PERENCANAAN TURAP DENGAN METODE KOMBINASI PASANGAN BATU DAN MINIPILE PADA JALAN GEMBIRA I STA 00+000 S/D STA 00+500 DESA SUKA DAMAI KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN KUTAI TIMUR

noviansyah noviansyah noor

Abstract


ABSTRAK

 

Desa Suka Damai merupakan salah satu daerah unggulan di kabupaten kutai timur  sebagai salah satu daerah perkebunan dan pertanian, sarana dan prasarana desa suka damai sebagai penunjang suplay hasil perkebunan dan pertanian masyarakat harus ditunjang secara baik pula karena berkaitan dengan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan terutama kecamatan teluk pandan khususnya kota sangatta.  Pada jalan gembira I merupakan salah satu akses jalan menuju area perkebunan dan pertanian masyarakat desa suka damai. Karena posisi jalan yang bersebelahan dengan aliran air (anak sungai kandolo)mengakibatkan gerusan aliran air mengikis badan jalan yang dikhawatirkan akan terputusnya jalan Gembira . untuk diperlukan solusi untuk mengatasi penyempitan badan jalan yang tergerus aliran air.

Setelah diadakan pengamatan dan survey di lokasi maka didapatkan cara untuk mengatsi gerusan alir air tesebut. Dengan turap pondasi pasangan batu gunung yang rencana diletakkan pada sta 00+000 sampai dengan 00+500. menggunakan tiang pancang beton minipile sebagai penahan dan penyokong bagian bawah, dimana telapak pondasi menggunakan beton mutu K 250 yang berfungsi sebagai landasan dan pengikat anatara tiang pancang dan dinding turap. Sementara potongan memanjang turap akan dibuat section untuk penyambung dengan section berikutnya. Adapun pemancangan menggunakan sistim Friction yaitu pemancangan dengan kelompok tiang. Untuk tiang pancang beton menggunakan beton pabrikasi dengan mutu beton  K 300. sesuai dengan hasil perhitungan dan desain turap ini. Maka didapat dimensi ukuran turap pasangan batu gunung berikut tiang pancangnya.

 

 

Kata kunci : perencanaan turap metode kombinasi pasangan batu pada jalan gembira Kutim


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012