PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP BUDAYA ORGANISASI PADA KARYAWAN CV. MUSE ENTERTAINMENT CENTER SAMARINDA

Rinda Maulida Riski

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap budaya organisasi pada karyawan CV. Muse Entertainment Center Samarinda, sehingga terdapat 2 hubungan yang akan diselidiki dalam penelitian ini, yaitu : 1) kepemimpinan transformasional ; 2) budaya organisasi. Penelitian dilakukan kepada karyawan CV. Muse Entertainment Center Samarinda dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 163 orang dengan spesifikasi karyawan laki-laki dan perempuan, berusia rata-rata 18 tahun sampai dengan 47 tahun dengan berbagai macam latar belakang pendidikan. Penelitian ini menggunakan alat ukur kepemimpinan transformasional Multifactorial Leadership Questionnaire (MLQ) Purwanto (2000) yang telah dimodifikasi kembali oleh penulis. Alat ukur budaya organisasi yang digunakan pada penelitian ini adalah model skala Liket. Dari hasil penelitian didapatkan nilai t hitung dari variabel X 0,441 lebih kecil dari pada t tabel 1,975. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap budaya organisasi pada karyawan CV. Muse Entertainment Center Samarinda.
Kata Kunci


Keywords


Kepemimpinan Transformasional, Budaya organisasi

Full Text:

PDF DOC

References


Ancok, D., 2012. Psikologi Kepemimpinan Dan Inovasi. Jakarta : Erlangga.

Ardan, K., & Mujiati, Ni Wayan., 2008. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Arishanti, Klara I., 2007. Budaya Organisasi, Komitmen Organisasional Dan Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Psikologi. Vol.1., No.1.

Budiarto, Y., 2004. Komitmen Karyawan Pada Perusahaan Ditinjau Dari Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional. Jurnal Psikologi, Vol.2, No.2.

Hamdani, W., & Handoyo, S., 2012. Hubungan Antara gaya Kepemimpinan Transformasional Dengan Stress Kerja Karyawan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi. Vol.1, No.2.

Koesmono, T., 2005. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub Sektor Industri Pengelolaan Kayu Skala Menengah Di Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Manajemen.

Kasmadi., & Sunarsih, S Nia., 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Kepemimpinan Transformasional. 2013, Januari. Inurma [ on-line ]. Diakses pada tanggal 13 September 2013 dari http://innurma.blogspot.com/2013/01kepemimpinan-transaksional-dan.html

Novinti, Farah R., 2011. Hubungan Antara Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Persepsi Budaya Organisasi Dengan Employee Engagement Pada Karyawan PT. Tiga Serangkai PustakaMandiri Surakarta. Skripsi Psikologi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Porwani, S., & Zunaidah. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan PT. Tambang Batu Bara Bukit Asam ( PERSERO ) Tanjung Enim. Jurnal Bisnis. Vol.2.

Robbins, P Stephen., [ eds ]. 2002. Organization Behavior. New Jersey : Prentice Hall

Saputra,L., 2010. Organisasi. Tangerang : Binarupa Aksara.

Sobirin, A., 2009. Budaya Organisasi. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Soetopo, H., 2012. Perilaku Organisasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sunyoto, D., & Burhanudin., 2011. Perilaku Organisasional.Yogyakarta : CAPS

Widyaastuti., Hana C.,2010. Hubungan Antara Budaya Organisasi Dengan Komitmen Organisasi Pada Perawat Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Jurnal Psikologi. Vol. 2., No. 1.

Wirawan., 2013. Kepemimpinan. Depok : Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.