GAMBARAN KECERDASAN EMOSI PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN PEMBINA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Trisna Dhani Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional ibu dengan anak berkebutuhan khusus di SLBN Pembina Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 190 ibu anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SLBN Pembina. Teknik penyampaian data kuisioner menggunakan adaptasi kecerdasan emosional dari skala oleh Kurniasari (2018). Berdasarkan hasil uji reliabilitas yang dilakukan pada skala kecerdasan emosional didapatkan bahwa Cronbach's Alpha sebesar 0,973 sehingga dikatakan reliabel karena nilai koefisien alpha melebihi 0,7. Serta uji validitas terhadap kecerdasan emosional skala indeks validitas berkisar antara (-0,544) - 0,975) dan dinyatakan valid > r tabel, dengan nilai r tabel 0,28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional responden menunjukkan 32,1% pada kategori tinggi, 67,9% pada kategori sedang dan 0% pada kategori rendah. Sehingga kecerdasan emosional ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLBN Provinsi Pembina Kalimantan Timur masih cenderung tinggi.

Keywords


Kecerdasan Emosional, Ibu, Anak Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF

References


Abdur Rauf, d. (2013). Personal Family and

Academic Factor towards

Emosional Intelegence: A Case

Study. Internasional Journal of

Applied Psychology 3(1), 1-6.

Bachri, B. S. (2020). Menyakinkan

Validitas Data Melalui Triangulasi

Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal

Teknologi Pendidikan, 10, 46-62.

Cooper, R. d. (1998). Executive EQ

Kecerdasan Emosional dalam

Kepemimpinan dan Organisasi

(terjemahan oleh Widodo). .

Jakarta: Gramedia Pustaka.

Efendi, M. (2006). Pengantar

Psikopedagogik Anak Berkelainan.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Goleman. (1995). Emotional

Intellegence:Why it can matter

more than IQ . New York: Bantam

Books.

Goleman, D. (2003). Emotional

Intelligence. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama.

Gulsrud, A. J., & Kasari, C. (2010). The CoRegulation Of Emotion Between

Mother And Their Children With

Family. J Autism Dev Disord.

Hadis, A. (2006). Pendidikan Anak

Berkebutuhan Khusus Autistik.

Bandung: Alfabeta.

Hartmann, A. (2012). Autism and its impact

on families paper. Master of Social

Work Clinical Research Papers.

Hendriani W, H. R. (2006). Penerimaan

Keluarga Terhadap Individu Yang

Mengalami Keterbelakangan

Mental. INSAN.

Hude. (2006). Emosi. Jakarta: Erlangga.

Irwanto, d. (2020). Analisis Situasi

Penyandang Disabilitas di

Indonesia: Sebuah Desk-Review.

Jakarta: Pusat Kajian Disabilitas

Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan

Politik Universitas Indonesia.

Mais., A. (2016). Media Pembelajaran

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Jember: CV. Pustaka Abadi.

Maulina, B. (2018). Tingkat stres ibu yang

memiliki anak penyandang

retardasi mental. Jurnal Wahana

Inovasi,, 6, 2089-8592.

Maulipaksi, D. (2017, Februari 01).

Sekolah Inklusi dan Pembangunan

SLB Dukung Pendidikan Inklusi.

Retrieved from

https://www.kemdikbud.go.id/main

/blog/2017/02/sekolah-inklusi-danpembangunan-slb-dukungpendidikan-inklusi

Miranda, D. (2013). Strategi Coping dan

Kelelahan Emosional (Emotional

Exhausting) Pada Ibu yang

Memiliki Anak Berkebutuhan

Khusus. eJournal Psikologi, 1, 123-

Myers, B., VH, M., & R, K. (2009). My

greatest joy and my greatest heart

ache:’’ Parents’ own words on how

having a child in the autism

spectrum has affected their lives and

their families’ lives. Res Autism

Spectr Disord, 670-684.

Purwaningsih. (2014). Hubungan antara

konsep diri dan kecerdasan emosi

dengan penerimaan diri bagi siswa

kelas X program tata busana-butik

SMK Negeri 1 Karanganyar tahun

/2014. Naskah publikasi,

Program Pascasarjana Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Purwaningsih, S. (2014). Hubungan antara

konsep diri dan kecerdasan emosi

dengan penerimaan diri bagi siswa

kelas X program tata busana-butik

SMK Negeri 1 Karanganyar tahun

/2014. Surakarta: Naskah

publikasi, Program Pascasarjana

Universitas Muhammadiyah

Surakarta.

Ravindranadan, V. &. (2008). Emotional

intelligence and quality of life of

parents of children with special

needs. Journal of the indian

academy of applied psychology, 34,

-39.

Ravindranadan, V. &. (2018). Emotional

intelligence and quality of life of

parents of children with special

needs. Journal of the indian

academy of applied psychology, 34,

-39.

Sarhad, J. (2009). Emotional Intelligence

and Gender Difference. Journal of

Reaserch in Emotional Intelligence.

Sarwono, S. (2010). Pengantar Psikologi

Umum. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Sunu, C. (2012). Panduan memecahkan

masalah autisme; Unlocking

autism. Yogyakarta: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.