ANALISIS WAKTU TEMPUH PERJALANAN KENDARAAN RINGAN KOTA SAMARINDA ( Studi Kasus Jln. HM. Kadire Oening-A. Wahab Syahrani-M. Yamin-Letjen Suprapto )

AMAR SETIADI

Abstract


Kemacetan lalu lintas di ruas jalan terjadi ketika permintaan perjalanan melebihi kapasitas jalan tersebut. Kepadatan lalu lintas terlihat pada ruas jalan HM. Kadrie Oening - A. Wahab Syahrani - M. Yamin - Letjen Soeprapto. Melonjaknya arus lalu lintas yang melintasi ruas jalan ini, karena ruas-ruas ini merupakan jalur utama antar kota serta jalur untuk menuju pusat kota samarinda.
Biaya operasi kendaraan adalah total biaya yang dikeluarkan oleh pemakai jalan dengan menggunakan moda tertentu dari zona asal ke zona tujuan. Biaya operasi kendaraan terdiri dari dua komponen yaitu biaya tetap dan biaya tidak tetap. Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah ( tetap walaupun terjadi perubahan pada volume produksi jasa sampai ke tingkat tertentu) sedangkan biaya tidak tetap adalah biaya yang berubah apabila terjadi perubahan pada volume produksi jasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi biaya operasional kendaraan ringan pada kecepatan aktual jalan HM. Kadrie Oening - A. Wahab Syahrani - M. Yamin - Letjen Soeprapto pada jam rata-rata dengan metode PCI ( Pasific Consultant International ) diruas dan untuk mengetahui model hubungan antara kecepatan aktual dengan 8 komponen biaya operasional kendaraan pada jam puncak.
Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan bahwa di ketahui biaya operasional kendaraan ringan dengan kecepatan aktual pada jam rata-rata di ruas jalan HM. Kadrie Oening - A. Wahab Syahrani - M. Yamin - Letjen Soeprapto jalur satu sebesar Rp. 24.200,00 dan jalur dua sebesar Rp. 24.600,00. Model hubungan 8 komponen biaya operasional kendaraan ringan dengan kecepatan aktual di ruas jalan HM. Kadrie Oening - A. Wahab Syahrani - M. Yamin - Letjen Soeprapto pada jam puncak, untuk biaya penyusutan, asuransi, bunga modal, bahan bakar, oli pengaruhnya dengan kecepatan aktual yaitu semakin rendah kecepatan lalu lintas aktual, semakin besar biaya yang ditimbulkan, sedangkan biaya ban, suku cadang dan mekanik pengaruhnya dengan kecepatan aktual yaitu semakin tinggi kecepatan lalu lintas aktual, semakin besar biaya yang ditimbulkan.


Keywords


Biaya Operasional kendaraan ringan

Full Text:

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012