PERENCANAAN JEMBATAN SEI IDANT KUTAI BARAT

Charles Jelsen Sondakh

Abstract


ABSTRAK

 

Jembatan Sei Idant   berada pada jalur yang merupakan penghubung antarajalurlalu lintaskampungJengandanumdankampungIdant,Kabupaten Kutai  Barat  Kalimantan  Timur.  Dimana  jembatan  ini  mempunyai  panjang bentang 30m dan lebar 9m.

Pada proses pendahuluan, diawalidengan penjelasan mengenailatar belakangpemilihantipe jembatan,perumusanpermasalahannya,tujuan perencanaan, batasan masalah hingga manfaat dari dibangunnya jembatan tersebut.   Kemudian,   dijelaskan   perihal   dasar-dasar   perencanaan   dengan pedoman yangdigunakan yaitu BMS(1992)dan Perpres tahun2005 yang mengatur tentang bebanpada jembatan.

Dipilihnya Jembatan Beton Bertulang pada perencanaan ini adalah dalam segi dimensi.Tahap awal perencanaan adalah perencanaan bangunan atas yang terdiridari lantai kendaraandantrotoar,gelagarmemanjangdan gelagar melintang, kemudian konstruksi pemikul utama. Analisa dilakukan setelah diketahui   beban   –   beban   yang   bekerja   pada   konstruksi   tersebut   untuk mendapatkangaya–gayadalam yangbekerja,khususnyauntuk konstruksi pemikul  utama  dan  konstruksi  sekundernya.  Setelah  gaya  –  gaya  tersebut diketahuibesarnyamakadilakukanperhitunganjumlahdanjarak tulanganyang diperlukanKemudianmemasuki tahapakhirdari perencanaanstruktur atas dilakukan perhitungan dimensiperletakan.Setelah selesaianalisa daristruktur atas jembatan, dilakukan analisa perencanaan struktur bawah jembatan (abutment). Batasan masalah dalam penyusunan skripsiinihanya perencanaan bangun atas jembatan Sei Idant Kutai Barat.

Kata kunci :Perencanaan, Analisa, bangun atas


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012