PENGARUH BULLYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 31 SAMARINDA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 31 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan alat ukur yang digunakan dari masing-masing variabel adalah kuesioner, yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Dengan jumlah Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang siswa/siswi kelas VII SMP Negeri 31 Samarinda dengan teknik pengambilan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala likert dengan dua jenis skala, yaitu skala perilaku bullying dan skala motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 13. Dengan tehnik correlations product moment hasil uji asumsi normalitas sebaran terhadap variabel motivasi belajar menghasilkan Z = 0.829 dan nilai sig = 0.497 >0.05 sedangkan untuk bullying menghasilkan Z =0.639 dan nilai sig = 0.808 >0.05, hal menunjukkan sebaran butir- butir motivasi belajar dan Bullying adalah normal. Dengan nilai linearity F = 1.319 dan p = 0.172 < 0.05 yang berarti hubungannya dinyatakan linier. Sedangkan hasil koefisien R = 0.192 menunjukkan bahwa pengaruh bullying terhadap motivasi belajar hanya sebesar 0.192% dan dan 99.8% merupakan faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa selain bullying disekolah. Artinya hipotesis mayor dalam penelitian ini ditolak.
Keywords
References
Bandung:Pustaka Setia.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bukhori Imam, Nur Anita. 2009. Jurnal Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Universitas Negeri Malang.
Brewster, Cori, Railsback, Jennifer. 2001. Schoolwide prevention of bullying. Northwest Regional: Educational Laboratory.
Brophy. 2004. Motivating Students to Learn. London: Lawrence Erlbaum Associates Publisher.
Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying. Jakarta: PT.Serambi Ilmu Pustaka.
Coloroso, Barbara. 2006. The Bullying, The Bullied, And The Bystander. New York: Chapin Company.
Desmita. 2005.Psikologi Perkembangan.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Diane E. Papalia. et. Al., 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan),
Edisi kesembilan, Cetakan Ke-1. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Djaali.2008. Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dwi Siswoyo, dkk. 2008. Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Faozian, Elis. 2005. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Eksak dengan Motifasi Belajar.Skripsi,Tidak Diterbitkan,PBB FIP UPI Bandun.
Gunarsa, Gunarsa. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: ID
Goleman, Daniel. 2009. Emotional Intelligent: Kecerdasan Emosional (Mengapa EI
lebih penting daripada IQ), Cetakan Kedelapan belas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gottman, John. 2001. Kiat- kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan
Emosional. Terjemahan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hutagalung, L. 2005. Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Kartono, Kartini. 2006. Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Magrifah Ulfah, Mira Aliza Rachmawati. 2010. Jurnal Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dengan Kecenderingan Perilaku Bullying Di Universitas Islam.
Maysita Tita. 2012. Jurnal Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Universitas Pendidikan Indonesia.
Monty P. Satiadarma, Fidelis E. Waruwu. 2002. Mendidik Kecerdasan. Jakarta:
Pustaka Populer Obor.
Olweus, D. 2001. Bullying at school: What we know and what we can do. Cambridge, MA: Blackwell http://books.google.co.id/books. Tanggal akses 5 Mei 2013. Pukul 10.23 WITA
Pintrich, Paul, dan H. Schunk, Dale. 2002. Motivation in education. Columbus – Ohio: Upper Saddle Rever.
Prof. Dr. S. Nasution, M. A. 2003. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT .Bumi Aksara.
Prof. Sukardi, Ph.D. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rahmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung : Ramaja Rosda Karya.
Riauskina, Djuwita dan Soesetio, S.R. 2005. Jurnal “Gencet-gencetan” di Mata Siswa Siswi Kelas I SMA, Di Universitas Psikologi Jakarta.
Rigby, Ken. 2005. The Anti Bullying and Teasing Book. Australia: Gryphon House.
Rigby, Ken. 2002. Counsequences of Bullying in School. Canadian Journal of Psychitry.
Ronnie M, Dani. 2006. The Power of Emotional & Adversity Quotient for Teachers:
Menghadirkan Prinsip-Prinsip Kecerdasan Emosional dan Adversitas dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Hikmah (PT Mizan Publika).
Santrock J.W. 2011. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santrock, J. W. 2007 . Psikologi Pendidikan( Edisi Kedua). Jakarta : Prenada Media Group.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarwono, S.W. 2000. Psikologi Remaja. Bandung : Alfabeta.
Sarwono, Prawirphardjo, Sugiono., 2000. Stasistika untuk Penelitian. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.
SEJIWA. 2008. Bullying : Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta : PT. Grasindo.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Solso,L,R, dkk. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga
Sonia. 2009. Jurnal Perbedaan Depresi Terhadap Kategori Bullying dan Jenis Kelamin, yang dilakukan pada sekolah menengah pertama di Kecamatan Medan Petisah Di Universitas Sumatera Utara.
Suciati. 2006. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta : Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional Dirjen Dikti Depdiknas.
Suharnan, MS. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.
Sunaryo. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Surya Brata, Sumadi. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Bumi Quraisy.
Syaiful Sagala. 2004. Management Strategic dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabet
Umun Aliah. 2012. Jurnal Perbedaan Motivasi Belajar Siswa ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di SMA 10 November Semarang Di Universitas Muhammadiyah Semarang.
Wahyuningsih, Amalia Sawitri., 2004. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa kelas II SMU Lab School Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Universitas Persada Indonesia Y. A. I.
Walgito, B. 2003. Pengatar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offiset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.