PERENCANAAN DINDING TURAP DI SUNGAI SEGAH KOTA TANJUNG REDEP KABUPATEN BERAU

IBNU WAKIT DIANTO

Abstract


Penuntasan sejumlah pembangunan infrastruktur yang dibangun Pemerintah Kabupaten Berau yaitu pembangunan turap yang tersisa sepanjang sekitar ± 220 meter, ini merupakan kelanjutan pembangunan turap di bantaran Sungai Segah, Kelurahan Rinding Kecamatan Gunung Tabur. Tujuan pembangunan turap ini adalah mengatasi longsoran di sekitar badan jalan akibat gerusan air di sepanjang aliran sungai segah.

Maksud dari perencanaan ini adalah merencanakan dinding penahan menggunakan konstruksi turap untuk mengatasi longsoran di sekitar badan jalan akibat gerusan air di sepanjang aliran sungai segah

Adapun tujuan perencanaan ini adalah sebagai berikut :

  1. Dapat Merencanakan konstruksi turap
  2. Mengetahui profil sheet file untuk konstruksi turap
  3. Mengetahui panjang angkur yang digunakan untuk konstruksi turap

Berdasarkan hasil pembahasan perencanaan dinding turap di Sungai Segah Kabupeten Berau , maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Perencanaan konstruksi turap pada lokasi ini dapat menggunakan metode ujung tetap (fixed end methode) dengan pertimbangan bahwa kedalaman penembusan turap sudah cukup dalam, sehingga tanah di bawah dasar galian mampu memberikan tahanan pasif yang cukup untuk mencegah ujung bawah turap berotasi.
  2. Ukuran profil sheet file untuk konstruksi turap menggunakan profil turap Larssen dengan tipe profil 430, dimana ukuran untuk profil 430 adalah W (section modulus) = 6450 cm3/m, b (width) = 708 mm, h (height) = 750 mm, t (back thickness) = 12 mm, s (web thickness) = 12 mm.
  3. Dalam perencanan konstruksi turap maka dalam perhitungan untuk angkur didapat : panjang angkur = 22 meter, tinggi blok angkur H = 2 meter, panjang blok angkur  L = 1 meter, diameter angkur d = 6.5 cm.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012