KINERJA MUTU BETON PELAKSANAAN PEMBUATAN SALURAN DRAINASE PADA JALAN DAMAI POROS SANGATTA KABUPATEN KUTAI TIMUR

WAWAN KURNIAWAN

Abstract


Sangatta merupakan daerah perkotaan yang sedang berkembang sesuai fungsinya sebagai Kabupaten Kutai Timur, dan menjadi pusat pemerintahan, pusat perekonomian daerah. Adapun bentang alamnya menunjukkan pola dataran sebagian bergelombang dan sebagian terdapat bukit – bukit. Perkembangan penduduk mendominasi lahan pada lokasi jalan utama atau jalan poros. Semakin meningkatnya pembangunan infrastruktur pada suatu kawasan seperti gedung, jalan, jembatan, perumahan, drainase, sarana ibadah dan lain sebagainya perlu adanya penataan yang baik dan terperencanaa sehingga perkembangannya tertata dengan bail pula.

Maksud dengan dilaksanakannya penelitian untuk mengetahui kualitas beton pada pelaksanaan pekerjaan saluran drainase. Sedangkan tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut : Untuk mengetahui kualitas beton pada kegiatan pembuatan saluran drainase dengan uji kuat tekan beton dan Untuk mengetahui penyebab dari menurunya nilai kuat tekan beton setelah pengecoran dilaksanakan.

Kuat tekan beton menunjukan kualitas pekerjaan saluran drainase pada saluran drainase sebelah kanan pengujian kuat tekan rata-rata (f’cr) = 314,606 Kg/cm2, standar deviasi (S) = 53,715 Kg/cm2, dan kuat tekan beton karakteristik (f’c) = 256,594 Kg/cm2. Saluran Drainase sebelah Kiri pengujian kuat tekan rata-rata (f’cr) = 324,809 Kg/cm2, standar deviasi (S) = 48,140 Kg/cm2, dan kuat tekan beton karakteristik (f’c) = 272,817 Kg/cm2.


Keywords


Kualitas Drainase Beton, Kuat tekan Beton

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012