PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DAN PERHITUNGAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA RUAS JALAN POROS MARGAHAYU KECAMATAN LOA KULU

AMBO ANGKA

Abstract


 

Perkerasan jalan adalah merupakan salah satu unsur konstruksi jalan raya sangat penting dalam rangka kelancaran transportasi darat sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya, sehingga perlu direncanakan dengan baik berdasarkan standard dan kriteria perencanaan yang berlaku di Indonesia. Jenis perkerasan jalan, dapat berupa perkerasan lentur (flexible pavement), perkeraaan kaku (rigid pavement), dan perkerasan komposit, yang menggabungkan perkerasan kaku dan perkerasan lentur. Khusus untuk perkeraaan kaku (rigid pavement) yang terbuat dari beton semen baik bertulang maupun tanpa tulangan dan lebih banyak digunakan pada ruas jalan yang mempunyai volume kendaraan berat yang tinggi serta sering mengalami banjir. Ruas jalan Poros Margahayu di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara, adalah ruas jalan Kecamatan yang banyak dilalui oleh kendaraan,bus perusahaan, angkutan kota serta mobil pribadi dan mobil angkutan umum lainnya. Oleh karena itu dalam merencanakan suatu konstruksi perkeraaan kaku (rigid pavement) diperlukan penelitian yang kompleks dan spesifik sehingga akan diperoleh perencanaan tebal perkerasan beton semen yang mampu mendukung beban yang melintasi ruas jalan tersebut. Sehubungan dengan uraian tersebut di atas, maka penulis melakukan penelitian pada ruas jalan tersebut di atas dalam rangka menyelesaikan tugas akhir atau skripsi Sarjana (S1) Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, dengan mengambil judul : “Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Poros Margahayu Kecamatan Loa Kulu”.


Keywords


Rigid Margahayu.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012