PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA KOMITMEN GURU AKAN PERUBAHAN DAN KEBAHAGIAAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR

Hanik Atum Muzayanah, Ayunda Ramadhani

Abstract


Menghadapi era globalisasi yang serba kompetitif organisasi sekolah dituntut untuk melakukan perubahan-perubahan agar mampu mencetak lulusan yang berkualitas. Melakukan perubahan dalam organisasi sekolah bukan  hal yang mudah dan merupakan salah satu tanggung jawab kepemimpinan kepala sekolah yang terpenting dan tersulit. Sebagian besar ahli berpendapat melakukan perubahan merupakan inti dari kepemimpinan,  dengan demikian dibutuhkan kepemimpinan yang efektif untuk memperbaruhi organisasi dan menfasilitasi adaptasi terhadap lingkungan yang berubah. Selain itu juga dibutuhkan  kontribusi guru untuk keberhasilan perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk  meneliti peran kepemimpinan tranformasional terhadap komitmen guru akan perubahan dengan kebahagiaan kerja sebagai mediator. Metode yang dipakai adalah kuantitatif, dengan populasi guru SMP yang organisasi sekolahnya mengalami perubahan. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi. hasil pengujian regresi sederhana menunjukkan bahwa komitmen perubahan, positive affect& negative affect, dan perubahan yang dirasa menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, dengan hasil uji regresi berganda sedehana yaitu, F hitung> F tabel (13.393>3.10), Adjusted R square = 0.510, dan p = 0.038. Hal tersebut bermakna bahwa ada pengaruh kepemimpinan transformasional pada komitmen guru akan perubahan dan kebahagiaan kerja sebagai variabel mediator.

Keywords


Kepemimpinan transformasional, Komitmen akan perubahan, Kebahagiaan kerja, Guru

Full Text:

PDF

References


Anderson, S., & Kumari, R. (2009). Continuous improvement in schools: Understanding the practice. International journal of educational development,29(3), 281-292.

Aziz, R. (2011). Pengalaman Spiritual Dan Kebahagiaan Pada Guru Agama Sekolah Dasar. Proyeksi, 6(2), 1-11.

Ancok, Djamaludin (2012). Psikologi Kepemimpinan & Inovasi. Erlangga: 2012

Baswedan, A. R. (2014). Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Bakker, A. B. (2005). Flow among music teachers and their students: The crossover of peak experiences. Journal of vocational behavior, 66(1), 26-44

Boehm, J. K., & Lyubomirsky, S. (2008). Does happiness promote career success?. Journal of career assessment, 16(1), 101-116.

Brodrick, D.A.V., Park, N., & Peterson, C., (2008). Three Ways to Be Happy: Pleasure, Engagement, and Meaning—Findings from Australian and US Samples (2008). Soc Indic Res 90:165–179

Diener, E., Suh, E.M., Lucas, R.E. and Smith, H.L. (1999). Subjective well-being: Three decades of progress. Psychological Bulletin, 125, 276-302

Kesebir, P. and Diener, E. (2008) In pursuit of happiness: Empirical answers to philosophical questions. Perspectives on Psychological Science, 3, 117-125

Herscovitch, L. & Meyer, J.P. (2002). Commitment to organizational change: Extension of a three component model. Journal of Applied Psychology, 87, 474-487.

Langvardt, G. D. (2007). Resilience and commitment to change: A case study of a nonprofit organization (Doctoral dissertation, Capella University).

Liu, P. (2013). Motivating Teachers’ Commitment to Change by Transformational School Leadership in Urban Upper Secondary Schools of Shenyang City, China (Doctoral dissertation, University of Toronto).

Lowe, K. B., Kroeck, K. G., & Sivasubramaniam, N. (1996). Effectiveness correlates of transformational and transactional leadership: A meta-analytic review of the MLQ literature. The Leadership Quarterly, 7(3), 385-425.

Mascall, B. (2007). Shifting sands of leadership in theory and practice. Journal of Educational Administration and History, 39(1), 49-62.

Mangundjaya, W. L., Utoyo, D. B., & Wulandari, P. (2015). The Role of Leadership and Employee's Condition on Reaction to Organizational Change.Procedia-Social and Behavioral Sciences, 172, 471-478.

Miarso, Y. (2008). Peningkatan kualifikasi guru dalam perspektif teknologi pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 66-76.

Meyer, J. P., Srinivas, E. S., Lal, J. B., & Topolnytsky, L. (2007). Employee commitment and support for an organizational change: Test of the three-component model in two cultures. Journal of Occupational & Organizational Psychology, 80(2), 185–211.

Michaelis, B., Stegmaier, R., & Sonntag, K. (2009). Affective commitment to change and innovation implementation behavior: The role of charismatic leadership and employees' trust in top management. Journal of Change Management, 9(4), 399–417.

Nothhouse, P.G., (2013). Leadership : theory and practice. (Sixt edition). Singapore : Sage

Purwaningrum, E.K., (2015). Orientasi kebahagiaan di tempat kerja. Proceeding – Embaracing A New Way Of Life : Promoting Positive Psychology for Better A Mental Health, 308-317

Ryan, R.M. and Deci, E.L. (2001). On happiness and human potentials: A review of research on hedonic and eudaimonic well-being. Annual Review of Psychology, 52, 141-166

Ryff, C.D. and Singer, B.H. (2008). Know thyself and become what you are: A eudaimonic approach to psychological well-being. Journal of Happiness Studies, 9, 13-39

Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikan. Jurnal Medtek, 3(2), 1-6

Van Veen, K., Sleegers, P., & Van de Ven, P. H. (2005). One teacher's identity, emotions, and commitment to change: A case study into the cognitive–affective processes of a secondary school teacher in the context of reforms.Teaching and teacher education, 21(8), 917-934.

Wanberg, C. R., & Banas, J. T. (2000). Predictors and outcomes of openness tochanges in a reorganizing workplace. Journal of Applied Psychology, 85, 132-142.

Watson, D., Clark, L. A., & Tellegen, A. (1988). Development and validation of brief measures of positive and negative affect: the PANAS scales. Journal of personality and social psychology, 54(6), 1063.

Wesarat, P., Sharif., M.Y., & Majid, A.H.A., (2015). A Conceptual framework of happiness at the workplace. Asian SocialScience, 11(2). 78-88




DOI: https://doi.org/10.31293/mv.v1i2.4027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


crossref Garuda IndonesiaRJI Lipi Google ScholerDimensions"

Motiva Jurnal Psikologi terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Mei dan November. Redaksi Jurnal dan Sekretariat Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda 75124. Email: motivajurnalpsikologi@gmail.com. Cc: 081239553012

 

 



Creative Commons License
Motiva: Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.