GAMBARAN KECERDASAN EMOSI PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN PEMBINA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Trisna Dhani Nurjanah, Diana Imawati, Silvia Eka Mariskha, Elvira Dirgayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional ibu dengan anak berkebutuhan khusus di SLBN Pembina Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 190 ibu anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di SLBN Pembina. Teknik penyampaian data kuisioner menggunakan adaptasi kecerdasan emosional dari skala oleh Kurniasari (2018). Berdasarkan hasil uji reliabilitas yang dilakukan pada skala kecerdasan emosional didapatkan bahwa Cronbach's Alpha sebesar 0,973 sehingga dikatakan reliabel karena nilai koefisien alpha melebihi 0,7. Serta uji validitas terhadap kecerdasan emosional skala indeks validitas berkisar antara (-0,544) - 0,975) dan dinyatakan valid > r tabel, dengan nilai r tabel 0,28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional responden menunjukkan 32,1% pada kategori tinggi, 67,9% pada kategori sedang dan 0% pada kategori rendah. Sehingga kecerdasan emosional ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SLBN Provinsi Pembina Kalimantan Timur masih cenderung tinggi

Full Text:

PDF

References


Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as

predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

Jacoby, W. G. (1994). Public attitudes toward government spending. American

Abdur Rauf, d. (2013). Personal Family and Academic Factor towards Emosional Intelegence: A Case Study. Internasional Journal of Applied Psychology 3(1), 1-6.

Bachri, B. S. (2020). Menyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10, 46-62.

Cooper, R. d. (1998). Executive EQ Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi (terjemahan oleh Widodo). Jakarta: Gramedia Pustaka.

Efendi, M. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Goleman. (1995). Emotional Intellegence:Why it can matter more than IQ . New York: Bantam Books.

Goleman, D. (2003). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gulsrud, A. J., & Kasari, C. (2010). The CoRegulation Of Emotion Between Mother And Their Children With Family. J Autism Dev Disord.

Hadis, A. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta.

Hartmann, A. (2012). Autism and its impact on families paper. Master of Social Work Clinical Research Papers.

Hendriani W, H. R. (2006). Penerimaan Keluarga Terhadap Individu Yang Mengalami Keterbelakangan Mental. INSAN.

Hude. (2006). Emosi. Jakarta: Erlangga.

Irwanto, d. (2020). Analisis Situasi Penyandang Disabilitas di Indonesia: Sebuah Desk-Review. Jakarta: Pusat Kajian Disabilitas Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia.

Mais., A. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jember: CV. Pustaka Abadi.

Maulina, B. (2018). Tingkat stres ibu yang memiliki anak penyandang retardasi mental. Jurnal Wahana Inovasi, 6, 2089-8592.

Maulipaksi, D. (2017, Februari 01). Sekolah Inklusi dan Pembangunan SLB Dukung Pendidikan Inklusi. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/02/sekolah-inklusi-danpembangunan-slb-dukungpendidikan-inklusi

Miranda, D. (2013). Strategi Coping dan Kelelahan Emosional (Emotional Exhausting) Pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. eJournal Psikologi, 1, 123135.

Myers, B., VH, M., & R, K. (2009). My greatest joy and my greatest heart ache:’’ Parents’ own words on how having a child in the autism spectrum has affected their lives and their families’ lives. Res Autism Spectr Disord, 670-684.

Purwaningsih. (2014). Hubungan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan penerimaan diri bagi siswa kelas X program tata busana-butik SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2013/2014. Naskah publikasi, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwaningsih, S. (2014). Hubungan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan penerimaan diri bagi siswa kelas X program tata busana-butik SMK Negeri 1 Karanganyar tahun 2013/2014. Surakarta: Naskah publikasi, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ravindranadan, V. &. (2008). Emotional intelligence and quality of life of parents of children with special needs. Journal of the indian academy of applied psychology, 34, 34-39.

Ravindranadan, V. &. (2018). Emotional intelligence and quality of life of parents of children with special needs. Journal of the indian academy of applied psychology, 34, 34-39.

Sarhad, J. (2009). Emotional Intelligence and Gender Difference. Journal of Reaserch in Emotional Intelligence.

Sarwono, S. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sunu, C. (2012). Panduan memecahkan masalah autisme; Unlocking autism. Yogyakarta: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.