PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 11 SAMARINDA

Rahmawati Pujiastuti, Meyritha Trifina Sari, Diana Imawati, Syahputri Syahputri

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meneliti secara empiris pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini melibatkan 132 siswa di SMA Negeri 11 Samarinda. Data penelitian diperoleh menggunakan dua jenis skala yaitu regulasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa regulasi diri berpengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik oleh nilai R Square sebesar 0,647, yang berarti bahwa variasi prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh regulasi diri sebesar 64,7%.

Full Text:

PDF

References


Alfiana, A.D. (2013). Regulasi Diri Mahasiswa ditinjau dari Keikutsertaan dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 2(2), 245-259.

Alfina, I. (2014). Hubungan Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Akselerasi di SMA Negeri 1 Samarinda. eJurnal Psikologi, Vol. 2(2), 227-237.

Andriani, I. (2019). Pengaruh Self Esteem dan Trust Terhadap Self Disclosure pada Pengguna Aplikasi Kencan Online. Skripsi

Anisa, A., & Ernawati, E. (2018). Pengaruh

Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Biotek, Vol. 6(2), Hal. 88-95.

Ardina, P. R. A. & Dwi, K.W (2016). Pengaruh Regulasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA. Jurnal Perspektif IlmuPendidikan. Vol. 30(2), 67–76.

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Burhani, I.I. (2016). Pemaknaan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Semester Akhir di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi, 1-16.

Fahmawanti, S., Dwi, R.S., & Leo, T. (2020). Hubungan Self-Efficacy Terhadap Prokrastinasi Guru Pendidik Di SMP N 1 Kretek. Psche 165 Jurnal, Vol. 13(1), 126-131.

Fatimaullah., Jahada., & Dodi, P.S. (2019). Faktor-faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik terhadap Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal Bening, Vol. 3 (1), 113-122.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 2(2), 123–132.

Febritama, S., & Ersa, L. S. (2018). Hubungan Atara Regulasi Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ecopsy, Vol. 5(2), 94-98.

Ferrari, J. R., & Díaz-Morales, J. F. (2007). Perception of Self-concept and SelfPresentation by Procrastination: Further Evidence. The Spanish Journal Psychologycal, Vol. 10 (1), 91-96.

Fitriya & Lukmawati. (2016). Hubungan Antara Regulasi Diri Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mitra Adiguna Palembang. Jurnal Psikologi Islami, Vol. 2(1), 63-74.

Ghufron, M. N. & Rini, R. S (2017). Teoriteori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media Grup.

Hasan, M. I. (2011). Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Jakarta; PT. Bumi Aksara.

Hendrianur. (2015). Hubungan Dukungan Sosial dan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi. eJournal Psikologi, 528-242.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Husna, N.A., Hidayanti, F. N. R. & Ariati, J. (2014). Regulasi Diri Mahasiswa Berprestasi. Jurnal Psikologi Undip, Vol. 13(1), 50-63.

Ilyas, M. & Suryadi. (2017). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal An-nida Pemikiran Islam, Vol. 41(1), 71-82.

Imansyah, Y. & Imam, S. (2018) Peran Konformitas Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa Laki-laki MA Boarding School AlIrsyad. Jurnal Empati, Vol. 7 (4), 233237.

Junita, E. D., Dwi, Y. P. S. & Awalya. (2014). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Jurnal of Guidance and Counseling, Vol. 3(1), 17-23.

Kemendikbud & PDSP. (2020). Proyeksi Siswa Tingkat Nasional. Jakarta: Kementrian dan Kebudayaan .

Lerek, F. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Regulasi Diri Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja di Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Mulawarman Samarinda. eJournal Psikologi, Vol. 3(1), 441-452.

Manab, A. (2016). Memahami Regulasi Diri: Sebuah Tinjauan Konseptual. Seminar ASEAN. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. 7-11.

Mu’min, S. A. (2016). Regulasi Diri dalam Belajar Mahasiswa yang Bekerja. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 9(1), 1-20.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 8(1), 45-52.

Nafeesa. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intera Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, Vol. 4 (1), 53-67.

Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Café and Bistro. Jurnal Agora, Vol. 7 (2), 1-5.

Nisva, L. & Ria , O. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) di Universitas Negeri Padang. Jurnal Psyche, Vol. 12(2), 155–164.

Nitami, M., Daharnis. & Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Konselor, Vol. 4(1), 12.

Novritalia, K. & Siti, M. (2014). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Akselerasi dengan Reguler Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol.2(1), 89-102.

Nurjanah, S. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs N 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2018-2019. Skripsi.

Park, S. W., & Sperling, R. A. (2012). Academic Procrastination and their Self-Regulation. Psychology, Vol. 3(1), 12-23.

Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Putri, E.T., Mentari, N.W., Khofifah, W., & Azisyah, R.A.D.R. (2020). Efektivitas Pelatihan Regulasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, Vol. 9 No.1 Hal 46-54.

Rachmah, D.N. (2015). Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki Peran Banyak. Jurnal Psikologi, Vol. 42(1), 61-77.

Ramadhan, R. P. & Hendri, W. (2016). Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1(1), 154-159.

Reswita. (2018) Hubungan antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Naskah Publikasi.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peniliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Santika, W. S. & Dian, R. S. (2016). Self Regulated Learning dan Pokrastinasi

Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Empati, Vol. 5(1), 44-49.

Soerjoatmojo, G. W. L. (2019). Self Regulation dan Blended Learning. Buletin Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara. Vol, 5(4).

Sumarwijah et al. (2018). Self Regulation Siswa Di Era Globalisasi Refleksi bagi Generasi Milenial. Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol. 1(2), 220-225.

Sugiyono, P.D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surijah, E. A., & Sia, T. (2015). Mahasiswa versus tugas : prokrastinasi akademik dan conscientiousness. Psychological Journal, Vol. 22(4), 352–374.

Susanti, E., & Desi, N. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dan Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Unesa. Jurnal Character, Vol. 02 (3), 1-7.

Susanto, H. (2006). Mengembangkan Kemampuan Self Regulation untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, Vol. 7, 71.

Suryo, J. A. C. (2017). Hubungan antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA yang Aktif dalam Media Sosial Di Yogyakarta. Skripsi

Sutriyono, S., Riyani, R., & Prasetya, B. E. A. (2012). Perbedaan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw Berdasarkan Tipe Kepribadian a Dan B. Satya Widya. Vol.28(2), 127-135..

Taylor, S.E., Letitia, A.P., & David, O.S. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta; Prenada Media Group.

Ursia, N.R., Ide, B.S., & Nadia, S. (2013). Prokrastinasi Akademik dan SelfControl pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Makara Seri Sosial Humaniora Vol. 17(1), 1-18.

Utomo, D. (2010). Hubungan antara Pemalasan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik. Naskah Publikasi.

Wangid, M.N. (2014). Prokrastinasi Akademik : Perilaku yang harus Dihilangkan. Jurnal of Psychology, Vol. 2(2), 235248.

Widjaja, L. (2014). Hubungan Lokus Control Internal dengan Regulasi Diri Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Budha Maha Prajna Jakarta. Jurnal Psikoedukasi, Vol. 12, 124134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.