ANALISA PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN SIMPANG PATUNG LEMBUSWANA PADA STA. 0+000 – 3+000 KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISA KOMPONEN 03-1732-1989-F

Amin Tohari

Abstract


ABSTRAK

            Prasarana transportasi mempunyai peran yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, baik untuk kebutuhan pendistribusian barang atau jasa. Ketersediaan  prasarana yang baik berpengaruh terhadap tingkat pelayanan transportasi dapat dilihat dari tingkat keamanan dan kenyamanan berkendara, namun dengan tingginya tingkat pertumbuhan lalu lintas berdampak pada kepadatan lalu lintas yang mengurangi kenyamanan berkendara.

            Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan survey lapangan yang menghasilkan titik-titik kerusakan jalan saluran yang belum tersedia pada ruas jalan simpang patung lembuswana-tenggarong seberang (L2) serta data-data penunjang seperti LHR . Pengumpulan data sekunder yang berupa peta lokasi, data CBR, data curah hujan dan  teori-teori lain yang berasal dari buku-buku dan internet yang menyangkut tentang pelapis tambahan (overlay) dan petunjuk desain drainase permukaan jalan.

Dari penelitian ini didapatkan pelapis tambahan ruas jalan simpang patung lembuswana-tenggarong seberang (L2) serta ukuran dimensi saluran berbentuk trapesium dengan dimensi “ d = 55 cm, b = 100 cm” dan tinggi jagaan d = 52 cm.

Kata Kunci : lapisan pekerasan lentur, Desain Saluran Permukaan Jalan.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012