal

Psikologi Pendidikan & Konseling, Vol (1) No (1). Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di

Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD- an, 7(2). Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan

Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2). Sandha, T., Hartati, S., & Fauziah, N. (2018). Hubungan Antara Self Esteem dengan

Penyesuaian Diri Pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mitra Semarang. Empati, 1(1), 47-82.

Sari, A. K., Muhsin, M., & Rozi, F. (2017). Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar. Economic

Education Analysis Journal, 6(3), 923-935. Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, “Dirumah Saja”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 475- 489. Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan

sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280-289. Sekaran, U., 2003. Research methods for business: A skill building approach. John

Wiley & Sons. Shi, X. (2016). A Comparative Study of E-learning Platform in Reading and

Translating Course for Engineering Students. International Journal of Emerging

Technologies in Learning, 11(4). Siswanto, 2007. Kesehatan Mental: konsep, cakupan, dan perkembangannya. Yogyakarta : C.V Andi Offset. Sovitriana, R., & Arsita, I. (2019). Hubungan Konsep Diri Dan Dukungan Sosial

Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna

Jaya Tebet Jakarta. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatf, dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap

Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal

Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan

Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. Tricahyani, I. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan antara dukungan sosial

dengan penyesuaian diri pada remaja awal di panti asuhan Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(3), 542-550. Utami, F. T. (2015). Penyesuaian diri remaja putri yang menikah muda. Psikis: Jurnal

Psikologi Islami, 1(1), 11-21. Utami, M. B. (2016). Hubungan antara Harga Diri dan Penyesuaian Diri Siswi Kelas

X SMA Tarakanita 1. Psiko Edukasi, 14(1), 68-77.

Wulandari, S. W. (2016). Hubungan Antara Kesejahteraan Psikologis dan

Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Santa Maria Jakarta. Psiko Edukasi, 14(2), 94-100. Zirizkana, Z., & Aviani, Y. I. (2019). Kontribusi Regulasi Diri Terhadap Penyesuaian

Diri Remaja Putri Ponpes Sumatera Thawalib Parabek. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.