PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN LONG BAWANG – PA’PANI KABUPATEN NUNUKAN

SARI BULAN

Abstract


Jalan merupakan suatu prasarana transportasi bagi mobilitas kendaraan angkutan penumpang maupun barang. Fungsi transportasi adalah memindahkan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat lain, dengan cara yang aman, nyaman, lancar dan ekonomis.

Masalah yang sering dihadapi pada suatu jalan adalah terjadinya kerusakan dini dan tidak tercapainya masa pelayanan jalan sesuai yang diharapkan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan merencanakan tebal perkerasan suatu jalan yang sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang ada, berdasarkan lalu lintas harian rata-rata dan kondisi tanah pada jalan yang akan dibangun, jika kita salah dalam menentukan tebal  perkerasan suatu ruas jalan maka mengakibatkan kerusakan dan umur rencana suatu jalan tidak terpenuhi.

Banyak metode yang digunakan untuk perencanaan tebal perkerasan lentur untuk jalan baru,  baik dari perhitungan secara empiris sampai dengan program komputer. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk perencanaan tebal perkerasan lentur adalah perhitungan dengan Metode Analisa Komponen.

Ruas jalan Long bawan-pa’pani Kabupaten Nunukan merupakan jalan kolektor dan merupakan jalur ekonomi di Kabupaten Nunukan, terutama ke daerah- daerah pusat produksi. Dalam hal ini pada ruas jalan tersebut ditinjau ulang terhadap volume kendaraan yang melintas pada ruas jalan tersebut apakah menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan atau faktor lain, salah satu data yang diperlukan dalam peninjauan kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut adalah volume kendaraan (LHR), yang nanti digunakan dalam perhitungan ulang terhadap konstruksi perkerasan jalan tersebut.

Sehubungan dengan uraian tersebut di atas, maka penlis melakukan penelitian pada ruas jalan tersebut di atas dalam rangka menyelesaikan tugas akhir atau skirpsi Sarjana (S1) Tehnik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, dengan mengambil juduk : ”Perhitungan Tebal Perkerasan Jalan pada Ruas Jalan Long Bawan- Pa’Pani Kabupaten Nunukan”    


Keywords


Perhitungan Tebal Perkerasan Jalan pada Ruas Jalan Long Bawan- Pa’Pani Kabupaten Nunukan”

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012