PERHITUNGAN PRODUKSI ALAT BERAT PADA PELAKSANAAN PEKERJAAN PEMATANGAN LAHAN PEMBANGUNAN KANTOR DAN GUDANG PT. CKB ( CIPTA KRIDA BAHARI ) LOA JANAN KUTAI KARTANEGARA

Joko Triyono

Abstract


Dinamika perkembangan dan pembangunan Kota serta perkembangan penduduk dan ekonomi Kota yang sangat cepat, menuntut adanya kebutuhan prasarana dan sarana Kota yang semakin kompleks dan mendesak salah satunya adalah prasarana Gedung Perkantoran dan Pergudangan. Oleh karena lokasi yang direncanakan untuk pembangunan Kantor dan Gudang PT. CKB tersebut merupakan lokasi baru yang merupakan daerah perbukitan dan ditumbuhi semak belukar, maka perlu dilakukan   pekerjaan pematangan lahan.

Dalam perhitungan kapasitas produksi alat berat yang harus dilakukan adalah mengetahui volume galian dan timbunan hal ini dilakukan sebagai salah satu proses untuk menghitung kapasitas produksi alat berat pada Pelaksanaan Pekerjaan Pematangan Lahan Pembangunan Kantor dan Gudang PT. CKB.

Perhitungan volume galian dan timbunan dilakukan dengan cara per segmen yaitu setiap gambar potongan melintang dibagi sesuai dengan bentuknya, hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam proses perhitungan galian dan timbunan pada proyek pembangunan Samarinda. Karena kondisi lapangan maka pekerjaan harus dilakukan per STA 0+00 s/d 0+380.

Hasil dari perhitungan produksi alat berat diperoleh bahwa dalam pekerjaan loading tanah timbunan, disarankan agar pemakaian Excavator dan Dump Truck mengikuti Perhitungan Optimal. Sehingga pekerjaan menggunakan Excavator dan Dump Truck bisa selesai bersamaan. Peningkatan Produktifitas alat berat yang tinggi harus menggunakan operator yang terlatih dan berpengalaman sehingga akan meningkatkan faktor efisiensi operator. Demikian pula dengan umur peralatan (untuk faktor efesiensi alat) serta pekerjaan agar dilaksanakan secara simultan (timbunan dan pemadatan), untuk meminimalkan waktu pelaksanaan sehingga didapat cost/biaya yang lebih efisien.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012