PENGARUH VOLUME KENDARAAN TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR (STUDI KASUS: Jl. PM. NOOR PEREMPATAN LAMPU MERAH SEMPAJA SAMPAI PERTIGAAN Jl. PERUMAHAN BUMI SEMPAJA)

Meyki Erik Cantona

Abstract


Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi darat terpenting, sehingga desain perkerasan jalan yang baik adalah suatu keharusan. Kerusakan pada jalan akan menimbulkan banyak kerugian yang dapat dirasakan oleh pengguna secara langsung,dalam penelitian skripsi ini diambil analisa kerusakan jalan pada jalan P.M Noor simpamg lampu merah sempaja sampai simpang tiga perumahan bumi sempaja yang mana saat ini di beberapa titik mengalami kerusakan, inilah yang akan dicari penanganan kerusakan jalannya sehingga di peroleh solusi yang baik untuk mengatasi kerusakan tersebut.Data hasil yang didapat dari proses analisa agar diperoleh suatu kesimpulan dari data-data yang ada. Dengan menggunakan beberapa metode sebaigai berikut: 1. Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) 2. Nilai Presentase Kerusakan (Np) 3. Nilai Bobot Kerusakan (Nj) 4. Nilai Jumlah Kerusakan (Nq) 5. Uji Validitas 6. Uji Reliabilitas 7. Uji Asumsi Klasik 8. Goodness Of Fit 9. Analisa Regresi Linear Berganda Dari hasil Analisa diperoleh model kerusakan jalan pada Jl. PM. Noor Samarinda yaitu: Y 9259,258+4,568X1- 0,389X2 Dimana: a Konstanta X1 Faktor Volume Lalu Lintas X2 Faktor Waktu Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas x1(volume lalu lintas) memberikan pengaruh signifikan terhadap potensi kerusakan jalan yang ada di Jl. PM. Noor Samarinda. Sedangkan variabel x2(waktu) memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap kerusakan jalan di Jl. PM. Noor Samarinda. Berdasarkan hasil perhitungan nilai Fhitung 7,889 Ftabel 6,94 sehingga variable bebas secara simultan mempunyai hubungan terhadap variable terikat pada kerusakan jalan PM. Noor Kota Samarinda. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dilihat dari hasil persamaan ternyata pada daerah – daerah penelitian terjadi pengaruh yang signifikan terhadap kerusakan jalan dari volume lalu lintas, karena semakin tinggi volume lalu lintas maka kerusakan jalan juga akan semakin besar. Oleh karena itu saran yang diberikan adalah: 1. Pemeliharaan jalan harus dilakukan lebih cepat dari waktu yang telah direncanakan sebelumnya, karena agar kerusakan jalan yang terjadi dapat dikurangi, sehingga biaya untuk perbaikan kerusakan jalan juga lebih sedikit. 2. Memberikan rambu-ramubu untuk berat kendaraan bermuatan tertentu

Keywords


Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, 2007. Kerusakan Pada Kontruksi Jalan.

Dirjen Bina Marga, 1990. Klasifikasi Jalan Menurut Fungsional, Klasifikasi Jalan arteri, kolektor, Lokal.

Dirjen Bina Marga, 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Klasifikasi Jalan Menurut Medan Jalan.

DPUPKP - Klasifikasi Jalan Berdasarkan Status dan Kelas Jalan. Diakses dari https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/49/klasifikasi-jalan-berdasarkan-status-dan-kelas-jalan.

Hariman Al Faritzie, B. D. (2019). Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur (Flexibel Pavement). Jurnal Teknik Sipil UNPAL Vol 9, No 2, Nopember 2019, 9, 100-107.

http://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/2839/05.3%20bab%203.pdf?sequence=7&isAllowed=y.

Kriteria Konstruksi Perkerasan Lentur Jalan. Diakses dari https://text-id.123dok.com/document/4zpo99vqe-kriteria-konstruksi-perkerasan-lentur-jalan.html.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).1997. Direktorat Jenderal Bina Marga.

Ni Luh Putu Ayu Verra Widayanti, L. H. (2022). Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat Kendaraan Jalan. Vol. 2 , No. 1, Mei 2022, 2, 109-115.

Peraturan perencanaan geometrik jalan antar kota no.38 tbm 1997 (2). (2022). Diakses dari https://www.slideshare.net/harsantyseran/peraturan-perencanaan-geometrik-jalan-antar-kota-no38-tbm-1997-2.

PP 34 tahun 2006 tentang Jalan. (2020). Diakses dari https://www.jogloabang.com/infrastruktur/pp-34-2006-jalan.

UU No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan [JDIH BPK RI]. (2022). Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40785/uu-no-38-tahun-2004.

Yoder, E.J and Witczak, M.W., 1975, Principles of Pavement Design, 2 nd Edition, New York: John Wiley & Sons, inc.

Populasi dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pengambilan dan Rumus). (2022). Retrieved 17 October 2022, from https://www.kajianpustaka.com/2020/11/populasi-dan-sampel-penelitian.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SENTAG : SEMINAR NASIONAL TEKNIK UNTAG SAMARINDA

Indexing: