PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN SMP IT CORDOVA SAMARINDA

Diba Wiji Al-Qhayu, Yoga Achmad Ramadhan, Diana Imawati, Rizky Rahmadani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dalam belajar terhadap motivasi berprestasi pada siswa SMP IT Cordova di Samarinda. Sampel penelitian ini berjumlah 101 siswa laki-laki dan perempuan. Penetapan sampel penelitian menggunakan teknik regresi sederhana. Data penelitian diperoleh menggunakan dua jenis skala yaitu skala regulasi diri dalam belajar dan skala

motivasi berprestasi. Data penelitian dianalisis teknik Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa nilai regulasi diri dalam belajar terhadap motivasi berprestasi adalah nilai residual berdistribusi normal dengan hasil 1,0%. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara regulasi diri dalam belajar terhadap motivasi berprestasi.


Full Text:

PDF

References


Agung (2020) Pentingnya Linieritas pada Regresi dan Cara Jitu Mengatasinya,. http.cdn.ampproject.org

Apranadayanti, N (2010) Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X SMK Ibu Kartini Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. 2010.

Assagaf, G (2016) Pengaruh kemandirian belajar dan regulasi diri terhadap hasil belajar Matematika melalui Motivasi berprestasi pada siswa kelas X SMA Negeri di kota Ambon

Betinangima B. (2016). Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Hafal 2 Juz AlQur’an dan Terjemahnya di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2016.

Butler, R. (1998). Determinants of Help Seeking: Relations Between Perceived Reasons for Classroom Help-Avoidance and HelpSeeking Behaviors in an Experimnetal Context. Journal of Educational Psychology, 90, 630-644.

Butler, R., & Neuman, O. (1995). Effects of Task and Ego Achievement Goals on Help-Seeking Behaviors and Attitudes. Journal of Educational Psychology, 87(2), 261-271.

Cahyani, D. F (2014). Jurnal Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa Akselerasi di SMA Negeri 1 Gresik.

Chen, S. C. (2002). Self-Regulated Learning Strategies and Achievment in an Introduction to Information Systems Course. Journal Information Technilogy, Learning, and Performance, 20, (1)

Chusairi, A dan Addiena (2018). Pengaruh Regulasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Penerima Bantuan Bidikmisi di Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental. Vol. 3(2), pp, doi: 10.20473/jpkm.v3i22018.6 2-72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.