PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 11 SAMARINDA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiana, A.D. (2013). Regulasi Diri
Mahasiswa ditinjau dari Keikutsertaan
dalam Organisasi Kemahasiswaan.
Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol.
(2), 245-259.
Alfina, I. (2014). Hubungan Self-Regulated
Learning dengan Prokrastinasi
Akademik pada Siswa Akselerasi di
SMA Negeri 1 Samarinda. eJurnal
Psikologi, Vol. 2(2), 227-237.
Andriani, I. (2019). Pengaruh Self Esteem
dan Trust Terhadap Self Disclosure
pada Pengguna Aplikasi Kencan
Online. Skripsi
Anisa, A., & Ernawati, E. (2018). Pengaruh
Prokrastinasi Akademik Terhadap
Hasil Belajar Biologi Siswa Sma
Negeri Di Kota Makassar. Jurnal
Biotek, Vol. 6(2), Hal. 88-95.
Ardina, P. R. A. & Dwi, K.W (2016).
Pengaruh Regulasi Diri terhadap
Prokrastinasi Akademik pada Siswa
SMA. Jurnal Perspektif
IlmuPendidikan. Vol. 30(2), 67–76.
Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian
Edisi Revisi. Malang: UMM Press.
Burhani, I.I. (2016). Pemaknaan
Prokrastinasi Akademik pada
Mahasiswa Semester Akhir di
Universitas Muhammadiyah
Surakarta. Naskah Publikasi, 1-16.
Fahmawanti, S., Dwi, R.S., & Leo, T.
(2020). Hubungan Self sEfficacy
Terhadap Prokrastinasi Guru Pendidik
Di SMP N 1 Kretek. Psche 165 Jurnal,
Vol. 13(1), 126-131.
Fatimaullah., Jahada., & Dodi, P.S. (2019).
Faktor-faktor Penyebab Prokrastinasi
Akademik terhadap Penyelesaian
Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan
Bimbingan dan Konseling FKIP
Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal
Bening, Vol. 3 (1), 113-122.
Fauziah, H. H. (2015). Fakor-Faktor Yang
Mempengaruhi Prokrastinasi
Akademik Pada Mahasiswa Fakultas
Psikologi Uin Sunan Gunung Djati
Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi,
Vol. 2(2), 123–132.
Febritama, S., & Ersa, L. S. (2018).
Hubungan Atara Regulasi Diri dengan
Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada
Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, Vol. 5(2),
-98.
Ferrari, J. R., & Díaz-Morales, J. F. (2007).
Perception of Self-concept and SelfPresentation by Procrastination:
Further Evidence. The Spanish
Journal Psychologycal, Vol. 10 (1),
-96.
Fitriya & Lukmawati. (2016). Hubungan
Antara Regulasi Diri Perilaku
Prokrastinasi Akademik pada
Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan (STIKES) Mitra Adiguna
Palembang. Jurnal Psikologi Islami,
Vol. 2(1), 63-74.
Ghufron, M. N. & Rini, R. S (2017). Teoriteori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz
Media Grup.
Hasan, M. I. (2011). Pokok-Pokok Materi
Statistik 1 (Statistik Deskriptif).
Jakarta; PT. Bumi Aksara.
Hendrianur. (2015). Hubungan Dukungan
Sosial dan Regulasi Diri dengan
Prokrastinasi dalam Menyelesaikan
Skripsi. eJournal Psikologi, 528-242.
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi
Perkembangan: Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih
bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo.
Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Husna, N.A., Hidayanti, F. N. R. & Ariati,
J. (2014). Regulasi Diri Mahasiswa
Berprestasi. Jurnal Psikologi Undip,
Vol. 13(1), 50-63.
Ilyas, M. & Suryadi. (2017). Perilaku
Prokrastinasi Akademik Siswa di
SMA Islam Terpadu (IT) Boarding
School Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal
An-nida Pemikiran Islam, Vol. 41(1),
-82.
Imansyah, Y. & Imam, S. (2018) Peran
Konformitas Teman Sebaya terhadap
Prokrastinasi Akademik pada Siswa
Laki-laki MA Boarding School AlIrsyad. Jurnal Empati, Vol. 7 (4), 233-
Junita, E. D., Dwi, Y. P. S. & Awalya.
(2014). Upaya Mengurangi
Prokrastinasi Akademik Melalui
Layanan Penguasaan Konten.
Indonesian Jurnal of Guidance and
Counseling, Vol. 3(1), 17-23.
Kemendikbud & PDSP. (2020). Proyeksi
Siswa Tingkat Nasional. Jakarta:
Kementrian dan Kebudayaan .
Lerek, F. (2015). Pengaruh Motivasi
Belajar dan Dukungan Sosial Teman
Sebaya terhadap Regulasi Diri
Mahasiswa yang Kuliah Sambil
Bekerja di Fakultas Ekonomi Program
Studi Ekonomi Syariah Universitas
Mulawarman Samarinda. eJournal
Psikologi, Vol. 3(1), 441-452.
Manab, A. (2016). Memahami Regulasi
Diri: Sebuah Tinjauan Konseptual.
Seminar ASEAN. Malang: Universitas
Muhammadiyah Malang. 7-11.
Mu’min, S. A. (2016). Regulasi Diri dalam
Belajar Mahasiswa yang Bekerja.
Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 9(1), 1-20.
Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik
Dikalangan Mahasiswa Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Jurnal
Bimbingan dan Konseling, Vol. 8(1),
-52.
