ANALISA TEKNIS PRODUKSI ALAT BERAT UNTUK PENGUPASAN BATUAN PENUTUP PADA PENAMBANGAN BATUBARA PIT X PT. BINTANG SYAHID ENERGY DI BERAU – KALTIM

suharyanta suharyanta

Abstract


ABSTRAK

Pada sebuah kegiatan penambangan batubara, utamanya pada proses kegiatan pengupasan dan pemindahan batuan penutup sering sekali terjadi ketidak sesuaian hasil produksi aktual di lapangan dengan target yang sudah direncanakan. Ketidak sesuaian yang terjadi akan menjadi masalah serius jika pencapaian produksi lebih rendah/kecil dari target, dan ini justru hal yang paling sering terjadi.

Dalam proses pengupasan batuan penutup batubara, faktor-faktor yang bisa mempengaruhi produksi dari alat-alat berat yang bekerja antara lain dari faktor materialnya sendiri, kondisi alat-alat berat itu sendiri, kondisi lokasi kerja dan jalan angkut, kondisi cuaca dan effisiensi kerja alat dan operator.

Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab ketidak sesuaian produksi ini diperlukan sebuah analisa teknis untuk mengevaluasinya. Analisa dilakukan dengan terlebih dahulu mengambil data-data aktual di lapangan. Ada 2(dua) jenis data yang diambil, data Primer dan data Sekunder. Yang tergolong data primer antara lain waktu edar alat2 berat, effisiensi alat dan operator, faktor keterisian bucket, jarak lokasi buangan tanah dan geometri jalan angkut. Sementara yang termasuk data sekunder di antaranya data curah hujan, data geologi dan peta-peta.

Dari data-data di atas kemudian dibuat analisa dan perhitungan untuk mendapatkan faktor penyebab ketidak tercapaian produksi dari yang direcanakan, apakah dari faktor alat, faktor operator, faktor lokasi kerja dan jalan angkut ataupun dari faktor cuaca. Dari perhitungan nanti juga akan didapatkan berapa besar kemampuan produksi sesungguhnya dari kondisi aktual di lapangan.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012