PENGARUH KONFLIK PERAN GANDA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN WANITA DI PT. ERAMART GROUP SAMARINDA

Ervina Anastasia .

Abstract


Sebagian besar wanita yang bekerja adalah Ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak dan suami dimana selain memiliki tanggung jawab sebagai seorang karyawan disisi lain memiliki tanggung jawab terhadap keluarganya. Jika seorang wanita bekerja dalam jangka waktu yang relatif lama, maka ia memiliki kontrak psikologi terhadap perusahan atau dengan kata lain wanita yang bekerja akan memiliki komitmen terhadap perusahan tempat ia bekerja. Ketika wanita yang bekerja memiliki komitmen terhadap perusahan pastinya ia selalu di tuntut untuk melakukan kewajibannya sebagai seorang karyawan akan tetapi disisi lain ia memiliki tanggung jawab terhadap keluarganya. Apabila tanggung jawab terhadap pekerjaan dan keluarga tidak diimbangi maka pastinya akan terjadi konflik peran ganda dalam kehidupan wanita yang bekerja
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh konflik peran ganda terhadap komitmen organisasi pada karyawaan wanita di PT.Eramart Group. Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh konflik peran ganda terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini mengambil sampel wanita yang bekerja dan memiliki anak dan suami dengan statut sudah menjadi karyawan tetap dengan jumlah subjek sebanyak 100 orang karyawa wanita. Penelitian dilaksanakan di PT. Eramart Group yang ada di Samarinda. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konflik peram ganda dan skala komitmen organisasi.
Hasil penelitian ini tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variael konflik peran ganda dan komitmen organisasi, yang di tunjukkan dari analisis korelasi product moment yaitu r = 0,018 (p <0.05). Hipotesis dalam penelitian ini ditolak.


Keywords


Komitmen organiasai, Konflik peran ganda

Full Text:

PDF DOC

References


Amelia Anisah., 2010. Pengaruh Work-to-family conflict dan Family–to-Work conflict Terhadap Kepuasan Dalam Bekerja, Keinginan Pindah Tempat Kerja, dan Kinerja Karyawan. Journal Ekonomi & Bisinis. Vol. 4, No. 1, hlm. 68-78.

Anoraga Pandji., 2006. Psikologi Kerja.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi., 2013. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta

Demaran Didit., 2013. Perinsip-Perinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Pena Semesta

Diansari Everina., 2006. Hubungan Antara Konflik Pada Wanita Peran Ganda Dengan Aspirasi Karier. Jurnal psikologi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Hadi Sutrisno., 2004. Analisis Butir Untuk Instrumen. Yogyakarta: Andi Offset

Handayani dkk., 2008. Psikologi Keluarga. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

http://female.kompas.com/read/2013/05/06/10164817/jangan.takut.berhenti.bekerja diunduh pada : 6 Mei, 2013.

http://ririspunyamimpi.blogspot.com/2011/10/konflik-ganda-dan-stress-kerja-pada.html diunduh pada 13 Oktober 2011.

Kasmadi dkk., 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Kussudyarsana dan Soepatini., 2008. Pengaruh Karier Objektif pada wanita terhadap konflik keluarga-pekerjaan. Jurnal Fakultas Ekonomi. Vol 9, No.2.

Luthans Fred., 2005. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : PT.Andi

Nancy. Bezt ., 2008. Women’s Career Development. www.ebookparadise.co.cc

Putri Nul Ainil., 2012. Pengaruh Peran Ganda Terhadap Kinerja Wanita Karier di Badan Pemerdayaan Masyarakat Kota Makassar. Skripsi Ekonomi dan Bisnis. Makassar: Universitas Hassanudin.

Wirakristama chandra Richardus., 2005. Analisis konflik pera ganda work-family terhadap kinerja karyawan wanita pada PT. Nyonya Meneer Semarang dengan stress kerja sebagai variabel intervening. Jurnal Psikologi.

Sugiyono., 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suseno Ni’mah Mifathu., 2010. Pengaruh dukungan sosial dan kepemimpinan

transformasional terhadap komitmen organisasi dengan mediator motivasi kerja. Jurnal psikologi. Vol 32, No.1, hlm. 94-109.

Supriatna undang., 2011. Analisis pengaruh konflik peran ganda dan kelelahan kerja terhadap kinerja perawat RSUD. Tesis. Depok: Universitas Indonesia.

Wirawan., 2013., Kepemimpinan. Jakarta: PT.Raja Grafindo.

Wulandari., 2012. Hubungan Konflik Peran Ganda Dengan Stress Kerja Karyawan Wanita di Pusat Administrasi. Skripsi Ilmu sosial dan Politik. Depok: Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.