ANALISA PERHITUNGAN PRODUKTIVITAS ALAT BERAT PADA PELAKSANAAN PEMATANGAN LAHAN UNTUK PEMBUATAN WORK SHOP DI KAB. MALINAU PADA DINAS PEKERJAAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Abdul Gafur

Abstract


Setiap proyek konstruksi memerlukan alat berat untuk beberapa jenis pekerjaan, namun tidak mencakup semua jenis alat berat yang ada. Jenis-jenis proyek yang pada umumnya menggunakan alat berat adalah proyek gedung, pelabuhan, jembatan, jalan, irigasi dan lain-lain. Demikian juga dengan Pematangan Lahan untuk Pembuatan Work Shop dan Gudang Alat Berat di kabupaten Malinau sebagai tempat pusat pemeliharaan alat rutin milik Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur.

               Maksud dan tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui  produktifitas, jumlah alat yg di butuhkan dan lama waktu pelaksanaan agar dapat berjalan sesuai yang di harapkan.

               Metode perhitungan yang dipakai disini adalah metode analisis data, yang meliputi analisis tentang material dan jenis pekerjaan, alat berat yang digunakan, perhitungan produksi alat berat, perhitungan jumlah efektif penggunaan alat berat, waktu pelaksanaan, dan hasil analisis perhitungan keseluruhan.

               Dari hasil perhitungan alat Excavator di butuhkan 2 unit dengan produktifitas 573,76 m3/jam/hari selama 195 hari kerja. Dumptruck 5 unit dengan produktifitas 169,12 m3/jam/hari selama 180 hari kerja. Compactor 2 unit dengan produktifitas 682,64 m2/jam/hari selama 195 hari kerja dan Buldozer  2 unit dengan produktifitas 655,60 m2/jam/hari selama 153 hari kerja Jadi total waktu yang dibutuhkan untuk pekerjaan penggusuran,pengupasan Top Soil , timbunan dan pemadatan untuk pematangan lahan pembuatan Work Shop adalah 720 hari. 


Keywords


PTM, Pekerjaan Tanah pada Pematangan Lahan untuk Pembuatan Work Shop.

Full Text:

doc

References


Diktat Perkuliahan Pemindahan Tanah Mekanis (PTM) tahun 2007

Universitas 17 Agustus Samarinda Provinsi Kaimantan Timur

Hariyanto Yoso Wigroho, PTM (bag 1)

Pusbinlat Jasa Konstruksi, 1993/1994, “Materi Pengenalan Alat-Alat Berat ”,

Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Rochmanhadi. Ir,1984, “Perhitungan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan Dengan

Menggunakan Alat–Alat Berat”, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Rochmanhadi,Ir,1988, “Pemindahan Tanah Mekanis”, Departemen Pekerjaan Umum.

Rochmanhadi. Ir,1992, “Alat – Alat Berat dan Penggunaannya”, Departemen

Pekerjaan Umum, Jakarta.

Rostiyanti,S,F, 2002, “Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi”, Rineka Cipta, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012