Nafeesa. (2018). Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Prokrastinasi
Akademik Siswa yang Menjadi
Anggota Organisasi Siswa Intera
Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial
dan Budaya, Vol. 4 (1), 53-67.
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas
Layanan terhadap Kepuasan
Pelanggan Noach Café and Bistro.
Jurnal Agora, Vol. 7 (2), 1-5.
Nisva, L. & Ria , O. (2019). Hubungan
antara Regulasi Diri dengan
Prokrastinasi Akademik pada
Mahasiswa Korps Sukarela Palang
Merah Indonesia (KSR PMI) di
Universitas Negeri Padang. Jurnal
Psyche, Vol. 12(2), 155–164.
Nitami, M., Daharnis. & Yusri. (2015).
Hubungan Motivasi Belajar dengan
Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal
Konselor, Vol. 4(1), 12.
Novritalia, K. & Siti, M. (2014). Perilaku
Prokrastinasi Akademik Siswa
Akselerasi dengan Reguler Sekolah
Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah
Psikologi Terapan, Vol.2(1), 89-102.
Nurjanah, S. (2019). Hubungan antara
Regulasi Diri dengan Prestasi Belajar
Peserta Didik pada Mata Pelajaran
Akidah Akhlak Kelas VIII MTs N 2
Boyolali Tahun Pelajaran 2018-2019.
Skripsi.
Park, S. W., & Sperling, R. A. (2012).
Academic Procrastination and their
Self-Regulation. Psychology, Vol.
(1), 12-23.
Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah
Data Menggunakan SPSS.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Putri, E.T., Mentari, N.W., Khofifah, W., &
Azisyah, R.A.D.R. (2020). Efektivitas
Pelatihan Regulasi Diri Terhadap
Prokrastinasi Akademik Pada
Mahasiswa. Jurnal Psikologi, Vol. 9
No.1 Hal 46-54.
Rachmah, D.N. (2015). Regulasi Diri dalam
Belajar pada Mahasiswa yang
Memiliki Peran Banyak. Jurnal
Psikologi, Vol. 42(1), 61-77.
Ramadhan, R. P. & Hendri, W. (2016).
Prokrastinasi Akademik Menurunkan
Prestasi Belajar Siswa. Jurnal
Pendidikan Manajemen Perkantoran,
Vol. 1(1), 154-159.
Reswita. (2018) Hubungan antara
Manajemen Waktu dan Prokrastinasi
Akademik Mahasiswa PG-PAUD
FKIP UNILAK. Naskah Publikasi.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah
Penelitian untuk Guru – Karyawan
dan Peniliti Pemula. Bandung:
Alfabeta.
Santika, W. S. & Dian, R. S. (2016). Self
Regulated Learning dan Pokrastinasi
Akademik pada Siswa Kelas XI SMA
Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Empati,
Vol. 5(1), 44-49.
Soerjoatmojo, G. W. L. (2019). Self
Regulation dan Blended Learning.
Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah
Nusantara. Vol, 5(4).
Sumarwijah et al. (2018). Self Regulation
Siswa Di Era Globalisasi Refleksi bagi
Generasi Milenial. Jurnal Prakarsa
Paedagogia, Vol. 1(2), 220-225.
Sugiyono, P.D. (2019). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Surijah, E. A., & Sia, T. (2015). Mahasiswa
versus tugas : prokrastinasi akademik
dan conscientiousness. Psychological
Journal, Vol. 22(4), 352–374.
Susanti, E., & Desi, N. (2014). Hubungan
antara Kontrol Diri dan Konformitas
dengan Prokrastinasi Akademik pada
Mahasiswa Program Studi Psikologi
Unesa. Jurnal Character, Vol. 02 (3),
-7.
Susanto, H. (2006). Mengembangkan
Kemampuan Self Regulation untuk
Meningkatkan Keberhasilan
Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan
Penabur, Vol. 7, 71.
Suryo, J. A. C. (2017). Hubungan antara
Manajemen Waktu dan Prokrastinasi
Akademik Siswa SMA yang Aktif
dalam Media Sosial Di Yogyakarta.
Skripsi
Sutriyono, S., Riyani, R., & Prasetya, B. E.
A. (2012). Perbedaan Prokrastinasi
Akademik Dalam Menyelesaikan
Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas
Psikologi Uksw Berdasarkan Tipe
Kepribadian a Dan B. Satya Widya.
Vol.28(2), 127-135..
Taylor, S.E., Letitia, A.P., & David, O.S.
(2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua
Belas. Jakarta; Prenada Media Group.
Ursia, N.R., Ide, B.S., & Nadia, S. (2013).
Prokrastinasi Akademik dan SelfControl pada Mahasiswa Skripsi
Fakultas Psikologi Universitas
Surabaya. Makara Seri Sosial
Humaniora Vol. 17(1), 1-18.
Utomo, D. (2010). Hubungan antara
Pemalasan Sosial dengan
Prokrastinasi Akademik.
Naskah Publikasi.
Wangid, M.N. (2014). Prokrastinasi
Akademik : Perilaku yang
harus Dihilangkan. Jurnal of
Psychology, Vol. 2(2), 235-
Widjaja, L. (2014). Hubungan Lokus
Control Internal dengan
Regulasi Diri Pada Mahasiswa
Sekolah Tinggi Agama Budha
Maha Prajna Jakarta. Jurnal
Psikoedukasi, Vol. 12, 124-
Refbacks
- There are currently no refbacks.