PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 11 SAMARINDA

Rahmawati Pujiastuti1

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meneliti secara empiris pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini melibatkan 132 siswa di SMA Negeri 11 Samarinda. Data penelitian diperoleh menggunakan dua jenis skala yaitu regulasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa regulasi diri berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik oleh nilai R Square sebesar 0,647, yang berarti bahwa variasi prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh regulasi diri sebesar 64,7%.

Keywords


Regulasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Siswa

Full Text:

PDF

References


Alfiana, A.D. (2013). Regulasi Diri

Mahasiswa ditinjau dari Keikutsertaan

dalam Organisasi Kemahasiswaan.

Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol.

(2), 245-259.

Alfina, I. (2014). Hubungan Self-Regulated

Learning dengan Prokrastinasi

Akademik pada Siswa Akselerasi di

SMA Negeri 1 Samarinda. eJurnal

Psikologi, Vol. 2(2), 227-237.

Andriani, I. (2019). Pengaruh Self Esteem

dan Trust Terhadap Self Disclosure

pada Pengguna Aplikasi Kencan

Online. Skripsi

Anisa, A., & Ernawati, E. (2018). Pengaruh

Prokrastinasi Akademik Terhadap

Hasil Belajar Biologi Siswa Sma

Negeri Di Kota Makassar. Jurnal

Biotek, Vol. 6(2), Hal. 88-95.

Ardina, P. R. A. & Dwi, K.W (2016).

Pengaruh Regulasi Diri terhadap

Prokrastinasi Akademik pada Siswa

SMA. Jurnal Perspektif

IlmuPendidikan. Vol. 30(2), 67–76.

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian

Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Burhani, I.I. (2016). Pemaknaan

Prokrastinasi Akademik pada

Mahasiswa Semester Akhir di

Universitas Muhammadiyah

Surakarta. Naskah Publikasi, 1-16.

Fahmawanti, S., Dwi, R.S., & Leo, T.

(2020). Hubungan Self sEfficacy

Terhadap Prokrastinasi Guru Pendidik

Di SMP N 1 Kretek. Psche 165 Jurnal,

Vol. 13(1), 126-131.

Fatimaullah., Jahada., & Dodi, P.S. (2019).

Faktor-faktor Penyebab Prokrastinasi

Akademik terhadap Penyelesaian

Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan

Bimbingan dan Konseling FKIP

Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal

Bening, Vol. 3 (1), 113-122.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-Faktor Yang

Mempengaruhi Prokrastinasi

Akademik Pada Mahasiswa Fakultas

Psikologi Uin Sunan Gunung Djati

Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi,

Vol. 2(2), 123–132.

Febritama, S., & Ersa, L. S. (2018).

Hubungan Atara Regulasi Diri dengan

Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada

Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, Vol. 5(2),

-98.

Ferrari, J. R., & Díaz-Morales, J. F. (2007).

Perception of Self-concept and SelfPresentation by Procrastination:

Further Evidence. The Spanish

Journal Psychologycal, Vol. 10 (1),

-96.

Fitriya & Lukmawati. (2016). Hubungan

Antara Regulasi Diri Perilaku

Prokrastinasi Akademik pada

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu

Kesehatan (STIKES) Mitra Adiguna

Palembang. Jurnal Psikologi Islami,

Vol. 2(1), 63-74.

Ghufron, M. N. & Rini, R. S (2017). Teoriteori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz

Media Grup.

Hasan, M. I. (2011). Pokok-Pokok Materi

Statistik 1 (Statistik Deskriptif).

Jakarta; PT. Bumi Aksara.

Hendrianur. (2015). Hubungan Dukungan

Sosial dan Regulasi Diri dengan

Prokrastinasi dalam Menyelesaikan

Skripsi. eJournal Psikologi, 528-242.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi

Perkembangan: Suatu Pendekatan

Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih

bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo.

Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Husna, N.A., Hidayanti, F. N. R. & Ariati,

J. (2014). Regulasi Diri Mahasiswa

Berprestasi. Jurnal Psikologi Undip,

Vol. 13(1), 50-63.

Ilyas, M. & Suryadi. (2017). Perilaku

Prokrastinasi Akademik Siswa di

SMA Islam Terpadu (IT) Boarding

School Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal

An-nida Pemikiran Islam, Vol. 41(1),

-82.

Imansyah, Y. & Imam, S. (2018) Peran

Konformitas Teman Sebaya terhadap

Prokrastinasi Akademik pada Siswa

Laki-laki MA Boarding School AlIrsyad. Jurnal Empati, Vol. 7 (4), 233-

Junita, E. D., Dwi, Y. P. S. & Awalya.

(2014). Upaya Mengurangi

Prokrastinasi Akademik Melalui

Layanan Penguasaan Konten.

Indonesian Jurnal of Guidance and

Counseling, Vol. 3(1), 17-23.

Kemendikbud & PDSP. (2020). Proyeksi

Siswa Tingkat Nasional. Jakarta:

Kementrian dan Kebudayaan .

Lerek, F. (2015). Pengaruh Motivasi

Belajar dan Dukungan Sosial Teman

Sebaya terhadap Regulasi Diri

Mahasiswa yang Kuliah Sambil

Bekerja di Fakultas Ekonomi Program

Studi Ekonomi Syariah Universitas

Mulawarman Samarinda. eJournal

Psikologi, Vol. 3(1), 441-452.

Manab, A. (2016). Memahami Regulasi

Diri: Sebuah Tinjauan Konseptual.

Seminar ASEAN. Malang: Universitas

Muhammadiyah Malang. 7-11.

Mu’min, S. A. (2016). Regulasi Diri dalam

Belajar Mahasiswa yang Bekerja.

Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 9(1), 1-20.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik

Dikalangan Mahasiswa Program Studi

Bimbingan dan Konseling. Jurnal

Bimbingan dan Konseling, Vol. 8(1),

-52.

Nafeesa. (2018). Faktor-faktor yang

Mempengaruhi Prokrastinasi

Akademik Siswa yang Menjadi

Anggota Organisasi Siswa Intera

Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial

dan Budaya, Vol. 4 (1), 53-67.

Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas

Layanan terhadap Kepuasan

Pelanggan Noach Café and Bistro.

Jurnal Agora, Vol. 7 (2), 1-5.

Nisva, L. & Ria , O. (2019). Hubungan

antara Regulasi Diri dengan

Prokrastinasi Akademik pada

Mahasiswa Korps Sukarela Palang

Merah Indonesia (KSR PMI) di

Universitas Negeri Padang. Jurnal

Psyche, Vol. 12(2), 155–164.

Nitami, M., Daharnis. & Yusri. (2015).

Hubungan Motivasi Belajar dengan

Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal

Konselor, Vol. 4(1), 12.

Novritalia, K. & Siti, M. (2014). Perilaku

Prokrastinasi Akademik Siswa

Akselerasi dengan Reguler Sekolah

Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah

Psikologi Terapan, Vol.2(1), 89-102.

Nurjanah, S. (2019). Hubungan antara

Regulasi Diri dengan Prestasi Belajar

Peserta Didik pada Mata Pelajaran

Akidah Akhlak Kelas VIII MTs N 2

Boyolali Tahun Pelajaran 2018-2019.

Skripsi.

Park, S. W., & Sperling, R. A. (2012).

Academic Procrastination and their

Self-Regulation. Psychology, Vol.

(1), 12-23.

Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah

Data Menggunakan SPSS.

Yogyakarta: Penerbit Andi.

Putri, E.T., Mentari, N.W., Khofifah, W., &

Azisyah, R.A.D.R. (2020). Efektivitas

Pelatihan Regulasi Diri Terhadap

Prokrastinasi Akademik Pada

Mahasiswa. Jurnal Psikologi, Vol. 9

No.1 Hal 46-54.

Rachmah, D.N. (2015). Regulasi Diri dalam

Belajar pada Mahasiswa yang

Memiliki Peran Banyak. Jurnal

Psikologi, Vol. 42(1), 61-77.

Ramadhan, R. P. & Hendri, W. (2016).

Prokrastinasi Akademik Menurunkan

Prestasi Belajar Siswa. Jurnal

Pendidikan Manajemen Perkantoran,

Vol. 1(1), 154-159.

Reswita. (2018) Hubungan antara

Manajemen Waktu dan Prokrastinasi

Akademik Mahasiswa PG-PAUD

FKIP UNILAK. Naskah Publikasi.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah

Penelitian untuk Guru – Karyawan

dan Peniliti Pemula. Bandung:

Alfabeta.

Santika, W. S. & Dian, R. S. (2016). Self

Regulated Learning dan Pokrastinasi

Akademik pada Siswa Kelas XI SMA

Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Empati,

Vol. 5(1), 44-49.

Soerjoatmojo, G. W. L. (2019). Self

Regulation dan Blended Learning.

Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah

Nusantara. Vol, 5(4).

Sumarwijah et al. (2018). Self Regulation

Siswa Di Era Globalisasi Refleksi bagi

Generasi Milenial. Jurnal Prakarsa

Paedagogia, Vol. 1(2), 220-225.

Sugiyono, P.D. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Surijah, E. A., & Sia, T. (2015). Mahasiswa

versus tugas : prokrastinasi akademik

dan conscientiousness. Psychological

Journal, Vol. 22(4), 352–374.

Susanti, E., & Desi, N. (2014). Hubungan

antara Kontrol Diri dan Konformitas

dengan Prokrastinasi Akademik pada

Mahasiswa Program Studi Psikologi

Unesa. Jurnal Character, Vol. 02 (3),

-7.

Susanto, H. (2006). Mengembangkan

Kemampuan Self Regulation untuk

Meningkatkan Keberhasilan

Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan

Penabur, Vol. 7, 71.

Suryo, J. A. C. (2017). Hubungan antara

Manajemen Waktu dan Prokrastinasi

Akademik Siswa SMA yang Aktif

dalam Media Sosial Di Yogyakarta.

Skripsi

Sutriyono, S., Riyani, R., & Prasetya, B. E.

A. (2012). Perbedaan Prokrastinasi

Akademik Dalam Menyelesaikan

Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas

Psikologi Uksw Berdasarkan Tipe

Kepribadian a Dan B. Satya Widya.

Vol.28(2), 127-135..

Taylor, S.E., Letitia, A.P., & David, O.S.

(2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua

Belas. Jakarta; Prenada Media Group.

Ursia, N.R., Ide, B.S., & Nadia, S. (2013).

Prokrastinasi Akademik dan SelfControl pada Mahasiswa Skripsi

Fakultas Psikologi Universitas

Surabaya. Makara Seri Sosial

Humaniora Vol. 17(1), 1-18.

Utomo, D. (2010). Hubungan antara

Pemalasan Sosial dengan

Prokrastinasi Akademik.

Naskah Publikasi.

Wangid, M.N. (2014). Prokrastinasi

Akademik : Perilaku yang

harus Dihilangkan. Jurnal of

Psychology, Vol. 2(2), 235-

Widjaja, L. (2014). Hubungan Lokus

Control Internal dengan

Regulasi Diri Pada Mahasiswa

Sekolah Tinggi Agama Budha

Maha Prajna Jakarta. Jurnal

Psikoedukasi, Vol. 12, 124-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.