PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN SMP IT CORDOVA SAMARINDA

Diba Wiji Al-Qhayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dalam belajar terhadap motivasi berprestasi pada siswa SMP IT Cordova di Samarinda. Sampel penelitian ini berjumlah 101 siswa laki-laki dan perempuan. Penetapan sampel penelitian menggunakan teknik regresi sederhana. Data penelitian diperoleh menggunakan dua jenis skala yaitu skala regulasi diri dalam belajar dan skala motivasi berprestasi. Data penelitian dianalisis denganmenggunakan teknik Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa nilai regulasi diri dalam belajar terhadap motivasi berprestasi adalah nilai residual berdistribusi normal dengan hasil 1,0%. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara regulasi diri dalam belajar terhadap motivasi berprestasi.

Full Text:

PDF

References


Agung (2020) Pentingnya

Linieritas pada Regresi

dan Cara Jitu

Mengatasinya,.

http.cdn.ampproject.org

Apranadayanti, N (2010)

Hubungan Antara Regulasi

Diri Dengan Motivasi

Berprestasi Pada Siswa

Kelas X SMK Ibu Kartini

Semarang. Skripsi.

Semarang: Fakultas

Psikologi Universitas

Diponegoro Semarang.

Assagaf, G (2016) Pengaruh

kemandirian belajar dan

regulasi diri terhadap hasil

belajar Matematika melalui

Motivasi berprestasi pada

siswa kelas X SMA Negeri

di kota Ambon

Betinangima B. (2016). Upaya

Guru Tahfidz dalam

Meningkatkan Motivasi

Siswa Hafal 2 Juz AlQur’an dan Terjemahnya

di SMP Muhammadiyah

Boarding School (MBS)

Prambanan Yogyakarta.

Skripsi. Yogyakarta:

Jurusan Kependidikan

Islam Fakultas Ilmu

Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri

Sunan Kalijaga. 2016.

Butler, R. (1998).

Determinants of Help

Seeking: Relations

Between Perceived

Reasons for Classroom

Help-Avoidance and HelpSeeking Behaviors in an

Experimnetal Context.

Journal of Educational

Psychology, 90, 630-644.

Butler, R., & Neuman, O.

(1995). Effects of Task and

Ego Achievement Goals on

Help-Seeking Behaviors

and Attitudes. Journal of

Educational Psychology,

(2), 261-271.

Cahyani, D. F (2014). Jurnal

Hubungan Antara Persepsi

Siswa Terhadap

Kompetensi Pedagogik,

Kompetensi Kepribadian,

dan Kompetensi Sosial

Guru dengan Motivasi

Berprestasi Siswa

Akselerasi di SMA Negeri

Gresik.

Chen, S. C. (2002). SelfRegulated Learning

Strategies and

Achievement in an

Introduction to

Information Systems

Course. Journal

Information Technology,

Learning, and

Performance, 20, (1).

Chusairi, A dan Addiena

(2018). Pengaruh Regulasi

Diri terhadap Motivasi

Berprestasi pada

Mahasiswa Penerima

Bantuan Bidikmisi di

Universitas Airlangga.

Jurnal Psikologi dan

Kesehatan Mental. Vol.

(2), pp, doi:

20473/jpkm.v3i22018.6

-72


Refbacks

  • There are currently no refbacks.