PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA DI KOTA SAMARINDA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustian, S., Putro, S. C., & Putranto, H. (2018). Hubungan Self-Regulated Learning, Kemampuan Komunikasi, dan Vocational Skills dengan Kemampuan Adaptasi terhadap Dunia Kerja pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 91-100.
Agustin, F., Oganda, F. P., Lutfiani, N., & Harahap, E. P. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Menggunakan Education Smart Courses. Technomedia Journal, 5(1), 40-53.
Ardiansyah, A. (2018). Penguasaan Konsep Matematika Ditinjau Dari Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1).
Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, A. N. (2016). Hubungan Kemampuan Penyesuaian Diri dan Pola Berpikir dengan Kemandirian Belajar Serta Dampaknya pada Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1943-1951.
Astini, N. K. S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241-255.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah, 1(1), 82-93.
Azwar, Syaifudin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Ed. 3). Celeban Timur, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Azwar, Syaifudin. (2016). Metode Penelitian. Celeban Timur, Yogyakarta: Pustaka Belajar
Baker, R. W., & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of counseling psychology, 31(2), 179.
Barseli, dkk. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5 (03): 143-148.
Dabbagh, N. (2007). The online learner: Characteristics and pedagogical implications. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 7(3), 217-226.
Dahlia (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Skripsi tidak diterbitkan.
Darmiany, D. (2016). Self-Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Tahun Pertama. Jurnal Psikologi dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi dan Bimbingan Konseling. 2(1),72-83.
Devi, N. U. K. (2020). Adaptasi Pranata Keluarga pada Proses Pembelajaran Elearning Dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19. Publicio: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan dan Sosial, 2(2), 1-6.
Dewi, W. A. F (2020). dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: jurnal ilmu pendidikan, 2(1),55-61
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.
Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta didik. Bandung, Pustaka Setia.
Gifani, A., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Majalah Bisnis Dan IPTEK, 10(2), 81-94.
Hadi, M., & Sovitriana, R. S. (2019). Model Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(3), 26-32.
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14.
Hardhini, M. S. (2018). Pengaruh Self-Regulated Learning dan Penyesuaian Diri Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi tidak diterbitkan.
Hariyanti, D., Mun'im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11-21.
Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.
Heru, A.M ., Basuki., Rahardjo, Wahyu & Seto, Mulyadi., (2017). Psikologi Pendidikan: Dengan pendekatan teori-teori baru. Depok, Rajawali Pers.
Hidayati, K. B., & Farid, M. (2016). Konsep diri, adversity quotient dan penyesuaian diri pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02).
Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I., (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.
Kurniawati, D. (2010). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika denga Menggunakan Cooperative Learning. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusdiyanti, S., & Halimah, L. (2011). Penyesuaian Diri di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung. Humanitas, 8(2).
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal., 1(2).
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosadakarya
Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Penyesuaian Diri pada Santri Remaja Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6(3).
Naibaho, Y. O. M., & Sinulingga, R. F. (2018). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri pada Pecandu Narkoba di Panti Rehabilitasi Sibolangit Center. Psikologia: Journal Pemikirian dan Penelitian Psikologi, 13(3),132-141.
Otlu, F. N. (2010). College Adjustment of International Students: The Role of Gender, Acculturative Stress, Coping Skills, Cultural Distance, and Perceived Social Support.
Pintrich, P. R., & De Groot, E. V. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academic Performance. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33.
Pritaningrum, M., & Hendriani, W. (2013). Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 2(3), 134-143.
Radestya, D. H. (2020). Pentingnya Adaptasi Mahasiswa Dalam Perkuliahan di Tengah Masa Pandemi Covid-19.
Rahmi, S. (2015). Pengaruh Pendekatan Perilaku Kognitif Terhadap Tingkat Penyesuaian Diri Siswa di Kelas VII SMP Negeri 29 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, Vol (1) No (1).
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SDan, 7(2).
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2).
Sandha, T., Hartati, S., & Fauziah, N. (2018). Hubungan Antara Self Esteem dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mitra Semarang Empati, 1(1), 47-82.
Sari, A. K., Muhsin, M., & Rozi, F. (2017). Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 923-935.
Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, “Dirumah Saja”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 475489.
Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280-289.
Sekaran, U., 2003. Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.
Shi, X. (2016). A Comparative Study of E-learning Platform in Reading and Translating Course for Engineering Students. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(4).
Siswanto, 2007. Kesehatan Mental: konsep, cakupan, dan perkembangannya. Yogyakarta : C.V Andi Offset.
Sovitriana, R., & Arsita, I. (2019). Hubungan Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Di Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya Tebet Jakarta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatf, dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.
Tricahyani, I. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada remaja awal di panti asuhan Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(3), 542-550.
Utami, F. T. (2015). Penyesuaian diri remaja putri yang menikah muda. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 1(1), 11-21.
Utami, M. B. (2016). Hubungan antara Harga Diri dan Penyesuaian Diri Siswi Kelas X SMA Tarakanita 1. Psiko Edukasi, 14(1), 68-77.
Wulandari, S. W. (2016). Hubungan Antara Kesejahteraan Psikologis dan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Santa Maria Jakarta. Psiko Edukasi, 14(2), 94-100.
Zirizkana, Z., & Aviani, Y. I. (2019). Kontribusi Regulasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri Remaja Putri Ponpes Sumatera Thawalib Parabek. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3).
Refbacks
- There are currently no refbacks.