PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA DI KOTA SAMARINDA

Anggrainie Dyah Sulistyaning Suroso, Evi Kurniasari Purwaningrum, Siti Khumaidatul Umaroh, Bibit Nurcahyawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap penyesuaian diri pada pembelajaran daring mahasiswa di Kota Samarinda. Penelitian ini melibatkan 111 mahasiswa yang berada pada semester 3 (tiga) di perguruan tinggi negeri dan swasta yang sedang manjalani perkuliahan secara daring di kota Samarinda. Data penelitian diperoleh menggunakan dua jenis skala yaitu skala kemandirian belajar dari The Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) dan skala penyesuaian diri dari Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap penyesuaian diri pada pembelajaran daring mahasiswa di Kota Samarinda sebesar 26,8%.

Full Text:

PDF

References


Agustian, S., Putro, S. C., & Putranto, H. (2018). Hubungan Self-Regulated Learning, Kemampuan Komunikasi, dan Vocational Skills dengan Kemampuan Adaptasi terhadap Dunia Kerja pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 91-100.

Agustin, F., Oganda, F. P., Lutfiani, N., & Harahap, E. P. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Menggunakan Education Smart Courses. Technomedia Journal, 5(1), 40-53.

Ardiansyah, A. (2018). Penguasaan Konsep Matematika Ditinjau Dari Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1).

Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, A. N. (2016). Hubungan Kemampuan Penyesuaian Diri dan Pola Berpikir dengan Kemandirian Belajar Serta Dampaknya pada Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1943-1951.

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241-255.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah, 1(1), 82-93.

Azwar, Syaifudin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Ed. 3). Celeban Timur, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, Syaifudin. (2016). Metode Penelitian. Celeban Timur, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Baker, R. W., & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of counseling psychology, 31(2), 179.

Barseli, dkk. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5 (03): 143-148.

Dabbagh, N. (2007). The online learner: Characteristics and pedagogical implications. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 7(3), 217-226.

Dahlia (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Skripsi tidak diterbitkan.

Darmiany, D. (2016). Self-Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Tahun Pertama. Jurnal Psikologi dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi dan Bimbingan Konseling. 2(1),72-83.

Devi, N. U. K. (2020). Adaptasi Pranata Keluarga pada Proses Pembelajaran Elearning Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. Publicio: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan dan Sosial, 2(2), 1-6.

Dewi, W. A. F (2020). dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: jurnal ilmu pendidikan, 2(1),55-61

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta didik. Bandung, Pustaka Setia.

Gifani, A., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Majalah Bisnis Dan IPTEK, 10(2), 81-94.

Hadi, M., & Sovitriana, R. S. (2019). Model Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(3), 26-32.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14.

Hardhini, M. S. (2018). Pengaruh Self-Regulated Learning dan Penyesuaian Diri Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi tidak diterbitkan.

Hariyanti, D., Mun'im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11-21.

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.

Heru, A.M ., Basuki., Rahardjo, Wahyu & Seto, Mulyadi., (2017). Psikologi Pendidikan: Dengan pendekatan teori-teori baru. Depok, Rajawali Pers.

Hidayati, K. B., & Farid, M. (2016). Konsep diri, adversity quotient dan penyesuaian diri pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02).

Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I., (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.

Kurniawati, D. (2010). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika denga Menggunakan Cooperative Learning. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusdiyanti, S., & Halimah, L. (2011). Penyesuaian Diri di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung. Humanitas, 8(2).

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal., 1(2).

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosadakarya

Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Penyesuaian Diri pada Santri Remaja Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6(3).

Naibaho, Y. O. M., & Sinulingga, R. F. (2018). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri pada Pecandu Narkoba di Panti Rehabilitasi Sibolangit Center. Psikologia: Journal Pemikirian dan Penelitian Psikologi, 13(3),132-141.

Otlu, F. N. (2010). College Adjustment of International Students: The Role of Gender, Acculturative Stress, Coping Skills, Cultural Distance, and Perceived Social Support.

Pintrich, P. R., & De Groot, E. V. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academic Performance. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33.

Pritaningrum, M., & Hendriani, W. (2013). Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 2(3), 134-143.

Radestya, D. H. (2020). Pentingnya Adaptasi Mahasiswa Dalam Perkuliahan di Tengah Masa Pandemi Covid-19.

Rahmi, S. (2015). Pengaruh Pendekatan Perilaku Kognitif Terhadap Tingkat Penyesuaian Diri Siswa di Kelas VII SMP Negeri 29 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, Vol (1) No (1).

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SDan, 7(2).

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2).

Sandha, T., Hartati, S., & Fauziah, N. (2018). Hubungan Antara Self Esteem dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mitra Semarang Empati, 1(1), 47-82.

Sari, A. K., Muhsin, M., & Rozi, F. (2017). Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 923-935.

Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, “Dirumah Saja”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 475489.

Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280-289.

Sekaran, U., 2003. Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.

Shi, X. (2016). A Comparative Study of E-learning Platform in Reading and Translating Course for Engineering Students. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(4).

Siswanto, 2007. Kesehatan Mental: konsep, cakupan, dan perkembangannya. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Sovitriana, R., & Arsita, I. (2019). Hubungan Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya Tebet Jakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatf, dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.

Tricahyani, I. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada remaja awal di panti asuhan Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(3), 542-550.

Utami, F. T. (2015). Penyesuaian diri remaja putri yang menikah muda. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 1(1), 11-21.

Utami, M. B. (2016). Hubungan antara Harga Diri dan Penyesuaian Diri Siswi Kelas X SMA Tarakanita 1. Psiko Edukasi, 14(1), 68-77.

Wulandari, S. W. (2016). Hubungan Antara Kesejahteraan Psikologis dan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Santa Maria Jakarta. Psiko Edukasi, 14(2), 94-100.

Zirizkana, Z., & Aviani, Y. I. (2019). Kontribusi Regulasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri Remaja Putri Ponpes Sumatera Thawalib Parabek. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.